20 Bisnis Sampingan yang Menjanjikan & Bermodal Kecil

6 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ingin berbisnis sambil bekerja tapi bingung mulai dari mana? Coba rekomendasi ide bisnis sampingan yang menjanjikan profit berkali lipat berikut ini!

Pernahkah Anda merasa ingin memiliki tambahan pendapatan di luar gaji? Jika iya, tenang. Saat ini, ada banyak opsi bisnis sampingan modal kecil untuk Anda lakukan sepulang kerja. Ingin tahu apa saja opsinya? OCBC NISP punya 20 rekomendasi bisnis sampingan yang menjanjikan di bawah ini.

20 Bisnis Sampingan yang Menjanjikan

Agar pemasukan semakin banyak, yuk tambah penghasilan melalui bisnis sampingan yang menjanjikan berikut ini.

  1. Blogger SEO
    Bisnis sampingan yang menjanjikan pertama adalah blogger SEO. Jika Anda memiliki bakat dan kegemaran menulis, hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui bisnis blogger SEO. Saat ini, keperluan tulisan atau artikel dengan standar SEO (Search Engine Optimization) banyak dibutuhkan.

  2. Dropship
    Dropship merupakan bisnis sampingan yang menjanjikan tanpa modal dan minim risiko. Anda sebagai dropshipper hanya perlu memasarkan produk tanpa melakukan persediaan barang terlebih dahulu. Biasanya supplier atau penjual yang diajak bekerja sama akan memberikan marketing kit berupa foto-foto produk.

  3. Desainer
    Desainer dapat menjadi bisnis sampingan karyawan bila memiliki keterampilan dan ketertarikan di bidang desain. Saat ini, ada banyak orang atau bisnis membutuhkan desain tapi tidak tahu bagaimana membuatnya. Gap kemampuan seperti ini dapat Anda memanfaatkan untuk membuka jasa desain grafis.

  4. Usaha Katering
    Desainer dapat menjadi bisnis sampingan karyawan bila memiliki keterampilan dan ketertarikan di bidang desain. Saat ini, ada banyak orang atau bisnis membutuhkan desain tapi tidak tahu bagaimana membuatnya. Gap kemampuan seperti ini dapat Anda memanfaatkan untuk membuka jasa desain grafis.

  5. Franchise
    Franchise bisa menjadi alternatif bisnis sampingan yang menjanjikan, bila Anda bingung menentukan produk yang akan dijual. Waralaba atau franchise adalah usaha yang didirikan dengan menggunakan merek dagang bisnis lain dengan syarat pewaralaba membayar biaya dan royalti. Soal biaya dan royalti, Anda tidak perlu khawatir karena dalam bisnis franchise Anda hanya perlu membayar di awal saja.

  6. Warung Kopi
    Warung kopi merupakan inspirasi ide bisnis sampingan modal kecil selanjutnya. Budaya minum kopi saat ini populer di kalangan anak muda. Banyak anak sekolah atau mahasiswa menghabiskan waktu mengerjakan tugas atau sekedar ngobrol di warung kopi. Oleh sebab itu jika Anda masih berkuliah, warung kopi juga bisa dijadikan alternatif bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal.

  7. Guru Freelance
    Selain membuka warung kopi, guru freelance memiliki peluang menjanjikan sebagai bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal. Bila Anda memiliki keahlian tertentu, silahkan coba membuka jasa guru freelance di bidang tersebut. Anda bisa coba menawarkan keterampilan melalui situs freelance, sosial media atau mempromosikan kepada lingkungan sekitar.

    Selain tanpa modal, bisnis ini dapat dilakukan secara fleksibel berdasarkan kesepakatan dengan klien. Oleh karena itu, guru freelance juga bisa menjadi sarana bisnis sampingan karyawan.

  8. Jasa Terjemahan
    Bisnis sampingan yang menjanjikan selanjutnya adalah jasa terjemahan. Bila Anda mempunyai keterampilan bahasa Inggris mumpuni, manfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan penghasilan melalui jasa terjemahan. Selain fleksibel, jasa terjemahan juga tidak perlu modal banyak. Anda cukup mempromosikan keahlian pada orang lain dan menawarkan jasa Anda.

  9. FB/IG Ads Advertiser
    Bisnis sampingan yang menjanjikan berikutnya adalah menjadi FB/IG Ads Advertiser. Saat ini digital marketing merupakan hal penting dalam berbagai bisnis, khususnya pemasangan iklan. Sayangnya tidak semua memiliki keahlian dalam memasang iklan di facebook atau instagram.

    Peluang ini merupakan kesempatan Anda yang memiliki skill tersebut untuk membuka bisnis sampingan modal kecil melalui jasa FB/IG Ads Advertiser. Hanya mengandalkan keterampilan dan pengetahuan terkait FB dan IG Ads, Anda bisa meraup untung berlipat ganda dengan memasangkan iklan orang lain.

