Tempat Usaha yang Baik dan Buruk Menurut Feng Shui

23 Feb 2024

Memilih tempat usaha yang tepat merupakan modal yang paling penting dalam memulai bisnis

Panduan feng shui tentang tempat usaha berikut ini bisa kamu jadikan referensi agar usahamu berjalan dengan lancar dan mendatangkan keuntungan berlimpah.

Feng shui tidak hanya memberikan panduan dalam menata ruang di rumah atau kantor. Para pebisnis banyak yang mencari panduan dalam memilih tempat usaha yang baik untuk memastikan usaha mereka berjalan seperti yang diinginkan.

Artikel ini akan membahas tentang kriteria tempat usaha yang baik dan buruk menurut feng shui. Namun sebelum itu, kamu juga perlu mengetahui beberapa aturan dalam feng shui terkait tempat usaha yang membawa hoki.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Konveksi, Begini Tipsnya agar Untung

Feng Shui Tempat Usaha yang Baik

Saat memulai usaha, sebaiknya kamu mengawalinya dengan berkonsultasi kepada ahli feng shui profesional. Konsultasikan beberapa hal terkait usahamu, termasuk tentang tempat usaha mana yang berpotensi membawa hoki.

Ketika semua panduan dan masukan dari ahli itu kamu terapkan dengan baik, niscaya tempat usahamu akan selalu ramai. Sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan dan kekayaan yang besar.

Berikut ini beberapa tips dan aturan feng shui terkait tempat usaha yang bisa kamu jadikan referensi.

  1. Kenali Elemen Kekayaan

    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat memilih tempat usaha adalah mengenali ada atau tidaknya elemen kekayaan pada lokasi tersebut. Jika tidak ada, kamu masih bisa “mengaktifkan” elemen kekayaan itu dengan beberapa cara.

    Cara pertama adalah menempatkan simbol kekayaan pada tempat usaha. Simbol-simbol ini antara lain koin cina, katak pembawa uang, patung kura-kura, tanaman bambu keberuntungan, dan sebagainya.

    Berikutnya adalah dengan menambahkan elemen kayu dan air. Kedua elemen ini dipercaya bisa mengundang kemakmuran dan kekayaan pada ruangan atau tempat usaha. Elemen kayu bisa dihadirkan melalui tanaman giok, sementara elemen air bisa dihadirkan melalui air mancur.

    Sementara cara ketiga adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapian tempat usaha. Terlebih jika kamu membuka usaha kuliner, maka kebersihan dan kerapian ini adalah hal utama yang harus dijaga.

  2. Perhatikan Pintu Masuk

    Kamu perlu memberi perhatian lebih pada area pintu masuk ke tempat usaha. Pasalnya, area ini memainkan peran krusial apakah calon pelanggan mau memasuki tempat usahamu atau tidak.

    Artinya, kamu perlu melakukan beberapa cara untuk membuat orang tertarik untuk masuk. Caranya seperti menambah dekorasi yang menarik, pencahayaan yang cukup, serta kebersihan area depan.

  3. Arah yang Perlu Diperhatikan

    Setidaknya ada tiga arah yang perlu diperhatikan, yaitu timur laut, timur, dan barat laut. Pasalnya ketiga arah ini mewakili keberuntungan, kesehatan, dan keberhasilan strategi bisnis.

  4. Pencahayaan yang Baik

    Tempat usaha yang baik menurut feng shui berikutnya adalah yang memiliki pencahayaan yang cukup. Ini juga sangat ditekankan dalam feng shui tempat usaha makanan agar pelanggan bisa melihat dengan jelas saat berada di dalam.

    Pencahayaan yang baik berbeda dengan pencahayaan yang terang, ya! Kamu tidak perlu membuat ruangan tempat usaha yang terlalu terang karena justru akan mengurangi kenyamanan pelanggan.

  5. Terdapat Banyak Cermin

Cermin merupakan elemen dekorasi yang sangat direkomendasikan dalam konsep feng shui. Memasang banyak cermin dianggap bisa membuat tempat usaha dinaungi energi positif yang dapat membuat usaha berkembang dengan pesat.

Sebagai acuan, pasang cermin pada area produk yang kamu jual. Misalnya kamu bisa memasang cermin pada sekitar pilar toko atau pada bagian lemari rak display produk.

Baca juga: 12+ Ide Usaha Sampingan Karyawan, Minim Modal tapi Untung!

Tempat Usaha yang Buruk Menurut Feng Shui

Beberapa lokasi dianggap memiliki energi negatif sehingga tidak direkomendasikan untuk menjadi tempat usaha. Jika kamu memaksakan, usahamu tidak akan berjalan mulus bahkan tidak berjalan lama.

Berikut beberapa tempat usaha yang buruk menurut feng shui dan harus kamu hindari.

  1. Berada di Jalan Buntu

    Lokasi di pinggir jalan memang menjadi primadona untuk membuka usaha. Namun ada beberapa titik di jalan yang tidak direkomendasikan karena memiliki energi negatif.

    Salah satunya adalah lokasi usaha di jalan buntu. Tempat ini tidak akan menjadi opsi orang untuk melintas sehingga tempat usahamu tidak akan dilirik calon pelanggan.

    Selain di jalan buntu, tempat lain yang tidak direkomendasikan adalah di bawah jembatan, di persimpangan jalan, dan berada di jalan yang berkelok.

  2. Dikelilingi Gedung Tinggi

    Membuka usaha di tempat yang dikelilingi gedung tinggi juga tidak direkomendasikan. Dalam feng shui, tempat ini dianggap akan menghambat usaha dan menimbulkan kerugian.

    Jika memang mendapat tempat yang dikelilingi gedung tinggi, kamu bisa memanfaatkannya untuk usaha kuliner. Dalam hal ini kamu bisa membuka tempat makan yang bisa menjadi pilihan para pekerja kantoran di gedung-gedung tersebut.

  3. Tempat Kurang Cahaya

Sebagai pelanggan, kamu pasti enggan untuk mengunjungi tempat yang pencahayaannya tidak memadai, bukan? Ternyata, tempat seperti ini juga tidak direkomendasikan dalam konsep feng shui.

Tempat usaha dengan pencahayaan yang kurang akan berdampak negatif pada usaha yang kamu jalankan. Maka dari itu, pastikan tempat usahamu dan lingkungan di sekitarnya mendapat suplai pencahayaan yang cukup.

Jika tempat usahamu sudah sesuai dengan panduan feng shui, berikutnya kamu tinggal mengembangkan bisnis agar lebih besar lagi. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan Akses Pinjaman dari OCBC untuk mendapat tambahan modal usaha.

Salah satunya kamu bisa memilih produk Kredit Modal Kerja, yaitu solusi untuk pembiayaan kebutuhan operasional usaha. Produk ini menawarkan banyak kemudahan, mulai dari fleksibilitas dalam hal cicilan hingga proses pengajuan yang cepat dan mudah.

Syarat pengajuan Kredit Modal Kerja yaitu WNI, minimal usia 21 tahun atau sudah menikah, serta tidak masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia dan OCBC.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi OCBC mobile untuk mulai mengajukan Kredit Modal Kerja.

Baca juga: 11 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan, Ini Dia Daftarnya!


Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 18 Apr 2024

bisakah-kpr-rumah-second-tanpa-dp-berikut-penjelasannya

Read

Education - 3 Apr 2024

5 Tempat Bukber Estetik dan Instagramable di Jakarta

View All

Related Product

Individu

Individu

OCBC banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile