10 Tips Menabung yang Cepat dan Efektif, Dijamin Anti Gagal!

24 Agt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Terdapat berbagai tips menabung yang bisa dicoba, mulai dari menetapkan cara belanja hingga memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan. Simak di sini.

Agar tidak tercemari kebiasaan buruk tersebut, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengikuti tips menabung cepat dan mudah berikut ini.

Terdapat 10 tips menabung cepat dan mudah yang bisa Anda praktikkan secara mandiri. Apa saja itu? Yuk baca artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu Menabung?

Menabung adalah usaha menyisihkan sebagian pendapatan dan menyimpannya sebagai dana cadangan. Dana cadangan tersebut dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Bisa untuk membeli barang yang diinginkan, pergi liburan, hingga keperluan besar seperti biaya pernikahan dan membeli rumah.

Mengapa perlu menabung?

Menabung merupakan hal yang penting karena Anda dapat memiliki dana cadangan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di masa mendatang. Sebaliknya, jika Anda tidak menabung, sobat OCBC NISP bisa memiliki kebiasaan boros dan terlilit utang.

Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan dana tersebut untuk membeli keperluan tertentu. Misalkan, Anda ingin membeli baju seharga Rp300.000. Dana yang bisa Anda tabung selama seminggu sebesar Rp100.000. Maka sobat OCBC NISP dapat membeli baju tersebut jika konsisten menabung selama 3 minggu.

Cara menabung di bank

Jika Anda sudah memiliki rekening di bank, terdapat dua metode yang dapat Anda lakukan untuk menabung, yaitu langsung ke bank dan secara daring. Bagaimanakah itu? Yuk simak satu per satu!

  1. Langsung ke bank
  2. Cara menabung ini adalah cara konvensional dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Detailnya sebagai berikut:

    1. Mendatangi kantor cabang bank terdekat dan ambil nomor antrian.
    2. Siapkan uang yang ingin diserahkan serta buku tabungan Anda.
    3. Mengisi formulir untuk menabung. Jangan sampai salah menulis data diri dan nominal yang ingin Anda tabung, ya!
    4. Tunggulah hingga teller memanggil nomor Anda
    5. Serahkan form tabungan dan uang yang Anda bawa kepada teller. Teller akan menghitung uang Anda dan mengecek keabsahan data formulir yang diisi.
    6. Saat sudah selesai, dalam buku tabungan Anda akan tertulis nominal yang baru disetorkan dan total tabungan Anda di rekening.

  3. Daring/Menggunakan M-Banking
  4. Sebagai catatan, Anda memerlukan dua rekening untuk menggunakan cara menabung ini. Detailnya sebagai berikut:

    1. Bukalah rekening bank pengirim di m-banking dalam gawai Anda.
    2. Pilih menu transfer. Jika mentransfer dengan bank yang sama, biasanya akan ada pilihan untuk mengirim ke rekening sendiri. Jika tidak, maka Anda perlu memilih menu transfer ke bank lain.
    3. Pilihlah bank tujuan Anda. Jika Anda mengirimkan dana ke rekening sendiri, maka Anda tidak perlu melakukan langkah ini.
    4. Ketikkan nomor rekening tujuan.
    5. Tuliskan nominal yang ingin Anda transfer.
    6. Masukkan password transaksi Anda.
    7. Jika berhasil, akan muncul bukti transfer dalam aplikasi m-banking Anda.
    8. Sobat OCBC NISP dapat membuka rekening tujuan dan mengecek apakah dana yang ditransfer sudah masuk. Jika sudah, maka Anda telah menyelesaikan proses menabung.

10 tips menabung cepat dan mudah

Nah, jika Anda sudah memahami caranya, sekarang saatnya untuk memahami 10 tips menabung cepat dan mudah. Apa saja itu? Berikut tips-nya:

  1. Tetapkan tujuan menabung Anda
  2. Tips menabung yang pertama adalah menentukan tujuan tabungan Anda. Apakah ingin menggunakan tabungan untuk menyisihkan dana cadangan atau ingin membeli barang tertentu yang tidak bisa dibeli saat itu juga.

    Pastikan tujuan Anda jelas dan tidak beririsan dengan tujuan lain. Bila perlu, Anda bisa membuat beberapa tabungan sekaligus.

  3. Tentukan batasan waktu dan jumlah dana yang ditabung
  4. Tips menabung cepat yang kedua adalah menentukan batasan waktu dan jumlah yang ingin ditabung. Misalkan, Anda ingin membeli buku terbaru seharga Rp 500.000. Maka tentukan batasan waktu menabung sobat OCBC NISP sesuai dengan kemampuan menabung. Seimbangkan dengan kebutuhan sehari-hari.

