Cara Cek BI Checking di OJK Online, Mudah Hanya Pakai HP

3 Mei 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Cara cek BI Checking di OJK online bisa dilakukan lewat HP. Ini langkahnya.

Bagi segelintir orang, mengajukan kredit memang sedikit susah. Pasalnya, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh debitur/pemohon kredit, salah satunya adalah lolos BI Checking.

BI Checking adalah informasi berisi riwayat pelunasan kredit atau pinjaman seseorang yang bisa diakses oleh seluruh bank. Anda perlu memahami hal-hal seputar blacklist atau daftar hitam BI Checking yang bisa membuat sobat OCBC NISP langsung ditolak saat mengajukan kredit. Bagaimanakah itu? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.


Apa itu BI Checking?

BI Checking adalah sebuah Informasi Debitur Individual (IDI) Histori yang memberikan rekam jejak soal kelancaran atau kemacetan angsuran kredit. Rekam jejak tersebut merupakan data valid yang dikumpulkan secara sistematis untuk menentukan apakah seorang debitur mampu dalam membayar utang atau tidak.

Data tersebut digunakan untuk menentukan kelayakan calon debitur. Jika rekam jejaknya menunjukkan banyaknya kemacetan ketika membayar kredit, maka debitur tersebut akan berpotensi ditolak. Sebaliknya, jika pembayaran cicilannya lancar, maka potensi penerimaan pengajuan kredit baru akan lebih besar.

Tidak sedikit individu atau calon debitur yang lantas kecewa setelah mendapatkan kabar bahwa permohonan kreditnya tidak disetujui bank. Kenapa? Karena ada catatan buruk yang terekam dalam BI Checking.


Blacklist BI Checking

Blacklist BI Checking adalah sebuah daftar hitam yang menyatakan bahwa individu tidak bisa mengajukan kredit karena catatan kredit sebelumnya macet.

Contohnya, seorang karyawan di Malang bernama Devanda (23) tengah mengajukan kredit di bank. Ternyata saat melihat BI Checking, Devanda masuk ke blacklist karena lupa belum membayar utang selama 3 bulan ke belakang.

Agar Devanda mampu mengajukan kredit lagi, ia perlu melunasi utang-utang sebelumnya, sehingga rekam jejak kreditnya tidak macet dan ia bisa keluar dari daftar hitam tersebut.


Cara cek BI Checking di OJK Online

Dengan teknologi yang kian canggih, sekarang ada pilihan untuk menggunakan cara cek BI Checking online. Anda tidak perlu repot-repot bepergian dan tinggal mengaksesnya lewat gawai/handphone yang sobat OCBC NISP miliki.

Jika sudah tidak sabar menemukan apakah Anda termasuk dalam Blacklist BI Checking atau tidak, terdapat 10 tahapan cara cek BI Checking di OJK Online yang bisa diterapkan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Buka Konsumen OJK
    Cara cek BI Checking via hp yang pertama adalah dengan membuka lama konsumen OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sobat OCBC NISP bisa mengunjungi laman https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.

  2. Pilih jenis informasi debitur serta tanggal antrean
    Cara cek BI Checking via hp berikutnya adalah memilih jenis informasi debitur serta tanggal antreannya. Anda bisa mengisi Jenis Pemohon, Tanggal Layanan, dan Kantor OJK yang diinginkan. Kemudian, sobat OCBC NISP memilih jam antrean yang masing-masing memiliki 100 kuota.

  3. Lengkapi seluruh data yang dibutuhkan dengan benar
    Ketiga, cara cek BI Checking adalah Anda harus melengkapi seluruh data yang dibutuhkan dengan benar. Contohnya seperti nama lengkap, NIK, tempat tanggal lahir, nomor telepon, email, serta alamat.

  4. Upload/unggah foto/scan dokumen asli yang diperlukan
    Cara cek BI checking berikutnya adalah mengunggah foto atau scan dokumen asli yang diperlukan. Dokumen yang diperlukan biasanya adalah KTP. Jadi, siapkan foto atau scan KTP asli Anda.

  5. Periksa email dari OJK
    Cara cek BI Checking online selanjutnya adalah memeriksa email dari OJK. Email tersebut berisi Bukti Registrasi Antrean SLIK Online.

  6. OJK melakukan verifikasi data
    Cara cek BI Checking online selanjutnya adalah menunggu OJK melaksanakan verifikasi data Anda. Apabila datanya sudah terverifikasi, sobat OCBC NISP akan mendapatkan email terkait hasil verifikasi Antrean SLIK Online. Biasanya paling lambat H-2 dari tanggal antrean.

  7. Ikuti instruksi email
    Cara cek BI Checking yang ketujuh adalah ikuti instruksi email. Jika datanya sudah terverifikasi, Anda bisa mengikuti instruksi yang dijelaskan dalam email, antara lain:

    1. Mencetak formulir yang tersimpan dalam email untuk melengkapi data serta membubuhkan tanda tangan sebanyak 3 kali.
    2. Anda perlu memfoto atau scan formulir yang telah dilengkapi tanda tangan dan mengirimnya ke nomor WhatsApp di badan email, lengkap bersama foto selfie dengan menunjukkan KTP.
    3. Kemudian, OJK akan melanjutkan verifikasi via WhatsApp dan melakukan panggilan video apabila dibutuhkan.
  8. Jika Anda mengajukan Permintaan Informasi Debitur Perseorangan sebagai ahli waris
    Untuk permintaan khusus, misalkan Anda mengajukan Permintaan Informasi Debitur Perseorangan sebagai ahli waris, maka terdapat dokumen tambahan yang perlu disertakan pada saat verifikasi via Whatsapp. Dokumen tambahan tersebut adalah:

    1. Akta/Surat Keterangan Kematian
    2. Akta/Surat Keterangan Ahli Waris
  9. Pengiriman hasil iDeb SLIK dan cara membaca iDeb lewat email
    Apabila data yang dikirimkan sudah lolos tahap verifikasi, OJK akan mengabari Anda dengan mengirimkan hasil iDeb SLIK serta cara membaca iDEB lewat email.

  10. Jika membutuhkan informasi tambahan
    Cara cek BI Checking yang terakhir, jika sobat OCBC NISP memiliki pertanyaan terkait SLIK atau mengalami kesulitan tertentu, Anda bisa menghubungi layanan konsumen di bawah ini:

    - Telepon: 157
    - Email: konsumen@ojk.go.id
    - WA: 081-157-157-157


Dengan memahami apa itu BI Checking, blacklist atau daftar hitamnya, serta cara cek BI Checking di OJK Online, sobat OCBC NISP bisa mengetahui apakah ada potensi untuk mengajukan kredit ke bank atau tidak.

Jika Anda masih “ternoda” dan termasuk dalam blacklist, alangkah baiknya membayar utang lama terlebih dulu. Jangan sampai Anda pulang dari bank dengan tangan hampa. Yuk cek sekarang!

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile