7 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal, Mana Saja?

13 Sep 2022

Mana saja kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal? Yuk simak!

Biaya hidup dalam suatu kota sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor di dalamnya. Karena itu, setiap kota di Indonesia berbeda. Lantas, apakah Anda tahu di mana saja kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal?

 

Kiranya Anda perlu mengetahuinya. Mengapa? Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan di mana Anda bekerja nanti. Ketika Anda mengejar kota dengan gaji UMR tinggi, maka biaya hidup di sana juga tentu lebih tinggi bukan?

 

Nah, lantas apakah situasi tersebut efektif? Karena itu, sembari mengetahui mana saja kota dengan biaya termahal, Anda juga bisa mempertimbangkan di mana kota terbaik untuk bekerja. Yuk simak ulasannya berikut ini!

7 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal

Beberapa kota di Indonesia memiliki biaya hidup yang tergolong mahal. Namun, sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi, bahkan tidak hanya di Indonesia. Lalu, tahukah Anda dimana saja itu? Berikut daftar 7 kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal.

1. Jakarta

Sudah bukan rahasia umum bahwa biaya hidup di jakarta cukup tinggi. Ibu Kota Indonesia ini berada pada posisi pertama sebagai kota dengan biaya hidup termahal. Nilai total rata-rata pengeluaran rumah tangga di Jakarta sebesar Rp16.897.727 sementara pengeluaran per kapita penduduk adalah Rp4.446.770.

2. Surabaya

Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia sekaligus Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Kota pahlawan ini rupanya menempati peringkat kedua setelah Jakarta sebagai kota dengan biaya hidup termahal.

 

Pengeluaran rata-rata penduduk Surabaya adalah sebesar Rp4.240.902 per kapita. Sementara, untuk total rata-rata pengeluaran rumah tangga sebesar Rp16.115.429.

3. Bekasi

Di sosial media, Bekasi ramai dibicarakan karena populer sebagai kota yang memiliki cuaca paling panas. Namun, dibalik itu rupanya biaya hidup di sana juga cukup panas ya Sobat OCBC NISP, alias mahal.

 

Ya, Bekasi menempati posisi ketiga sebagai kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal. Di mana rata-rata pengeluaran per kapitanya sebesar Rp4.119.168, sementara rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp16.885.582.

4. Depok

Depok merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Warga Depok sebagian besar memilih bekerja di ibu kota. Kota asal dari salah satu universitas terbaik di Indonesia ini rupanya termasuk dalam kota dengan biaya hidup termahal.

 

Total rata-rata pengeluaran rumah tangga di Depok adalah sebesar Rp13.355.784, sementara rata-rata pengeluaran per kapitanya mencapai Rp3.424.560.

5. Semarang

Semarang menempati posisi kelima sebagai kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal sekaligus nomor satu di Jawa Tengah. Semarang memiliki total rata-rata pengeluaran per kapita sebesar Rp3.257.315, sementara untuk rumah tangganya rata-rata sebesar Rp13.680.725.

6. Tangerang

Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Kota ini memiliki rata-rata pengeluaran per kapita sebesar Rp3.287.159, sementara untuk rumah tangganya sendiri adalah Rp12.491.204.

7. Makassar

Kali ini kita menuju kota yang berada di luar Pulau Jawa. Ya, Makassar sekaligus Ibu Kota Sulawesi Selatan termasuk dalam kota metropolitan yang memiliki rata-rata pengeluaran sebesar Rp3.253.338 per kapita dan Rp14.640.004 untuk rata-rata pengeluaran rumah tangganya.

Apakah Worth it Mendapat Pekerjaan Gaji Tinggi di Kota dengan Biaya Hidup Mahal?

Tidak dipungkiri bahwa setiap orang ingin bekerja dengan gaji tinggi, karena itu mereka memilih merantau di kota-kota besar seperti Jakarta. Namun, jika dipikir-pikir, bagaimana dengan biaya hidupnya yang juga tergolong mahal?

 

Nah, hal ini perlu Anda pertimbangkan lho Sobat OCBC NISP. Jangan hanya tergocek dengan UMR tinggi tanpa memikirkan biaya hidup di sana. Padahal, jika Anda bekerja di daerah lain seperti Yogyakarta atau Malang, meski UMR tidak setinggi Jakarta, namun biaya hidupnya juga murah.

 

Beberapa kota yang telah disebutkan di tas diukur berdasarkan IHK (Indeks Harga Konsumen) dan IBH (Indeks Biaya Hidup). Jadi, jika Anda berencana tinggal di sana, setidaknya nominal itu yang perlu disiapkan untuk menunjang hidup di sana.

 

Nah, itu dia penjelasan mengenai beberapa kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal. Rata-rata, daftar kota tersebut memiliki UMR tinggi sehingga banyak menarik para jobseeker untuk bekerja di sana.

 

Namun, pada dasarnya semua tergantung pada pilihan setiap orang. Jika Anda mampu menjalankan manajemen keuangan dengan baik, maka tidak ada salahnya bekerja dengan gaji tinggi sekaligus biaya hidup tinggi. Karena itu, dapatkan beragam insight mengenai manajemen finansial hanya di OCBC NISP!

 

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB

Download OCBC mobile