10 Strategi Marketing Online, Efektif Tingkatkan Jualan!

27 Sep 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Melakukan pemasaran online menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan di masa kini. Ketahui berbagai strategi marketing online di sini.

Internet telah mengubah banyak hal di dunia, termasuk dunia bisnis. Di zaman sekarang, bisnis akan lebih sulit berhasil jika tidak memanfaatkan internet, terutama kegiatan marketing. Tapi tidak perlu khawatir, di pembahasan kali ini kami akan membahas strategi marketing online yang efektif untuk bisnis Anda!

Apa Itu Strategi Marketing Online?

Strategi adalah gabungan rencana dan teknis penting guna mencapai kemenangan. Dengan demikian, strategi marketing online adalah rencana dan teknis untuk melakukan pemasaran menggunakan internet.

Strategi marketing online yang efektif ada beragam bentuknya, sesuai platform yang ingin Anda serang pangsa pasarnya. Beberapa platform tersebut di antaranya:

  1. Platform media sosial
  2. Platform marketplace
  3. Platform UGC (user-generated contents)
  4. Platform website
  5. Platform search engine

Semakin banyak platform Anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran, akan semakin luas jaringan pasar Anda.

10 Strategi Marketing Online yang Efektif Buat Bisnis

Ada beberapa strategi marketing online untuk meningkatkan penjualan bisa Anda lakukan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Social Media Marketing
    Strategi marketing online yang efektif pertama adalah social media marketing. Dari 274 juta penduduk di Indonesia, 170 juta kepala adalah pengguna aktif media sosial. Oleh karena itu, media sosial adalah salah satu platform terampuh untuk menerapkan strategi marketing Anda.

    Ada beberapa platform media sosial paling tren digunakan masyarakat Indonesia, seperti Tiktok, Instagram, Twitter, dan Facebook. Namun demikian, Anda perlu mempersiapkan beberapa strategi marketing online sekaligus, karena algoritma tiap media sosial berbeda-beda.

  2. Search Engine Optimization (SEO)
    SEO adalah upaya strategi marketing online untuk meningkatkan penjualan melalui indexing Google. Apabila kita punya website dengan konten-konten menduduki peringkat 1 Google, maka brand exposure kita akan lebih baik dibanding kompetitor dengan peringkat di bawah kita.

    Untuk menerapkan strategi SEO, Anda perlu membuat konten-konten website dengan sesuai syarat indexing Google. Beberapa syarat yang perlu dipenuhi misalnya konten mengandung kata kunci sesuai, UI/UX baik, bounce rate rendah, dan tingkat share tinggi.

  3. Search Engine Marketing (SEM)
    Sekilas, SEM tampak mirip dengan SEO. Akan tetapi, strategi SEO dilakukan secara organik, murni tanpa membayarkan biaya. Sedangkan SEM memerlukan Anda untuk membayarkan sejumlah biaya iklan pada Google.

    Saat membuka sebuah website di Google, Anda mungkin pernah melihat banner iklan bermunculan? Nah, banner-banner tersebut berasal dari pengusaha yang membayarkan sejumlah biaya ads ke Google.

  4. Content Marketing
    Content marketing adalah salah satu strategi marketing online yang efektif dilakukan di media sosial. Content marketing ini bisa berbentuk tulisan, gambar, maupun video. Dalam penerapan strategi content marketing, Anda bisa menggunakan metode soft-selling, hard-selling, dan semacamnya.

    Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa content marketing sangat bergantung pada tren. Jika ingin menerapkan strategi ini, pastikan Anda selalu riset jenis konten yang sedang disukai pasar.

  5. Visual Marketing
    Visual marketing adalah cabang dari content marketing, akan tetapi strategi marketing online satu ini fokus kepada seni visual, yaitu gambar dan video. Beberapa contoh konten yang termasuk dalam visual marketing adalah hasil fotografi, digital art, sketsa, dan video iklan.

    Jika Anda ingin membuat toko online, visual marketing adalah salah satu strategi marketing online shop yang wajib Anda kuasai. Jika belum punya keahlian editing, Anda bisa memulai dengan belajar fotografi produk.

  6. App Marketing
    App marketing adalah strategi pemasaran melalui pembuatan aplikasi. Proses ini membutuhkan waktu tidak sebentar, akan tetapi outputnya dapat menjadi investasi Anda di masa depan. Karena aplikasi hanya perlu dibuat sekali, selanjutnya tinggal maintenance saja.

    Jika ingin melakukan app marketing, Anda perlu menyiapkan dana cukup besar untuk development. Akan tetapi biaya ini akan lebih ringan jika Anda mau belajar membuat sendiri aplikasi.

  7. Email Marketing
    Email adalah salah satu platform komunikasi online paling stabil dibanding platform-platform lainnya. Oleh karena itu, email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang perlu Anda coba.

    Untuk menerapkan email marketing, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak. Cukup menyediakan daftar email customer dan konten emailnya saja. Jika ingin proses email marketing lebih mudah, Anda dapat menggunakan perangkat otomasi pengiriman dari developer-developer di internet.

  8. Affiliate Marketing
    Affiliate marketing adalah strategi marketing online yang efektif jika Anda belum memiliki produk sendiri untuk dijual. Saat mengikuti program affiliate, Anda dapat menjualkan produk orang lain dan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

    Saat ini, ada banyak pengusaha menyediakan program affiliate bagi orang lain. Bukan hanya itu, beberapa pengusaha bahkan memberikan bimbingan bisnis dan lapak promosi untuk para affiliate-nya.

  9. Social Media Ads
    Selain content marketing, Anda juga dapat menerapkan strategi marketing online yang efektif berupa advertising di media sosial. Sama seperti SEM, program ini berbayar sesuai tujuan marketing yang ingin Anda capai.

    Sejauh ini, program social media ads paling populer dipakai pengusaha adalah Facebook dan Instagram Ads. Seiring semakin populernya aplikasi Tiktok, saat ini telah lahir juga program Tiktok Ads.

    Apapun media sosial yang Anda pilih untuk melakukan advertising, pastikan Anda telah mempertimbangkan kesesuaian media sosial tersebut dengan tujuan marketing. Selain itu, jangan lupa mempersiapkan konten iklan sesuai karakteristik target advertising Anda.

  10. Integrated Digital Marketing
    Strategi marketing online untuk meningkatkan penjualan yang terakhir adalah integrated digital marketing, atau sederhananya “menerapkan semua strategi digital marketing secara bersamaan”.

    Jika perusahaan Anda memiliki modal dan sumber daya manusia mumpuni, maka tidak ada salahnya langsung menerapkan kesembilan strategi marketing online untuk meningkatkan penjualan yang sudah disebut di atas. Teknik ini sudah diterapkan berbagai start-up di Indonesia dan hasilnya pun tidak mengecewakan.

Itulah penjelasan terkait 10 strategi marketing online yang efektif untuk Anda terapkan dalam menjalankan bisnis. Apapun strategi pilihan Anda, pastikan strategi tersebut sudah dipertimbangkan dampak positif dan negatifnya bagi usaha. Selamat menjadi pebisnis online sukses!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi

Download OCBC mobile