Wealth Management - Jenis, Strategi, dan Cara Mendaftarnya

27 Sep 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Wealth management adalah jasa pengelolaan keuangan keluarga yang disediakan oleh bank. Mari kenali strategi & cara mendaftar wealth management di sini.

Sobat OCBC NISP, pernahkah Anda kesulitan mengatur kekayaan diri dan keluarga? Khawatir tidak dapat mengatur uang berapapun penghasilan yang Anda punya? Mungkin Anda dan keluarga membutuhkan layanan wealth management, atau manajemen kekayaan.

Apa itu wealth management? Apa saja jenis manajemen kekayaan yang bisa Anda coba? Bagaimana pola kerja dan strategi manajemen kekayaan terbaik bagi Anda? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Apa itu Wealth Management?

Jika Anda ingin tahu apa itu wealth management, berikut pengertian wealth management menurut beberapa ahli.

  • Yarman (2008)
    Yarman menjelaskan bahwa manajemen kekayaan atau wealth management adalah sebuah perencanaan kegiatan investasi yang didasarkan pada tujuan keuangan serta kriteria masing-masing individu.

    Perencanaan investasi ini meliputi pengembangan aset, pengelolaan utang, merencanakan pembayaran pajak, manajemen risiko, dan juga pengalokasian harta kekayaan berdasarkan hal-hal tersebut.

  • Tandelilin (2010)
    Menurut Tandelilin, pengertian wealth management adalah layanan pengelolaan kekayaan yang luas dan komprehensif. Jenis layanannya seperti:

    1. Manajemen dan strategi investasi
    2. Manajemen aset
    3. Manajemen portofolio
    4. Konsultasi pajak
    5. Asuransi
  • Purwati (2009)
    Berdasarkan penjelasan Purwati, pengertian wealth management adalah manajemen keuangan untuk keluarga yang bisa didapatkan setiap orang dengan memperhitungkan peluang serta risiko.

    Sehingga jika disimpulkan, arti wealth management adalah sebuah layanan manajemen kekayaan dari perusahaan keuangan untuk individu dan keluarga yang menawarkan berbagai jenis layanan, seperti manajemen investasi, manajemen aset, konsultasi pajak, asuransi, dan sebagainya.

Awal Mula Manajemen Kekayaan

Istilah wealth management atau manajemen kekayaan mulai digunakan pada awal tahun 90an. Tapi, praktiknya sudah ada jauh sebelum itu. Manajemen kekayaan sudah dikenal di London sejak abad 17 hingga 18.

Dengan semakin berkembangnya keuangan internasional, dibutuhkan private banking atau pelayanan perbankan pribadi yang dapat mengelola berbagai aset dan kekayaan orang-orang tertentu.

Pada era digital seperti sekarang, private wealth management semakin mendapat tempat dalam hati masyarakat. Sebab, layanan tersebut dapat membantu orang-orang yang kesusahan mengatur kekayaan mereka. Sehingga, terdapat berbagai layanan manajemen kekayaan untuk bisa mengatur aset klien.

Jenis-Jenis Manajemen Kekayaan

Secara umum, jenis manajemen kekayaan terbagi menjadi 3 pillar utama, yaitu perlindungan, pertumbuhan, dan distribusi kekayaan, lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini:

  1. Wealth Protection and Preservation (Perlindungan dan Kelestarian Kekayaan)
    Jenis wealth management satu ini fokus memberikan perlindungan atas kekayaan dan aset sebuah keluarga. Proteksi ini diberikan untuk menghindari pengurangan nilai, agar kekayaan dan aset tetap terjaga kondisinya, baik secara kualitas maupun kuantitas.

  2. Wealth Growth and Accumulation (Pertumbuhan dan Akumulasi Kekayaan)
    Wealth Growth and Accumulation adalah jenis manajemen kekayaan bertujuan menumbuhkan nilai kekayaan dan aset yang ada. Supaya tetap bertambah, kekayaan dan aset perlu diolah agar semakin berkembang besar, sehingga harus dikelola dengan baik.

  3. Wealth Distribution and Transition (Distribusi dan Transisi Kekayaan)
    Jenis manajemen kekayaan yang terakhir adalah wealth distribution and trantition, yaitu proses manajemen kekayaan dengan mendistribusikan atau memindahkuasakan aset ke pihak lain. Apabila Anda bermasalah dalam proses pendistribusian kekayaan, Anda dapat berkonsultasi dengan wealth manager atau pihak lain yang Anda percaya.

Alternatif-Alternatif Strategi Wealth Management

Setelah membahas jenis-jenis manajemen kekayaan, kali ini kita akan membahas beberapa strategi untuk Anda yang ingin mengikuti program ini, berikut daftarnya.

