Bagaimana Memilih Jasa Endorse yang Tepat? Yuk Simak Tipsnya

9 Sep 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda? Pakai jasa endorse aja!

Dewasa ini, bisnis olshop kian menjamur. Mereka saling bersaing untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat. Salah satu trik yang paling banyak dipakai adalah memanfaatkan jasa endorse melalui media sosial.

Pasalnya, masyarakat Indonesia sendiri menghabiskan sebagian waktunya selama 8 jam 52 menit mengakses media sosial. Maka tak heran bila saat ini, trik promosi melalui media sosial dianggap lebih efektif. Jadi apa sebenarnya jasa endorse dan apa saja keuntungannya? Yuk simak ulasan OCBC NISP di bawah ini!


Apa itu Jasa Endorse?

Dalam dunia bisnis sekarang ini, endorse memang menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan guna membangun reputasi lebih baik lagi. Jasa endorse sendiri merupakan aktivitas pengiklanan yang membutuhkan ataupun melibatkan pihak lainnya guna memberikan dukungan ataupun kegiatan pemasaran kepada sebuah produk maupun jasa.

Jasa endorse ini kerap dipilih oleh para pebisnis karena dampaknya yang luar biasa. Selain bisa meningkatkan penjualan sebuah produk, endorse juga kerap membuat brand menjadi lebih dikenal banyak orang dibanding sebelumnya.

Tak heran, saat ini harga dari jasa endorse artis sangat mahal. Pasalnya, keuntungan yang akan didapat dari bisnis yang menggunakannya pun bisa berlipat lipat ganda dan sepadan dengan apa yang mereka bayarkan.


Tujuan Jasa Endorse

Jasa endorse sendiri merupakan sebuah langkah promosi paling mudah yang dapat digunakan oleh bisnis apapun. Tujuan utama dari endorse sendiri tidak lain yaitu sama dengan promosi lainnya, untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari sebuah produk.

Namun dibalik itu semua, ternyata masih ada banyak lainnya dari tujuan endorse yang bisa Anda ketahui. Tak cuma mementingkan penjualan, endorse sendiri bisa membuat sebuah produk menjadi lebih dikenal banyak orang. Selain itu, kepercayaan yang di bangun melalui influencer bisa membuat produk anda menjadi lebih dipercaya banyak orang.


Keuntungan Menggunakan Jasa Endorse

Berikut beberapa keuntungan menggunakan jasa endorse yang bisa Anda dapatkan:

  1. Meningkatkan product awareness
    Tak melulu membahas soal penjualan, keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan jasa endorse adalah meningkatkan product awareness dari produk yang dipasarkan.

    Product awareness ini menjadi sangat penting untuk Anda dapatkan guna mendukung promosi yang akan dilakukan. Langkah ini bisa membuat produk menjadi lebih dikenal banyak orang dari berbagai kalangan.

  2. Trik promosi yang cukup efektif
    Menggunakan jasa endorse memang menjadi salah satu trik promosi yang paling efektif untuk digunakan dalam bisnis apapun. Tak hanya untuk brand besar dan ternama, teknik promosi yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk membangun dan merintis sebuah bisnis dari awal.

    Dengan hanya menggunakan jasa endorse instagram untuk mempromosikan produk Anda, akan ada begitu banyak pengikut dari influencer tersebut yang melihat dan mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang di promosikannya. Tentu cara yang satu ini menjadi salah satu trik promosi yang paling mudah dan efektif buat Anda lakukan bukan?

  3. Meningkatkan penjualan
    Dengan banyaknya pengikut yang dimiliki oleh seorang selebgram, tak jarang apapun yang digunakan dan dikonsumsi oleh mereka menjadi inspirasi bagi para pengikutnya di media sosial. Hal ini lah yang membuat jasa endorse selebgram menjadi salah satu trik yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.

  4. Mendapatkan kepercayaan customer
    Dengan adanya citra positif yang dimiliki oleh seorang influencer yang kamu pilih, tentu hal ini juga bisa berdampak pada produk yang mereka promosikan. Masyarakat akan menjadi lebih percaya terhadap produk yang dipasarkan berkat konten dan penyampaian dari influencer tersebut.

  5. Biaya iklan lebih terjangkau
    Biaya yang mesti dikeluarkan untuk melakukan promosi melalui jasa endorse jauh lebih hemat ketimbang promosi melalui media lainnya. Endorse memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan iklan televisi maupun pemasangan banner yang menjadi teknik pemasaran yang telah lama dilakukan banyak orang.

