Butuh Penghasilan Lebih? Ini 15 Cara Mencari Uang Tambahan

15 Sep 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Kebutuhan terus meningkat, cara mencari uang tambahan ini bisa jadi alternatif.

Tidak hanya karyawan saja yang dapat memperoleh pemasukan, tetapi pelajar, ibu rumah tangga, dan mahasiswa pun juga bisa. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan gadget dan internet. Simpel bukan?

Namun, jika dirasa masih belum cukup, adakah cara mencari uang tambahan lain yang dapat dicoba? Tentu saja! Berikut telah OCBC NISP rangkum cara mencari uang tambahan untuk pelajar, mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga yang paling mendatangkan cuan.

5 Cara mencari uang tambahan bagi karyawan

Status sebagai karyawan tentu membatasi ruang gerak sebab masih memiliki tanggung jawab di tempat kerja. Namun jangan khawatir, Anda sebagai karyawan masih bisa menambah penghasilan dengan cara sebagai berikut.

  1. Investasi
    Sebagai karyawan, tentu Anda telah disibukkan dengan pekerjaan utama sehingga passive income adalah cara mencari uang tambahan tanpa mengesampingkan pekerjaan utama.

    Salah satu caranya dengan berinvestasi reksadana. Sebab uang yang diinvestasikan melalui reksadana akan dikelola oleh Manajer Investasi. Sehingga Anda tidak perlu berpikir dan mengeluarkan energi lebih dalam mengelolanya.

  2. Mengambil pekerjaan freelance
    Mengambil pekerjaan freelance dapat dicoba untuk menambah penghasilan. Ada banyak situs freelance yang bisa diakses. Silahkan mencoba untuk menawarkan jasa freelance sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

    Jika Anda mendapatkan klien, lakukan pekerjaan freelance di luar jam kerja Anda. Misalnya Anda sebagai karyawan bisa mengerjakan freelance saat akhir pekan atau sepulang kerja.

  3. Menjadi dropshipper dan reseller
    Bisnis online memang sedang naik daun. Pasalnya saat ini menjalankan bisnis online terbilang mudah dan praktis. Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller.

    Dropshipper adalah orang yang mempromosikan produk usaha orang lain tanpa harus memiliki stok. Jadi Anda hanya memasarkan foto produk yang telah disediakan oleh pihak supplier. Sedangkan reseller adalah orang yang memasarkan produk dari supplier namun harus menyediakan stok produk terlebih dahulu.

    Dengan menjadi dropshipper atau reseller, Anda bisa mencari uang tambahan. Caranya mudah hanya dengan memasarkan melalui sosial media atau marketplace. Jika ada yang membeli, Anda bisa melakukan packing dan pengiriman produk di luar jam kerja.

  4. Mengikuti program afiliasi
    Cara mencari uang tambahan di internet bisa dilakukan karyawan. Salah satu caranya dengan afiliasi. Afiliasi adalah bisnis digital dengan memasarkan produk atau jasa milik orang lain menggunakan kode referral agar memperoleh imbalan berupa komisi.

    Komisi bisa diperoleh ketika ada orang yang memasukkan kode referral milik Anda saat membeli produk atau jasa. Sehingga Anda tinggal memasarkan saja dengan kode referral.

  5. Menjadi content creator
    Banyak platform online yang dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform online seperti youtube, instagram, spotify atau anchor untuk menjadi seorang content creator.

    Dengan menjadi content creator, Anda akan dibayar oleh beberapa platform tersebut. Tinggal sesuaikan platform yang dipilih berdasarkan kemampuan Anda. Misalnya Anda ingin membuat video daily vlog terkait pekerjaan maka youtube menjadi platform pilihan.

5 Cara mencari uang tambahan bagi ibu rumah tangga

Sebagai ibu rumah tangga, walau di rumah tidak membatasi Anda untuk tetap memperoleh penghasilan. Apalagi saat ini banyak cara mencari uang tambahan di rumah. Yuk simak cara mencari uang tambahan bagi ibu rumah tangga.