  1. Asuransi
    Tidak banyak orang tahu kalau asuransi adalah salah satu produk manajemen kekayaan. Asuransi termasuk produk manajemen kekayaan karena di dalamnya ada unsur proteksi kekayaan dan aset penggunanya. Segala jenis kekayaan dan aset dapat diasuransikan, termasuk kesehatan tubuh dan nyawa.

    Jika Anda ingin memproteksi hal-hal bernilai bagi Anda, asuransi menjadi strategi wealth management terbaik untuk dipilih.

  2. Trust Fund
    Trust fund adalah strategi proteksi kekayaan dengan mempercayakannya pada seseorang untuk menjaga kebermanfaatannya. Trust fund mirip wasiat, akan tetapi, orang yang dipercayai trust fund berkewajiban mengelola dan menjaga nilai uang tersebut agar tidak berubah meski bertahun-tahun telah lewat.

    Dalam trust fund, biasanya dana dikelola demi kebermanfaatan sosial seperti panti asuhan, pembangunan yayasan, dan hibah bencana. Setiap beberapa waktu tertentu, pihak pengelola trust fund wajib melaporkan pengelolaan dana tersebut kepada pemilik atau pewarisnya.

  3. Hedge Fund
    Hedge fund adalah strategi manajemen kekayaan dengan menyetorkan dana pada manajer investasi untuk digabungkan dengan dana lainnya dan diinvestasikan. Strategi ini dapat dilakukan oleh Anda yang punya banyak dana, akan tetapi masih kurang cukup besar untuk berinvestasi ke perusahaan raksasa.

    Dalam hedge fund, manajer investasi akan mengumpulkan dana para investor menjadi satu, setelah itu diinvestasikan ke perusahaan sesuai kesepakatan para investor.

  4. Investment Management
    Strategi selanjutnya wealth management adalah investment management, atau manajemen investasi. Dalam manajemen investasi, Anda dapat mempercayakan berapapun dana yang Anda punya kepada manajer investasi terpercaya. Selanjutnya, manajer tersebut akan mengelola dana Anda agar nilainya bertambah.

  5. Business Venture
    Strategi berikutnya agak berisiko, akan tetapi sebagian besar perusahaan raksasa yang berdiri saat ini dibangun menggunakan dana business venture. Strategi wealth management ini adalah strategi dengan mempercayakan sejumlah dana pada bisnis baru.

    Dikarenakan bisnisnya masih baru atau bahkan belum berdiri, maka pengembalian dana investasinya umumnya memakan waktu. Akan tetapi begitu bisnis tersebut maju, dana pengembalian investasinya akan lebih besar daripada investasi pada umumnya.

  6. Estate Management
    Strategi terakhir wealth management adalah estate management, atau disebut juga dengan manajemen warisan. Apabila Anda memiliki banyak anggota keluarga dan khawatir terjadi miskomunikasi saat pembagian kekayaan, Anda dapat memilih wealth manager untuk mengaturkannya.

Cara Mendaftar Wealth Management

Tertarik menggunakan layanan manajemen kekayaan? Sobat OCBC NISP bisa mencoba 5 tahapan cara mendaftar di bawah ini:

  1. Mempersiapkan Data Diri dan Dokumen yang Dibutuhkan
    Caranya cukup mudah. Anda perlu mempersiapkan data diri dan dokumen yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan administrasi yang diminta oleh bank ketika mendaftar.

  2. Mengunjungi Bank Terdekat
    Silakan mengunjungi kantor cabang bank terdekat. Jika Anda bingung memilih bank mana yang menyediakan layanan manajemen kekayaan, sobat OCBC NISP bisa mengunjungi kantor cabang bank OCBC NISP.

  3. Mengisi Formulir Pendaftaran
    Customer service akan memberikan formulir pendaftaran yang bisa Anda isi. Pastikan untuk mengisi datanya dengan benar.

  4. Verifikasi Data dari Pihak Bank
    Pihak bank akan melakukan verifikasi data yang tercantum dalam formulir dan juga dokumen-dokumen persyaratannya.

  5. Mulai Kelola Kekayaan Bersama Para Ahli
    Jika data Anda sudah terverifikasi, sobat OCBC NISP bisa mulai merencanakan pengelolaan keuangan dalam hal perlindungan, pertumbuhan, dan transisi untuk hari tua nanti.

Agar lebih bermanfaat dan berkembang nilainya, kekayaan harus dikelola dengan baik. Apabila kesulitan melakukannya, Anda dapat menggunakan jasa wealth management terpercaya seperti OCBC NISP. Kapanpun dan dimanapun Anda berada, OCBC NISP siap membantu Anda melindungi dan mengembangkan aset seperti yang Anda inginkan!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 7 Mei 2024

Pinjaman Online Tanpa Rekening Bank, Syarat dan Pengajuannya Mudah!

Baca

Edukasi - 7 Mei 2024

Sejarah Bank di Dunia dari Abad ke Abad

See All

Produk Terkait

Wealth Management

Wealth Management

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB

Download OCBC mobile