Afiliasi: Pengertian, Cara Kerja, Keuntungan, dan Contohnya

11 Agt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Afiliasi adalah istilah penting dalam dunia bisnis terutama dalam marketing. Pahami cara kerja, keuntungan, dan contohnya pada artikel berikut ini.

Afiliasi adalah istilah yang sangat penting dalam dunia marketing. Bagi para pengusaha, apabila mereka ingin melakukan ekspansi bisnis dan meningkatkan penjualan, pemahaman di bidang ini tentu dibutuhkan.

Selain penting dipahami oleh pengusaha, jika Anda ingin berkecimpung di dunia marketing, mengerti apa itu afiliasi beserta program dan contohnya adalah kunci sukses meraup pundi-pundi rupiah. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan yang sudah OCBC rangkum di bawah ini!

Apa itu Afiliasi?

Pengertian afiliasi adalah suatu langkah memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan peluang untuk menjualkan produknya kepada konsumen melalui afiliasi, agar mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan bersama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti afiliasi adalah hubungan antara anggota maupun cabang. Misalnya, bentuk kerja sama perusahaan di Indonesia dengan perusahaan asing di luar negeri.

Bisnis afiliasi adalah bentuk kerjasama antara individu dan suatu perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan besar melalui strategi marketing dengan menambahkan tautan atau promosi di situs sosial media maupun blog Anda.

Sederhananya, bisnis afiliasi artinya cara mendapatkan uang melalui penjualan produk barang atau jasa dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Anda dapat bergabung menjadi affiliate marketers dan akan diberikan gaji setelah produk tersebut terjual.

Dalam pasar modal, afiliasi adalah hubungan antara pemilik saham utama dengan perusahaan, serta hubungan perusahaan bersama seluruh pihak yang mengontrol kegiatan usaha secara langsung maupun tidak langsung.

Cara Kerja Program Afiliasi

Umumnya, cara kerja program afiliasi adalah hampir mirip dengan broker. Yaitu, dalam pelaksanaannya Anda tidak harus memiliki produk barang atau jasa terlebih dahulu untuk menjualnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Daftar Program Afiliasi
    Hal yang harus Anda lakukan sebelum memulai afiliasi adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website perusahaan. Anda akan mendapatkan kode referral unik dan berbeda pada masing-masing orang. Kode ini digunakan sebagai penanda bahwa konsumen membeli produk dari afiliator tersebut.

  2. Promosi Produk Afiliasi
    Salah satu cara untuk memperoleh banyak komisi dari afiliasi adalah mempromosikan kode referral Anda agar banyak konsumen yang membeli. Adapun promosi ini dapat Anda lakukan melalui beberapa cara. Misalnya, review produk di blog, forum online maupun sosial media Anda.

  3. Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Anda
    Pada dasarnya, tujuan Anda melakukan afiliasi pemasaran adalah agar calon pembeli menggunakan kode referral Anda. Pasalnya, jika orang tersebut memanfaatkan kode Anda, maka konsumen akan mendapat diskon tambahan dan Anda sebagai afiliator tentunya memperoleh komisi.

  4. Dapatkan Komisi
    Umumnya, waktu pemberian komisi afiliasi adalah setelah konsumen membeli produk menggunakan kode referral Anda. Selain itu, pada beberapa perusahaan, komisi diberikan setelah Anda melalui pengisian form, meningkatkan trafik website, mengunduh suatu aplikasi, hingga subscribe newsletter perusahaan.

Contoh Afiliasi Paling Menguntungkan

Banyak perusahaan di Indonesia menyediakan jasa promosi produk barang maupun jasa dari afiliator. Beberapa contoh bisnis afiliasi yang sering digunakan para perusahaan afiliasi adalah sebagai berikut.

  1. Bukalapak Affiliate Program
    Pada Bukalapak, sistem afiliasi adalah cost per sale (CPS). Yaitu, setiap konsumen membeli barang melalui link Anda, maka komisi yang diberikan tergantung dari harga produknya. Selain itu, Bukalapak juga menyediakan fitur lain seperti product search box, dynamic banner hingga link generator.

  2. Affiliate By Me Tokopedia
    Afiliasi Tokopedia adalah salah satu program untuk mempromosikan berbagai produk barang yang terdapat di aplikasi Tokopedia. Jika barang tersebut terjual melalui kode referral Anda, maka Anda akan memperoleh komisi dalam waktu 1x24 jam.

  3. Tiket.com Affiliate Partner
    Bagi Anda yang suka travelling ke berbagai tempat, afiliasi adalah salah satu cara yang cukup menguntungkan. Pasalnya, Anda dapat menggunakan Application Programming Interface (API) dari Tiket.com untuk memesan kamar hotel. Anda akan memperoleh komisi hingga 40%-60% dari setiap booking hotel menggunakan kode Anda.

  4. Program Afiliasi ZALORA
    Pada perusahaan ZALORA, sistem afiliasi adalah hampir sama dengan yang lainya. Yaitu Anda akan mendapat komisi setelah konsumen menggunakan link atau kode referral Anda. Biasanya, komisi yang diberikan berkisar antara 4%-6% per produknya.

  5. Amazon Affiliate Program
    Menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Amazon memberikan peluang untuk menjadi afiliator. Dengan mempromosikan berbagai produk yang diperjualbelikan di situs tersebut, Anda akan meraup keuntungan hingga 10% dari setiap produk terjual.

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Setelah memahami pengertian afiliasi hingga contoh programnya dalam beberapa perusahaan afiliasi di Indonesia, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja keuntungan yang akan diperoleh saat menjadi afiliator. Diantaranya sebagai berikut.

  1. Modal Kecil
    Keuntungan afiliasi adalah penggunaan modal yang sedikit, bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali. Pasalnya, Anda dapat menjual produk perusahaan tanpa membelinya terlebih dahulu. Anda cukup mempromosikannya saja agar konsumen tertarik untuk membeli.

  2. Penghasilan Pasif
    Salah satu keuntungan lainnya dari afiliasi adalah mendapatkan penghasilan meskipun tidak bekerja di kantor. Bahkan, Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama di depan komputer, cukup duduk santai dan melakukan promosi, maka uang akan datang dengan sendirinya kepada Anda.

  3. Jam Kerja Fleksibel
    Sistem kerja dari afiliasi adalah fleksibel atau tidak terikat kontrak yang mengatur jam promosi dari program afiliasi pada waktu tertentu seperti bekerja kantoran. Anda dapat menentukan sendiri kapan mulai promosi.

  4. Penghasilan Murni dari Kerja Keras Anda
    Penghasilan yang Anda dapatkan dari bisnis afiliasi adalah tergantung dari seberapa besarnya kerja keras Anda melakukan promosi. Semakin niat Anda berusaha, maka akan semakin besar juga pendapatan per bulannya.

  5. Kerja dari Rumah
    Anda dapat melakukan promosi kode referral dari mana saja, seperti kantor, cafe, maupun rumah. Anda hanya memerlukan sambungan internet dan smartphone/laptop. Dengan begitu, afiliasi adalah bentuk pekerjaan sempurna untuk Anda yang tidak suka bekerja kantoran.

Nah itu tadi penjabaran OCBC mengenai arti afiliasi, cara kerja, contoh, beserta keuntungannya. Seperti halnya berbisnis, sebelum memilih program yang tepat, lakukan riset terlebih dahulu mengenai sistem kerja di tiap perusahaan. Tetap semangat!

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

TAKA

TAKA

Kelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan bertransaksi

Download OCBC mobile