15 Ide Pekerjaan Sampingan, Untung Besar dan Hemat Waktu!

25 Sep 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Pekerjaan sampingan merupakan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan bisa dilakukan siapa saja. Yuk, ketahui ide pekerjaan sampingan di sini!

Pekerjaan sampingan adalah salah satu cara agar memperoleh uang tambahan. Ada banyak pekerjaan sampingan online atau offline yang bisa dicoba oleh semua kalangan tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga, waktu dan uang.

Nah, apa saja pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, pelajar, dan ibu rumah tangga tersebut? Yuk cek beberapa daftarnya di sini.

Ide pekerjaan sampingan untuk pelajar

Sebagai pelajar bukan berarti tidak dapat menghasilkan uang sendiri. Terdapat pekerjaan sampingan untuk pelajar tanpa mengganggu kewajibannya menuntut ilmu. Inilah daftar pekerjaan sampingan untuk pelajar.

  1. Berjualan pulsa dan paket internet
    Kebutuhan pelajar akan pulsa dan paket data dapat dijadikan peluang untuk menambah uang saku. Jualan pulsa dan paket internet berpotensi menguntungkan, sebab sekolah online membuat pelajar harus bersekolah secara daring dan membutuhkan referensi belajar via internet.

    Modal untuk berjualan pulsa dan paket data tidak besar. Anda bisa mendaftarkan diri pada agen pulsa terdekat. Setelah itu bisa mulai berjualan pulsa dan paket data internet kepada teman-teman. Dijamin bisa menambah uang jajan loh!

  2. Bekerja sebagai freelance writer
    Apabila Anda sebagai pelajar memiliki keahlian menulis, jadikan skill tersebut menjadi pekerjaan sampingan. Pekerjaan ini tak memerlukan modal sama sekali. Anda hanya bermodal keterampilan menulis, ketelatenan, kreativitas, dan imajinasi.

    Anda bisa memperoleh pekerjaan menulis melalui situs freelance online. Dengan menjadi freelance, Anda memiliki kebebasan untuk mengerjakan kapan dan dimana. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan pekerjaan ini di luar jam sekolah.

  3. Berjualan jajan
    Anda bisa menyetok aneka makanan ringan dengan membelinya di pasar secara grosir. Kemudian bawalah ke sekolah untuk dijual. Usahakan menjual jenis makanan ringan yang enak dan belum tersedia di kantin. Agar teman-teman Anda tertarik untuk membelinya.

    Pekerjaan sampingan ini hanya dilakukan saat jam istirahat saja. Sehingga Anda tetap bisa mengikuti pembelajaran dan dapat menjalankan kewajiban sebagai pelajar.

  4. Menulis buku
    Pekerjaan sampingan berikutnya adalah menulis buku. Buku yang ditulis oleh anak-anak atau pelajar masih sedikit. Anda bisa memanfaatkan peluang untuk menulis buku sesuai genre anak.

    Menulis buku tentang cerita pendek dan novel atau membuat komik bisa dilakukan. Sesuaikan dengan kemampuan dan ketertarikan Anda.

    Setelah selesai menulis, cobalah untuk mengirimkan tulisan pada penerbit. Jika diterima oleh penerbit, maka buku Anda akan terbit dan memperoleh keuntungan royalti. Menarik bukan?

  5. Menjadi penyiar radio
    Profesi penyiar radio lokal biasa membuka lowongan pekerjaan juga untuk pelajar. Bagi Anda yang gemar berbicara dan mengobrol dengan orang lain, profesi penyiar radio tepat untuk Anda. Keuntungan menjadi penyiar radio tidak hanya menambah uang saku saja tetapi Anda mendapatkan pengalaman dan teman-teman baru.

Ide pekerjaan sampingan untuk mahasiswa

Bagi Anda, seorang mahasiswa yang tidak ingin hanya mengandalkan kiriman orang tua saja, yuk mulai mendapatkan penghasilan tambahan melalui pekerjaan sampingan. Inilah ide pekerjaan sampingan mahasiswa.

  1. Menjadi barista atau waiter
    Bisnis cafe atau coffee shop sedang berkembang saat ini. Karena target konsumen adalah anak muda sehingga lokasinya tidak jauh dari aktivitas pemuda terutama daerah kampus. Biasanya mereka juga akan membuka lowongan pekerjaan part-time untuk mahasiswa. Agar karyawan dan pembeli dari anak muda bisa saling terbentuk "chemistry-nya".