  1. Menjual barang bekas
    Semakin anak tumbuh besar, tentu ada banyak baju yang sudah tidak terpakai. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memperoleh cuan. Menjual baju-baju anak bekas adalah alternatif penambah penghasilan. Apalagi saat ini bisnis semacam preloved sedang tren.

  2. Bisnis kuliner
    Biasanya ibu rumah tangga memiliki keahlian memasak. Manfaatkan skill tersebut untuk menghasilkan cuan. Berjualan kue atau makanan dari rumah dapat dicoba untuk mencari uang tambahan. Anda bisa menawarkan kepada tetangga atau teman.

  3. Layanan antar-jemput
    Tidak semua orang tua bisa mengantar dan menjemput anaknya yang sedang bersekolah. Anda bisa menawarkan jasa layanan antar-jemput. Dengan syarat Anda telah memiliki surat izin mengemudi dan dapat mengendarai kendaraan.

  4. Menjadi reseller
    Cara mencari uang tambahan di rumah bisa dilakukan melalui bisnis online. Menjalankan bisnis online sebagai reseller marak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Selain praktis, bisnis dapat dijalankan dari rumah. Anda bisa menjual kebutuhan anak seperti buku anak, mainan anak, dan sebagainya.

  5. Membuka jasa menja
    Jika Anda memiliki keahlian menjahit maka keahlian tersebut menghasilkan keuntungan. Coba untuk menawarkan jasa menjahit pada teman, tetangga, atau saudara. Anda bisa menjahit pakaian untuk acara pernikahan, seragam kantor, atau seragam sekolah.

5 Cara mencari uang tambahan untuk pelajar dan mahasiswa

Sebagai pelajar dan mahasiswa yang belum bekerja, Anda tetap bisa mendapatkan uang tambahan selain dari pemberian orang tua. Ada banyak cara mencari uang tambahan bagi mahasiswa dan pelajar, diantaranya:

  1. Bisnis pulsa dan paket data internet
    Kebutuhan pelajar dan mahasiswa akan pulsa dan paket data merupakan peluang untuk mencari uang tambahan. Berjualan pulsa dan paket data di kalangan pelajar dan mahasiswa berpeluang menguntungkan.

    Dengan modal yang tidak besar, Anda dapat mulai berjualan pulsa dan paket data internet pada teman-teman. Dijamin menguntungkan dan bisa menambah uang jajan loh!

  2. Jasa penulis lepas
    Apabila Anda sebagai mahasiswa dan pelajar memiliki kemampuan menulis, manfaatkan keahlian tersebut untuk memperoleh penghasilan. Hanya bermodal skill menulis, kreativitas, dan imajinasi. Coba tawarkan jasa menulis pada situs freelance online. Anda dapat mengerjakannya di luar jam sekolah dan kuliah.

  3. Menjual makanan
    Banyak pelajar dan mahasiswa yang suka membeli jajan atau camilan. Anda bisa menjual makanan ringan pada teman-teman saat jam istirahat. Dengan Anda berjualan di kelas, teman-teman berpotensi untuk membeli daripada mereka berjalan ke kantin.

  4. Membuka kursus
    Sebagai mahasiswa, Anda bisa membuka kursus untuk mengajar siswa SD, SMP, sampai SMA. Membuka bisnis bimbingan belajar pada sesama mahasiswa juga terbuka lebar peluangnya. Sebab masih ada mahasiswa yang membutuhkan bantuan untuk memahami mata kuliah tertentu.

  5. Menjadi kamera
    Banyak pelajar dan mahasiswa yang hobi memotret. Keahlian tersebut dapat menjadi uang tambahan dengan menjadi jasa tukang foto. Dengan hasil jepretan yang pernah difoto dapat dijadikan portofolio untuk membuka jasa tukang foto.

Nah itulah beberapa cara mencari uang tambahan bagi karyawan, ibu rumah tangga, pelajar, dan mahasiswa. Ternyata ada banyak peluang di sekitar yang bisa dijadikan ladang cuan. Jadi, apakah Sobat OCBC NISP tertarik untuk melakoni salah satu aktivitas bisnis di atas?

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

See All

Produk Terkait

Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu

Download OCBC mobile