15 Tips Jualan Online Agar Untung untuk Berbagai Platform

25 Okt 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Terapkan tips jualan online di bawah ini untuk mendapat keuntungan maksimal. 

Ada banyak cara untuk mencapai kebebasan finansial, salah satunya dengan berjualan melalui internet. Namun, Anda harus terlebih dahulu memahami tips jualan online yang tepat agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Mengoperasikan bisnis online sebenarnya cukup sulit karena banyaknya pesaing di pasaran. Namun jangan berkecil hati, karena OCBC NISP telah menyiapkan tips jualan online laris bagi pemula melalui media sosial hingga e-commerce. Simak sampai tuntas, ya!


Tips Jualan Online di Instagram

Jika Ansa tertarik jualan secara online di instagram, simak beberapa tips jualan online di instagram dari OCBC berikut ini.

  1. Gunakan Akun Bisnis
    Instagram menyediakan fitur akun khusus bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Tentu berbeda dengan akun biasa, akun bisnis ini telah dilengkapi dengan berbagai tools yang bisa mempermudah Anda dalam mengelola suatu usaha. Misalnya saja, keterangan harga pada foto produk.

    Selain itu, tips jualan online yang satu ini membantu Anda untuk lebih mudah dalam mempromosikan produk. Nantinya produk Anda akan muncul secara otomatis di menu Ig Shop. Dengan begitu, konsumen lebih cepat dalam menemukannya.

  2. Jelaskan Deskripsi Produk dengan Jelas di Bio
    Tips jualan online kali ini cukup penting untuk Anda perhatikan. Pada bio ini, setidaknya Anda harus memberi keterangan terkait jenis produk apa yang dijual, lokasi bisnis serta nomor atau link yang menghubungkan pada pemesanan. Tanpa ada bio, akun bisnis Anda akan terkesan kurang meyakinkan bagi para konsumen.

  3. Publish Konten dengan Rutin
    Melakukan publish konten dengan rajin akan membuat akun bisnis jualan Anda terlihat hidup. Dengan begitu, konsumen akan yakin bahwa akun Anda terpercaya. Selain itu, rajin mengunggah konten akan membantu algoritma instagram untuk mengenali akun bisnis tersebut, sehingga konten Anda bisa muncul di halaman Explore.

  4. Adakan Giveaway Secara Berkala
    Giveaway adalah memberikan produk secara gratis dengan syarat tertentu. Ini merupakan salah satu trik marketing yang banyak disukai orang. Anda bisa melakukannya dalam satu bulan sekali, atau di hari-hari tertentu.

    Beberapa metode giveaway bisa Anda lakukan dengan meminta followers untuk membagikan konten produk di instastory mereka dan yang beruntung bisa mendapatkan produk secara gratis. Dengan begitu, secara tidak langsung mereka telah membantu Anda memperkenalkan produk lebih luas.

  5. Bangun Customer Relationship
    Menerapkan tips jualan online yang satu ini akan membuat konsumen merasa lebih diapresiasi dan bisnis Anda juga lebih mudah diingat. Misalnya saja, cobalah untuk berbincang dengan para followers melalui instastory dengan fitur QnA serta usahakan selalu fast respon dalam membalas pesan.


Tips Jualan Online di Facebook

Facebook menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk berjualan. Anda tertarik? Simak beberapa tosp jualan online di facebook berikut ini.

  1. Manfaatkan Facebook Ad dengan Maksimal
    Guna memudahkan para pebisnis online, facebook menyediakan fitur iklan atau Facebook Ads yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk. FB Ads memiliki beberapa macam pilihan dengan range harga yang berbeda. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan promosi.

  2. Manfaatkan Grup Jualan
    Saat ini, facebook telah menjadi platform online dengan pengguna terbanyak. Tak heran jika banyak komunitas online yang terbentuk di dalamnya. Salah satunya adalah grup yang berisikan khusus akun jualan. Layaknya pasar online, Anda bisa masuk bergabung dan menawarkan produk di sana.

  3. Rajin Mengadakan Live Facebook
    Mengadakan live facebook secara rutin setiap hari dapat menarik banyak pelanggan. Cara ini telah banyak diterapkan oleh bisnis-bisnis pakaian. Mereka menerapkan sistem live penjualan, siapa cepat dia dapat. Dengan begitu, konsumen lebih cepat memutuskan membeli produk tersebut karena takut kehabisan.

  4. Pasang Foto yang Menarik
    Foto yang menarik menjadi tips jualan online paling utama. Hal pertama yang akan dipertimbangkan oleh konsumen adalah gambar produk. Jika Anda memasang foto asal-asalan, maka besar kemungkinan tidak ada konsumen yang tertarik. Jadi usahakan memasang gambar produk dengan maksimal.

  5. Tambahkan Testimoni yang Meyakinkan
    Seperti yang Sobat OCBC ketahui, saat ini telah banyak penipuan berkedok bisnis online melalui media sosial, terutama facebook. Karena itu, masukkan testimoni yang meyakinkan mengenai bisnis Anda agar konsumen tidak ragu dalam membelinya.


Tips Jualan Online di Shopee

Shopee menjadi platform e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia. Potensi keuntungannya pun cukup besar. Lalu bagaimana cara jualan di shopee? Simak tips berikut.

  1. Pasang Foto Produk Asli
    Sudah banyak kasus penipuan produk yang terjadi. Hal ini dikarenakan penjual tidak memasang gambar asli produk, sehingga konsumen merasa tertipu apabila barang yang dikirim tidak sesuai foto. Untuk itu, pasang gambar produk asli yang Anda foto sendiri.

  2. Manfaatkan Fitur Promo Shopee
    Shopee menyediakan berbagai promo seperti cashback dan gratis ongkir. Karenanya, tips jualan online di shopee selanjutnya adalah menggunakan promo, dengan begitu pelanggan akan makin tertarik untuk belanja. Perbandingan harga asli dan harga setelah adanya diskon sangat berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk Anda.

  3. Manfaatkan Momen Flash Sale
    Selain promo, Shopee juga mengadakan flash sale, yaitu menjual produk dengan harga murah. Momen ini banyak menarik minat konsumen. Jika dirasa ada produk uang bisa Anda jual dengan harga murah, fitur ini mungkin bisa dicoba untuk meningkatkan penjualan.

  4. Pasang Harga Kompetitif
    Di shopee terdapat banyak toko yang menjual produk sejenis. Maka dari itu, tips jualan online laris di shopee salah satunya adalah memasang harga kompetitif. Pastikan harga produk Anda mampu bersaing di pasaran tapi tetap menguntungkan.


Demikian pembahasan tentang tips jualan online laris bagi pemula melalui instagram, facebook hingga shopee. Jika Anda melakukan seluruh cara di atas dengan benar, bisnis online Anda dijamin akan punya banyak peminat dan menghasilkan laba tinggi. Selamat mencoba!


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca

Edukasi - 30 Apr 2024

Cara Kredit HP Online Tanpa DP dan Kartu Kredit, Hanya Pakai KTP

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile