Net National Product (NNP) Pengertian dan Contoh Perhitungan

6 Des 2022

NNP adalah singkatan Net National Product. Simak penjelasannya di sini! 

Net National produk atau NNP adalah pendapatan nasional yang hanya memperhitungkan perolehan laba. Tujuan dari perhitungan NPP yaitu mencari netto atau nilai bersih dalam proses produksi.

Ketika berbicara mengenai kegiatan ekonomi negara, tentu pendapatan nasional menjadi hal yang tidak bisa terlewatkan. Nah, agar Anda lebih memahaminya, yuk simak pembahasan mengenai apa itu NNP berikut ini.

Konsep Pendapatan Nasional

Net National Product atau NNP adalah salah satu konsep dari pendapatan nasional. Selain NNP, ada beberapa konsep lainnya yaitu Gross Domestic Product, Gross National Product, Net National Product, Net National Income, Personal Income dan Disposable Income.

1. GDP (Gross Domestic Product)

Gross Domestic Product adalah pendapatan dari produksi barang dan jasa penduduk di suatu negara. Termasuk pendapatan warga negara asing yang tinggal di lingkungan tersebut.

Gross Domestic Product dapat dihitung dengan menjumlahkan seluruh nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh perekonomian sebuah negara

2. Gross National Product

Gross National Product adalah perkiraan jumlah total barang dan jasa yang dihasilkan oleh perekonomian negara tersebut selama waktu tertentu.

Yang termasuk dalam GNP adalah semua hasil produksi warga negara asli, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Contohnya, meskipun Anda bekerja di Jepang, namun jika kewarganegaraan yang dimiliki adalah WNI, maka perhitungan pendapatannya masuk ke dalam GNP Indonesia.

Beberapa pendapatan yang termasuk dalam perhitungan GNP adalah pendapatan warga negara tersebut di dalam dan luar negeri, ekspor bersih, investasi domestik swasta serta pengeluaran pemerintah.

Dalam kata lain, GNP menunjukkan bagaimana masyarakat di sebuah negara berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Inilah mengapa pendapatan penduduk asing yang diperoleh dalam negeri tidak termasuk dalam GNP.

3. Net National Product

Apa itu NNP? Pengertian NNP adalah konsep pendapatan nasional yang hanya memperhitungkan laba produksi. Hal ini karena tujuan dari NNP adalah untuk mencari netto atau nilai bersih dari suatu produksi.

NNP diperoleh dari penjumlahan Gross National Production yang dikurangi oleh penyusutan barang-barang modal.

4. Net National Income

Net National Income adalah NNP dengan perhitungan komponen pendapatan yang tidak mencerminkan balas jasa terhadap faktor produksi. NNI dapat dihitung dengan mengurangi NNP dengan total pajak tidak langsung dan subsidi.

5. Personal Income

Seperti namanya, PI (Personal Income) merupakan perhitungan total pendapatan tiap orang dengan menambah transfer payment serta dikurangi dengan laba yang ditahan, asuransi dan iuran dana sosial.

6. Disposable Income

DI (Disposable Income) adalah pendapatan yang siap dimanfaatkan untuk membeli barang, jasa atau investasi.

DI (Disposable Income) dihitung dengan cara mengurangi PI (Personal Income) dengan pajak langsung. Salah satu contoh pajak langsung adalah pajak pendapatan.

Pengertian NNP

Seperti pembahasan sebelumnya, NNP adalah konsep pendapatan nasional yang hanya dilihat dari laba produksi.

Dalam kata lain, dalam memperhitungkan NNP, Anda juga harus mengurangi keseluruhan GNP dengan penyusutan yang terjadi. Hal ini karena NNP ditujukan untuk mencari nilai bersih atau neto dari suatu produksi.

Perbedaan antara NNP dengan GNP

Dari pembahasan konsep pendapatan nasional di atas, terdapat beberapa perbedaan antara GNP dan NNP yang cukup mencolok.

Gross National Product merupakan keseluruhan produksi barang atau jasa yang dihasilkan oleh warga suatu negara di manapun mereka berada tanpa memperhitungkan adanya penyusutan.

Berbeda dengan GNP (Gross National Product), NNP adalah konsep pendapatan yang hanya melihat neto atau laba dari proses produksi. Atau dalam kata lain, NNP adalah Gross National Production namun dengan perhitungan penyusutan barang-barang modal.