  6. Bisa menjangkau target dengan mudah
    Selain biaya yang murah tersebut, Anda juga bisa menyasar promosi yang dilakukan untuk target pasar yang lebih spesifik. Dengan memilih influencer yang sesuai dengan produk yang anda pasarkan, target audiens yang akan anda dapatkan juga akan lebih tertarik dengan produk yang dipasarkan oleh sang influencer.


Tips Memilih Jasa Endorse Agar Tidak Salah Sasaran

Namun untuk dapat memaksimalkan hasil yang akan anda dapatkan dari cara endorse ini, ada beberapa tips yang mesti diketahui terlebih dahulu loh. Berikut tips memilih jasa endorse dari OCBC NISP yang bisa anda terapkan:

  1. Perhatikan engagement rate
    Jumlah followers tidak menjadi patokan utama untuk memilih seorang influencer terbaik. Pasalnya, algoritma sosial media saat ini tidak lagi dapat ditentukan oleh banyaknya jumlah pengikut yang mereka miliki.

    Namun engagement rate itulah yang menjadi salah satu faktor penentu baiknya kualitas dari seorang influencer. Engagement rate sendiri merupakan perbandingan interaksi yang terjadi di dalam sebuah postingan dengan banyaknya jumlah pengikut yang dimiliki oleh sebuah akun sosial media.

  2. Pertimbangkan jumlah pengikut (asli/tidak)
    Saat ini ada begitu banyak cara dalam membuat pengikut akun sosial media menjadi lebih banyak. Bahkan tak jarang, cara yang satu ini juga digunakan banyak orang untuk membuat tampilan sosial media menjadi lebih menarik.

    Anda mesti lebih jeli lagi dalam membedakan pengikut asli maupun palsu yang dimiliki oleh seorang influencer. Dengan melihat jumlah interaksi yang ada, Anda telah bisa menilai sendiri bagaimana kualitas dari pengikut yang dimilikinya.

  3. Pastikan memilih influencer dengan citra yang baik
    Citra yang baik dari seorang influencer, tentu sangat mempengaruhi dampak yang akan di dapatkan dari sebuah brand ketika menggunakan jasa endorse. Karena dengan citra yang baik tersebut akan ada begitu banyak orang yang lebih percaya dengan produk Anda.

  4. Sesuaikan dengan karakteristik target pasar
    Sebelum menggunakan jasa endorse, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai profil dari influencer yang akan anda pilih. Jangan sampai Anda salah dalam memilih influencer yang tidak berkaitan dengan produk yang dipasarkan. Untuk itu, gunakan riset tersebut untuk menilai mana saja influencer yang sekiranya sesuai dengan produk yang akan Anda promosikan.

  5. Pilih produk andalan untuk dipromosikan
    Dalam menggunakan jasa endorse, ada baiknya Anda menggunakan produk yang memang menjadi ikon dan andalan sebuah brand untuk dipasarkan. Hal ini penting untuk dilakukan guna menarik lebih banyak pengguna sosial media yang penasaran dengan produk tersebut.

  6. Perhatikan KOL (Key Opinion Leader)
    Key Opinion Leader merupakan seseorang yang ahli di suatu bidang tertentu sehingga opini ataupun pendapatnya dapat diterima. Pilihlah seorang influencer dengan KOL yang kuat, dengan begitu Anda akan mendapatkan target pasar yang lebih signifikan dan sesuai dengan produk yang di pasarkan.

  7. Perhatikan kualitas konten
    Konten pilar yang baik dari seorang influencer juga akan sangat mempengaruhi kesuksesan dari sebuah promosi endorsement. Dengan konten yang informatif dan juga sesuai dengan influencer yang Anda pilih, tentunya produk yang Anda pasarkan akan mendapatkan atensi yang lebih dari para pengikut influencer tersebut.

  8. Pilih influencer yang sesuai budget
    Jangan pernah melupakan tips yang satu ini dalam memilih influencer. Sebab budget yang sesuai akan membuat keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya menjadi lebih maksimal dan sesuai dengan harapan. Untuk itu, penting bagi Anda dalam memilih influencer yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.


Itu dia pembahasan mengenai apa itu jasa endorse, tujuan, keuntungan dan bagaimana tips memilihnya yang benar. Perhatikan tips di atas dan tingkatkan penjualan Anda melalui jasa endorse yang tepat. Selamat mencoba!


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca

Edukasi - 30 Apr 2024

Cara Kredit HP Online Tanpa DP dan Kartu Kredit, Hanya Pakai KTP

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile