Bukti Kas Masuk: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Penyusunan

6 Jun 2022

Pahami pengertian buku kas masuk dan cara penyusunannya!

Bukti kas masuk adalah bukti transaksi yang menunjukkan adanya kas masuk dalam suatu perusahaan. Kas masuk tersebut umumnya dari modal atau penjualan. Penting untuk mencatat setiap kas masuk agar keuangan perusahaan terkelola dengan baik.

 

Mencatat setiap kas masuk dapat membantu Anda melihat kondisi keuangan perusahaan secara detail. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, OCBC NISP akan membahas seputar apa itu bukti kas masuk untuk Anda pelajari. Yuk simak!

Pengertian Bukti Kas Masuk

Pengertian buku kas masuk adalah dokumen bukti adanya uang tunai yang masuk ke perusahaan. Sumber bukti kas masuk adalah pembayaran tunai, pembayaran cicilan, investasi, dan sebagainya.

Pengguna informasi bukti kas masuk adalah pihak internal perusahaan yang menjadikannya sebagai arsipan. Pihak eksternal atau luar perusahaan tidak bisa mengakses informasi ini.

Kemudian, sebaiknya seluruh bukti kas masuk dan bukti kas keluar dicatat ke dalam buku menggunakan format yang sama.

Hal tersebut bertujuan agar diketahui asal uang dalam pelaporan keuangan. Sehingga, saat ada program audit, pihak finance atau akuntan bisa menunjukkan asal kas masuk atau pembayaran tersebut dengan jelas.

Kapan Bukti Kas Masuk Dibuat?

Kapan pembuatan bukti kas masuk adalah ketika bukti kas masuk diakui. Biasanya, kas akan diakui saat transaksi diterima dari pelanggan dan saldo piutang yang dihasilkan sesuai.

Dalam neraca perusahaan, hal ini dapat dilihat sebagai kumpulan kas masuk yang meningkatkan saldo dan setara kas. Bukti kas masuk berasal dari sumber eksternal seperti pelanggan, investor, dan bank.

Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

Sementara itu, yang ada dalam bukti kas masuk adalah informasi yang datang bersama dengan pembayaran tunai. Dalam bukti kas masuk harus memiliki informasi terkait tanggal terjadinya transaksi, nomor yang ditetapkan pada dokumen untuk identifikasi, nama pelanggan, jumlah uang tunai, metode pembayaran, dan tanda tangan vendor.

Cara Membuat Bukti Kas Masuk

Sobat OCBC dapat menyimak cara membuat bukti kas masuk berikut sebagai referensi. Ada tiga langkah untuk membuat bukti kas masuk, yaitu melakukan penjualan tunai, mencatat transaksi kas masuk, dan mencatat di jurnal penjualan.

1. Melakukan penjualan tunai

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencatat bukti kas masuk adalah melakukan penjualan tunai terlebih dahulu. Ketika melakukan penjualan tunai, pastikan tanda terima atau bukti disimpan dengan baik karena akan dijadikan sebagai bukti penjualan. Jika Anda menerima cek, sertakan nomornya beserta bukti transaksi.

Uti Informasi yang tercatat dalam tanda terima penjualan melipynama pelanggan, tanggal transaksi, rincian produk dan harganya, serta pajak penjualan jika ada. Penting untuk mengelola kuitansi bisnis dengan sistem penyimpanan sistematis baik di komputer atau lemari arsip.

2. Catat transaksi penerimaan kas

Hal penting dalam jurnal penerimaan atau bukti kas masuk adalah adanya catatan kronologis setiap penerimaan tunai. Catatan pemberian nomor bukti kas masuk maupun keluar sebaiknya disusun berdasarkan pada kuitansi penjualan Anda. Perlu diperhatikan, pajak penjualan tidak perlu dimasukkan dalam jurnal penerimaan kas, tetapi catatlah di jurnal penjualan.

3. Buat jurnal penjualan

Transaksi penjualan yang terjadi dicatat dalam jurnal penerimaan kas sebagai debit. Sedangkan pada jurnal penjualan ditempatkan ke dalam kolom kredit. Entri di jurnal penerimaan kas Anda akan beragam jika pelanggan membayar dengan metode berbeda-beda.

Manfaat Bukti Kas Masuk

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bukti kas masuk digunakan untuk penyusunan jurnal penerimaan kas. Selain itu, manfaat atau fungsi bukti kas masuk adalah sebagai berikut:

  • Sebagai bukti kepemilikan atas produk yang dibeli
  • Bagi pelanggan, berguna untuk klaim penukaran atau pengembalian barang
  • Bagi vendor, berguna ketika harus menerima klaim garansi produk dari pelanggan
  • Sebagai kelengkapan pencatatan akuntansi
  • Menghindari risiko masalah jika sewaktu-waktu audit dilakukan

Tips Mencatat Bukti Kas Masuk

Tips mencatat bukti kas masuk adalah prosedur untuk mengelola penerimaan kas Anda. Hal ini bermanfaat guna menghindari kesalahan akuntansi dan memastikan pencatatan transaksi dilakukan dengan benar. Ada beberapa prosedur penerimaan kas yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  • Mengelola dan mengurutkan tanda terima bisnis
  • Mencatat uang tunai masuk beserta informasinya
  • Membuat deposito dari uang tunai tersebut

Jika di kemudian hari Anda menerima pembayaran tunai dari pelanggan yang sama, buatlah entri jurnal terpisah untuk merekam informasi ini. Jangan lupa telusuri bagaimana pembayaran ini berpengaruh pada faktur pelanggan dan kredit toko.

Ketika akan menyetorkan pembayaran tunai, pastikan jumlah slip deposito Anda sesuai dengan laporan jurnal penerimaan Anda. Disarankan untuk menyimpan tanda terima deposit dan tanda terima bisnis dengan baik. Karena hal ini merupakan langkah antisipasi jika di kemudian hari ditemukan perbedaan.

Contoh Bukti Kas Masuk

Adapun contoh bukti kas masuk adalah kwitansi. Kwitansi merupakan dokumen yang memuat bukti transaksi penerimaan uang dari pemberi uang. Di dalam kwitansi biasanya terdapat penjelasan “telah terima uang dari pihak A sebesar Rp XX untuk keperluan pembayaran produk X”.

Pastikan di dalam kwitansi tertera tanda tangan penerima uang di atas materi agar bukti tersebut dianggap sah dan berkekuatan hukum. Arsipkan bukti kwitansi berupa kertas kecil di sebelah kiri jika Anda menggunakan buku kwitansi.

Itulah penjelasan mengenai pengertian bukti kas masuk dan komponen-komponen di dalamnya. Bagi seorang akuntan, sangat penting untuk mencatat setiap kas masuk yang terjadi agar laporan keuangan bisa tersusun dengan valid. Semoga bermanfaat dan jangan lupa simak tips finansial lainnya hanya di OCBC NISP!

 

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Hati Senang, Pikiran Tenang dengan Cegah Penipuan!

Baca

Tips & Trick - 18 Mar 2024

Waspadai Modus Penipuan Ramadhan, Jaga Data Diri Tetap Aman

See All

Produk Terkait

Wealth Management

Wealth Management

Download OCBC mobile