Luncurkan Creative Hub Ruang Kreasi, OCBC Dukung UMKM #BeraniNaikLevel dengan Memfasilitasi Kreativitas Marketing dan Digital

1 Mar 2024

Jakarta, 1 Maret 2024 – Tegaskan komitmen untuk terus menyalakan semangat UMKM Indonesia agar #BeraniNaikLevel, OCBC meluncurkan sebuah creative hub lembaga keuangan pertama di Indonesia bernama Ruang Kreasi by OCBC. Creative hub ini hadir untuk mendukung dan memfasilitasi kreativitas dan kegiatan pemasaran UMKM agar bisnis mereka bisa meningkatkan daya saing di tengah kompetisi yang semakin ketat. Ruang Kreasi by OCBC menyediakan berbagai fasilitas penunjang untuk UMKM, termasuk ruangan studio foto, ruangan kerja dan kolaborasi, area kreatif tempat live, photoshoot, sampai area membuat video untuk kegiatan pemasaran.

Menurut riset OCBC Business Fitness Index 2023, sebanyak 66% UMKM telah memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk mendukung pertumbuhan usaha mereka. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian UMKM sudah sadar akan pentingnya memanfaatkan digitalisasi dalam pemasaran bisnis. Namun, untuk meningkatkan daya saing, UMKM perlu terus didukung dalam hal inovasi, kreativitas, dan pemasaran.

“UMKM harus terus meningkatkan daya saing, karena inovasi dan keativitas lah yang akan membuat bisnis stand outt di antara yang lain. Namun, banyak juga UMKM yang masih pemula dalam pemasaran digital dan sosial media, sehingga kadang mereka tidak tahu harus mulai darimana, atau belum memiliki tempat atau fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mereka. Inilah yang menjadi latar belakang OCBC menghadirkan Ruang Kreasi, tempat di mana mereka bisa mulai berinovasi, mengasah kreativitas, dan berkolaborasi.” Ujar Amir Widjaya, Marketing & Lifestyle Business Division Head, OCBC.

Edho Zell, founder Social Bread, sebuah digital marketing marketplace melanjutkan, “Meskipun kebanyakan bisnis sudah beralih ke ranah digital, namun masih banyak pelaku usaha yang masih belum merasakan dampaknya dan belum mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. Kebanyakan UMKM kesulitan mengembangkan bisnis mereka secara online, di antaranya karena keterbatasan SDM, keahlian, dan keterampilan untuk mengelola dan memaksimalkan kegiatan pemasaran digital mereka.”

Dalam usaha untuk naik level, UMKM dapat memaksimalkan peranan creative hub sebagai penyedia sarana dan fasilitas untuk menunjang kegiatan promosi digital mereka. UMKM juga dapat menggabungkan fasilitas Ruang Kreasi dengan berbagai produk dan solusi Nyala Bisnis dari OCBC, yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan pebisnis yang semakin dinamis.

“OCBC menawarkan solusi finansial usaha berbasis edukatif dan konsultatif. Tidak hanya memberikan solusi finansial hingga akses modal usaha yang mudah, tetapi juga membangun sistem pendampingan yang mendukung secara menyeluruh melalui Business Fitness Solution/Solusi Kesehatan Bisnis. OCBC juga terus mendukung UMKM untuk go digital lewat solusi layanan yang terus ditingkatkan untuk menjadi semakin mudah, dan cepat dan nyaman untuk di akses,” ujar Sari Kartika, SME Proposition Division Head, OCBC. “Dengan menggabungkan produk dan solusi yang semakin komprehensif, ditambah dengan fasilitas creative hub yang mengasah kreativitas dan inovasi, UMKM Indonesia bisa semakin berani untuk terus naik level,” tambahnya.

Dengan dibukanya Ruang Kreasi untuk nasabah Nyala Bisnis di tahun 2024 ini, OCBC memiliki target untuk membantu sekitar 100 UMKM meningkatkan kreativitas dan literasi teknologi lewat berbagai program, termasuk Nyala Bisnis Kreasi Class, yaitu kelas edukasi bisnis dengan pakarnya. Kegiatan ini ditargetkan mulai dijalankan di Q2 2024, yang khusus dibuka untuk nasabah Nyala Bisnis.

Ruang Kreasi by OCBC ini terletak di Pasar Intermoda BSD yang dekat dengan transportasi umum, sehingga mudah dijangkau oleh UMKM. Creative hub ini memiliki tiga lantai yang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM, dengan studio foto di lantai satu untuk mengambil foto model atau katalog. Di lantai dua terdapat ruang kolaborasi untuk coworking space dan control room, dan di lantai tiga tersedia ruangan-ruangan yang bisa digunakan untuk siaran livestream, photoshoot, dan video shooting. Studio livestream di Ruang Kreasi by OCBC ini bisa digunakan dengan melakukan reservasi melalui web.ocbc.id/bookruangkreasi.

Tentang OCBC Indonesia
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC Indonesia’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 82 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Desember 2023, OCBC Indonesia melayani nasabah melalui 199 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 496 ATM OCBC Indonesia, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC Indonesia pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC Indonesia merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, OCBC Indonesia

OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbc.id,
Mobile: 62-8118725945
Nadya Maharani
Publicist
nadya.maharani@ocbc.id
Mobile: 62-8119812329

Berita untuk inspirasi

Baca
RUPST 2024 OCBC Indonesia

Event - 18 Mar 2024

OCBC’s 2024 Annual General Meeting of Stakeholders “More Resilient and Go Far Beyond with Sustainable Business Practice”

Baca
Penanaman Mangrove OCBC Indonesia

Event - 30 Nov 2023

OCBC Indonesia Affirms Its Environmental Commitment by Planting Mangroves with the Mangrove Jakarta Community

Lihat Semua