    Anda bisa mengambil tawaran pekerjaan sampingan ini. Selain menguntungkan untuk menambah uang saku, pekerjaan ini tidak akan mengganggu kuliah Anda. Sebab pekerjaan dilakukan secara paruh waktu dan waktu bekerja bisa disesuaikan dengan kuliah Anda.

  2. Menjadi guru les atau tutor
    Berstatus mahasiswa bisa membuka peluang mencari cuan melalui bimbingan belajar. Anda bisa menjadi guru les atau tutor. Coba untuk mendaftar pada bimbingan belajar terdekat. Anda juga bisa membuka les-lesan sendiri dengan menawarkan pada pelajar.

    Tak harus bidang akademik, Anda bisa mengajar kursus bidang lainnya. Jika Anda memiliki keahlian lain seperti bernyanyi, berenang, bermain alat musik dan sejenisnya, silahkan untuk membuka kursus bidang tersebut.

  3. Bekerja sebagai ojek online
    Ojek online dapat menjadi penghasilan tambahan bagi mahasiswa. Pekerjaan sampingan ini tidak memerlukan modal besar dan skil khusus. Anda hanya dituntut untuk bisa mengendarai sepeda motor atau mobil.

    Untuk menelusuri rute penumpang, Anda hanya mengandalkan aplikasi peta digital. Selain menguntungkan, ojek online bisa dikerjakan di luar jadwal kuliah. Sehingga sangat fleksibel sekali.

  4. Menjual jasa desain
    Apabila Anda memiliki kemampuan mendesain atau menggambar, jangan sia-siakan skill tersebut. Dari keahlian tersebut dapat membuka peluang agar Anda memperoleh penghasilan. Saat ini banyak elemen bisnis yang membutuhkan desain, namun tidak semua orang memiliki keahlian tersebut.

  5. Menjadi Fotografer dan Videografer
    Banyak masyarakat membutuhkan jasa ini untuk pernikahan, bisnis, atau event. Anda bisa menawarkan jasa tersebut pada mereka. Pekerjaan ini hanya bermodal kamera dan keahlian. Jika Anda belum memiliki kamera, cobalah untuk meminjam teman atau menyewa pada rental kamera.

Ide pekerjaan sampingan ibu rumah tangga

Berperan sebagai ibu rumah tangga bukan menghalanginya untuk tetap bekerja dan berpenghasilan. Ada banyak lowongan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah oleh ibu rumah tangga. Berikut rekomendasinya.

  1. Membuat kerajinan tangan
    Sebagai ibu rumah tangga, Anda tentunya akan menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Manfaatkan dengan membuat aneka kerajinan tangan yang bisa dijual. Modal yang diperlukan hanya barang-barang bekas dan kreativitas.

    Kerajinan tangan biasa dipesan untuk souvenir, penghantar seserahan pernikahan, dan pembuatan hampers serta parcel.

  2. Jasa catering
    Biasanya ibu rumah tangga memiliki skill memasak. Manfaatkan skill tersebut menjadi keuntungan. Membuka catering untuk acara-acara tertentu seperti arisan, pengajian, dan sebagainya. Coba tawarkan pada tetangga dan teman yang membutuhkan.

  3. Layanan antar-jemput
    Tidak seluruh orang tua bisa mengantar dan menjemput anaknya yang sedang bersekolah. Cobalah untuk menawarkan jasa layanan antar-jemput pada mereka. Jika Anda juga memiliki anak di sekolah yang sama, tentu akan menghemat pengeluaran bensin.

  4. Membuka jasa menjahit
    Saat ini penjahit banyak dibutuhkan untuk menjahit kebutuhan seragam sekolah, pakaian pernikahan, dan seragam kantor. Apabila Anda mempunyai kemampuan menjahit, maka peluang tersebut dapat dijadikan keuntungan.

  5. Menjadi ilustrator
    Jika ibu rumah tangga memiliki skill menggambar atau dalam bidang ilustrasi, keahlian tersebut dapat menjadi cuan. Pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dari rumah. Anda harus memiliki beberapa alat gambar dan kreatifitas.

Di atas merupakan rekomendasi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa, pelajar, dan ibu rumah tangga. Memiliki peran dan kewajiban khusus, bukan berarti menghalangi Anda untuk berpenghasilan mandiri. Tertarik mencoba salah satu pekerjaan sampingan tersebut?

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi

Download OCBC mobile