Cara Menghitung NNP

Dalam pembahasan di poin sebelumnya, disebutkan bahwa NNP adalah GNP yang dikurangi dengan perhitungan barang-barang modal.

Oleh karena itu, cara menghitung NNP adalah dengan mengurangi Gross National Product dengan Depresiasi. Depresiasi adalah jumlah penyusutan barang. Jika dituliskan secara matematis, begini rumus NNP:

NNP = GNP - D

1. Contoh Perhitungan NNP

Agar lebih jelas, maka mari masukkan rumus Net National Product atau NNP di atas dalam sebuah soal.

Katakanlah GNP sebuah negara adalah Rp24.000.000.000, pendapatan neto luar negeri sebesar Rp3.500.000.000, pajak langsung Rp2.500.000.000, penyusutan Rp2.750.000.000, pajak tidak langsung Rp3.000.000.000. Jumlah NNP adalah…

Jawaban:

NNP =  GNP -  D (Penyusutan)

NNP = Rp24.000.000.000 - Rp2.750.000.000

NNP = Rp21.250.000.000

Jadi, dari soal tersebut jumlah NNP adalah sebesar Rp21.250.000.000.

Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

Mengetahui pendapatan yang diterima oleh suatu negara dalam kurun waktu tertentu merupakan hal penting. Kenapa? Karena pendapatan nasional dapat digunakan sebagai tolak ukur kemakmuran masyarakatnya. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya, seperti:

1. Sumber Informasi Tingkat Kemakmuran Rakyat

Pendapatan nasional memberikan gambaran tentang bagaimana standar hidup masyarakat di sebuah lingkungan, tingkat ekonomi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kemakmuran rakyat.

2. Membandingkan Kinerja Ekonomi Masyarakat

Untuk menghitung pendapatan nasional, perlu adanya perhitungan secara menyeluruh pada semua sektor ekonomi dalam suatu negara. Dari sinilah sebuah negara dapat melihat dan membandingkan kinerja ekonomi masyarakatnya.

Dari sinilah pemerintah bisa mengetahui daerah dan sektor mana yang memiliki tingkat ekonomi lebih maju atau sebaliknya.

3. Membantu Pemerintah Melakukan Evaluasi Kebijakan Ekonomi

Selain untuk mengetahui tingkat kemakmuran rakyat di sebuah negara, pendapatan nasional juga dapat dijadikan sebagai sumber data untuk evaluasi kebijakan ekonomi.

Dengan begitu mereka dapat mempertimbangkan langkah perbaikan demi memperbaiki pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

4. Mengetahui Pertumbuhan Ekonomi Setiap Tahun

 Tentunya, dari data yang didapatkan pemerintah dapat mengetahui seperti apa pertumbuhan ekonomi di negaranya. Apakah terjadi kenaikan atau bahkan penurunan.

5. Membandingkan Pertumbuhan Ekonomi Negara

Manfaat yang terakhir adalah sebagai bahan perbandingan pertumbuhan ekonomi negara satu dengan lainnya. Perbandingan ini dapat dilihat dari berbagai aspek seperti jumlah pendapatan, keuntungan dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai apa itu NNP (Net National Product) sekaligus contoh perhitungannya. Kini, Anda sudah memahaminya kan? Jika ingin informasi lebih beragam terkait finansial, yuk kunjungi blog OCBC NISP!

Baca juga:

Inklusi Keuangan: Arti, Tujuan, Manfaat, & Cara Meningkatkan

4 Cara Menghitung Modal Usaha Beserta Contoh Perhitungannya

Kredit Modal Kerja - Cara Daftar, Besar Bunga & Contoh

Referensi

https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-manfaat-dan-cara-menghitung-pendapatan-nasional

https://kamus.tokopedia.com/n/net-national-product/

https://www.gramedia.com/literasi/konsep-pendapatan-nasional/

Apa Itu GDP? Ini Arti, Manfaat, dan Cara Menghitungnya (detik.com)

Gross National Product (GNP): Pengertian, Bedanya dengan GDP, dan Cara Menghitungnya (ekrut.com)

Cara menghitung GNP, NNP, NNI dan contoh soal – Soalfismat.com

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Hati Senang, Pikiran Tenang dengan Cegah Penipuan!

Baca

Tips & Trick - 18 Mar 2024

Waspadai Modus Penipuan Ramadhan, Jaga Data Diri Tetap Aman

See All

Produk Terkait

Wealth Management

Wealth Management

Download OCBC mobile