  10. Kreator Konten
    Kreator konten merupakan bisnis sampingan yang menjanjikan bagi banyak orang. Karena usaha ini memiliki peluang besar yang menguntungkan, mulai dari Ads, endorsement, kerja sama, dan sejenisnya. Namun untuk mendapatkan berbagai penawaran dan kesempatan tersebut, Anda harus membangun branding kuat dan bagus serta basis followers ribuan hingga jutaan.

  11. Copywriter
    Selanjutnya, bisnis sampingan yang menjanjikan adalah copywriter. Bisnis sampingan modal kecil ini hanya bermodal keahlian menulis, kreativitas, dan seni memainkan kata-kata. Bila keterampilan tersebut Anda miliki, peluang tersebut bisa ditawarkan pada berbagai bidang usaha yang membutuhkan copywriting guna mempromosikan usaha.

  12. Affiliater
    Bisnis sampingan yang menjanjikan berikutnya yaitu affiliater, yaitu orang dengan tugas mencari banyak pengunjung website merchant melalui kode referal. Jika setiap visitor berhasil melakukan transaksi pembelian melalui link yang direferensikan, maka Anda akan mendapatkan komisi. Jenis usaha ini merupakan bisnis sampingan modal kecil karena sebagian besar media promosi sudah disediakan merchant.

  13. Usaha Barber
    Kini usaha barber populer sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan. Banyak anak muda memilih jasa cukur rambut dengan tempat yang menarik dan kekinian. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha barber. Coba desain bisnis barber Anda sesuai minat anak zaman sekarang. Selain itu, sediakan pula jasa penataan rambut dengan gaya sesuai tren saat ini.

  14. Rias Pengantin
    Rias pengantin merupakan bisnis sampingan yang menjanjikan, bila Anda menguasai bidang make up dan mempunya keterampilan tersebut. Peluang usaha ini tinggi, mengingat banyak pengantin baru ingin memberikan penampilan terbaik di hari spesial mereka.

    Semakin bagus riasan Anda, maka akan semakin banyak pula klien berminat menggunakan jasa Anda. Selain itu, di antara jasa-jasa lainnya, bisnis rias pengantin adalah bisnis dengan sebagian besar klien datang dari word of mouth.

  15. Ternak Aset Digital
    Ternak aset digital tak kalah menarik sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan berikutnya. Maksud “ternak aset digital” di sini adalah mengumpulkan, membuat, dan mempromosikan koleksi aset digital kreasi Anda, seperti vector, fotografi, musik, efek video, dan sebagainya.

    Ternak aset digital adalah salah satu bisnis sampingan modal kecil terbaik. Saat berjualan aset digital, Anda tidak perlu membuat aset berulang kali. Cukup sekali, setelah itu para klien bisa menggunakan aset tersebut selamanya.

  16. Laundry
    Rutinitas padat membuat sebagian orang tidak sempat mencuci dan menyetrika pakaiannya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Di samping peluang besarnya, modal membuka jasa laundry juga sangat terjangkau. Anda cukup menyediakan mesin cuci di rumah dan mempromosikan jasa laundry ke lingkungan sekitar.

  17. Toko Kelontong
    Meskipun sekedar toko kelontong, namun usaha ini bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan lho. Bila Anda memaksimalkan pemasaran, daya tarik, dan kualitas produk maka toko Anda akan banjir pelanggan.

    Faktanya, toko kelontong adalah salah satu bisnis offline paling awet di tengah terjangan digitalisasi seperti sekarang. Asal barang-barang di toko Anda berkualitas dan dibutuhkan warga sekitar, Anda tidak akan rugi saat membuka bisnis kelontong.

  18. Pembuat Aplikasi
    Teknologi kian berkembang membuka banyak peluang bisnis sampingan yang menjanjikan, salah satunya adalah jasa pembuatan aplikasi. Bila Anda mempunyai pemahaman dan skill bidang pemrograman, manfaatkan untuk membuka bisnis sampingan modal kecil. Saat ini ada banyak bisnis membutuhkan aplikasi tapi tidak punya keahlian membuatnya, sehingga Anda berpeluang untuk besar.

  19. Stasiun Bensin Mini
    Stasiun bensin mini bisa menjadi inspirasi bisnis sampingan yang menjanjikan. Bensin merupakan kebutuhan umum bagi pengendara kendaraan bermotor. Namun tidak semua daerah didukung tempat mengisi bensin, terutama wilayah terpencil. Sebagai solusinya, Anda bisa mendirikan stasiun bensin mini sebagai bisnis sampingan modal kecil di depan rumah.

  20. Atlet E-Sport
    Terakhir, bisnis sampingan yang menjanjikan yaitu dengan menjadi atlet game online berbasis kompetisi olahraga (e-sport). Meski tampak sepele, seorang atlet e-sport dapat meraup puluhan hingga ratusan juta rupiah dalam sekali pertandingan. Apalagi jika pertandingan e-sport-nya disponsori pemerintah dan perusahaan besar.

Itulah 20 rekomendasi bisnis sampingan yang menjanjikan untuk Anda coba sepulang kerja! Apapun jenis bisnisnya, Anda tetap bisa meraih keuntungan besar asal ada kemauan dan tetap berusaha. Sudah siap memulai bisnis sampingan?

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi

Download OCBC mobile