Kelola Dana Keuanganmu Dengan 50/30/20 Budgeting Rule

3 Jan 2024 Written by:Tim Wealth Management OCBC

Menjelang pergantian tahun baru dari 2023 ke 2024, sangat identik dengan musim liburan yang tentunya pengeluaran akan membengkak dan bahkan saldo bisa minus kalau tidak dikelola dengan baik.

Menjelang pergantian tahun baru dari 2023 ke 2024, sangat identik dengan musim liburan yang tentunya pengeluaran akan membengkak dan bahkan saldo bisa minus kalau tidak dikelola dengan baik. Jangan sampai kondisi keuanganmu terganggu akibat hal tersebut dan sebaiknya kita harus mempersiapkan segala kemungkinan yang dapat terjadi dengan mempersiapkan budget/anggaran. Elizabeth Warren, senator senior AS dalam bukunya All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, menulis mengenai metode budgeting 50/30/20 dalam mengelola keuangan pribadi:

Secara garis besar, kita membagi alokasi pendapatan menjadi 3 bagian, yaitu:

  • 50% dari pendapatan kita untuk kebutuhan utama seperti tagihan rutin listrik & air, biaya belanja bulanan dan membayar cicilan seperti cicilan rumah.
  • 20% kamu alokasikan untuk investasi, investasi disini dapat kamu siapkan mulai dari dana darurat hingga nanti mempersiapkan untuk memiliki passive income.
  • 30% sisanya baru dapat kamu gunakan untuk keinginan. Alokasi bagian ini didedikasikan untuk kamu yang sudah kerja keras setiap harinya, boleh dong kamu nikmati untuk jalan-jalan bersama teman atau healing ke Bali.

Sepertinya mudah namun tidak segampang itu untuk mempraktekkan prinsip diatas secara disiplin. Alokasi yang mungkin paling sering dikorbankan adalah porsi investasi. Jika kamu kesulitan untuk memenuhi alokasi ini, tidak ada salahnya untuk mencermati kembali pos-pos belanja kamu di bagian kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai terlalu banyak pos keinginan yang kita klaim atas nama kebutuhan, atau terlalu banyak keinginan yang juga kita atas namakan sebagai self reward.

Cek kesehatan keuanganmu bersama https://www.ruangmenyala.com dan segera kelola keuangan kamu dengan OCBC Mobile, dimana kamu dapat melakukan alokasi keuangan, memproses pembayaran tagihan rutin dan investasi dengan berbagai pilihan produk yang sesuai dengan keinginanmu.

Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 18 Apr 2024

bisakah-kpr-rumah-second-tanpa-dp-berikut-penjelasannya

Read

Education - 3 Apr 2024

5 Tempat Bukber Estetik dan Instagramable di Jakarta

View All

Related Product

Wealth Management

Wealth Management

Download OCBC mobile