  5. Membuat anggaran dan mengelola keuangan
  6. Tips menabung cepat yang ketiga adalah membuat anggaran. Anggaran adalah pengalokasian dana berdasarkan kebutuhan sobat OCBC NISP. Misalkan, dalam satu bulan Anda perlu menyisihkan dana untuk transportasi, makan, dan menabung. Dari pendapatan sebulan sebesar Rp500.000, pisahkan dana Anda seperti berikut:

    1. Dana transportasi: Rp100.000
    2. Dana makan : Rp300.000
    3. Dana tabungan : Rp100.000

    Sehingga, prinsipnya adalah menghitung keperluan primer dan sehari-hari terlebih dulu, baru kemudian menyisakan dana untuk menabung. Hal ini juga termasuk ke dalam manajemen keuangan sederhana yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah.

  7. Manfaatkan aplikasi pencatatan keuangan
  8. Tips menabung cepat yang keempat adalah mencatat transaksi keuangan. Jika Anda adalah orang yang pelupa, catatlah setiap transaksi Anda dan jangan sampai ada yang terlewat. Hal ini dapat digunakan untuk evaluasi serta menelusuri rekam jejak keuangan sobat OCBC NISP.

    Anda bisa mencatat transaksinya dengan menggunakan buku akuntansi konvensional. Namun, jika dirasa terlalu rumit, ada banyak aplikasi pencatatan keuangan yang bisa sobat OCBC NISP unduh di Play Store dan App Store.

  9. Gunakan rekening terpisah
  10. Tips menabung cepat yang kelima adalah memakai rekening berbeda.Jika realistis dan dibutuhkan, Anda dapat memisahkan antara rekening khusus tabungan dan rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk menghitung berapa sisa dana yang bisa Anda gunakan di luar dana tabungan.

  11. Menabung terbalik tanggal
  12. Tips menabung cepat yang keenam adalah menabung terbalik tanggal. Konsepnya adalah menabung selama sebulan penuh dengan nominal yang terbalik setiap harinya.

    Misalkan, terdapat 30 hari dalam sebulan. Anda bisa mempraktikkan cara ini dengan menabung sebesar Rp30.000 pada tanggal 1. Kemudian, Anda menabung lagi sebesar Rp29.000 pada tanggal 2. Begitu seterusnya hingga Anda mencapai tanggal 30 dan hanya perlu menabung sebesar Rp10.000.

    Nah, dengan menggunakan tips menabung ini, Anda bisa mendapatkan dana sebesar Rp465.000 dalam sebulan!

  13. Membatasi dan mengurangi pengeluaran sekunder dan tersier
  14. Tips menabung berikutnya adalah membatasi pengeluaran. Selain membuat anggaran, sobat OCBC NISP juga perlu membatasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu atau impulsif. Misalkan, jika masih ada air mineral di rumah, Anda tidak harus membeli kopi setiap hari sebagai pemuas dahaga sobat OCBC NISP.

  15. Tetapkan cara belanja Anda
  16. Tips menabung cepat yang kedelapan adalah cara belanja. Berhemat adalah kuncinya. Tetapkan cara belanja Anda, seperti mencari dan membandingkan barang termurah untuk memenuhi kebutuhan, tidak berbelanja berlebihan, dan memakai diskon atau kode voucher yang biasanya dapat digunakan di toko-toko tertentu.

  17. Jangan berutang
  18. Utang adalah cara cerdas untuk mengubur kesehatan keuangan Anda. Maka dari itu, menabunglah agar memiliki dana cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Pilihlah opsi utang jika memang benar-benar terdesak. Pastikan juga untuk bisa mencicil utang di masa mendatang, ya!

  19. Batasi uang di dompet digital
  20. Tips menabung terakhir adalah membatasi nominal uang yang tersimpan di dompet digital sobat OCBC NISP. Sebab, dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan dompet digital, terkadang seseorang bisa lupa diri dan berbelanja di luar anggaran.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Sobat OCBC NISP dapat mempraktikkan 10 tips menabung cepat dan mudah di atas mulai dari sekarang. Jika dirasa terlalu sulit untuk melakukan cara menabung yang pertama, maka Anda bisa menggunakan metode daring untuk menyetorkan dana Anda. Selamat menabung!

Baca Juga :

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Tanda 360

Tanda 360

Tabungan untuk transaksi sehari-hari dengan 12 pilihan mata uang dalam 1 rekening
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile