Mengenal Pentingnya Self Reward bagi Diri Sendiri & Contohnya

4 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Self reward adalah suatu bentuk penghargaan bagi diri sendiri. Yuk, simak pentingnya self reward dan apa saja contohnya dalam artikel berikut ini.

Self reward adalah sebuah aktivitas yang kedengarannya remeh, tapi ternyata penting dilakukan. Selain sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri, self reward adalah sebuah sarana mengurangi rasa stres dan kegelisahan diri. Dalam bahasan kali ini, OCBC NISP akan menunjukkan apa itu self reward dan pentingnya, serta beberapa contoh self reward mudah untuk dilakukan.

Apa Itu Self Reward?

Self reward adalah istilah berasal dari kata “self” artinya diri sendiri dan kata “reward” berarti apresiasi atau penghargaan. Jadi, self reward adalah bentuk aktivitas untuk menghargai dan mengapresiasi diri sendiri atas perjuangan dan pencapaian yang telah diraih.

Menjalankan self-reward tidak harus dilakukan ketika Anda berhasil atau sukses mewujudkan mimpi. Anda bisa menerapkan self-reward ketika sedang menjalani sebuah proses. Bahkan saat gagal pun, Anda berhak melakukan self-reward sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras Anda.

Pentingnya Self-Reward bagi Diri Sendiri

Dampak self reward terhadap diri sendiri begitu besar. Menurut psikologi, self reward adalah salah satu bentuk self-healing terampuh bagi orang yang sedang bersedih. Selengkapnya tentang pentingnya self reward adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai Penghargaan Atas Diri Sendiri
    Pertama, pentingnya self reward adalah sebagai bentuk menghargai diri sendiri. Manusia seringkali lupa menghargai orang lain. Akan tetapi, Anda tidak boleh lupa menghargai diri Anda sendiri. Self reward adalah salah satu bentuk penghargaan yang bisa Anda hadiahkan ke diri sendiri setelah berjuang keras.

  2. Penghilang Stres Setelah Melalui Tekanan
    Selanjutnya, pentingnya self reward adalah mampu menghilangkan stress setelah melalui berbagai tekanan. Dalam hidup, pasti Anda akan menghadapi banyak masalah dan tekanan. Hal ini membuat Anda penat dan stress.

    Agar kesehatan mental Anda tetap terjaga, maka Anda perlu melakukan self-reward. Self reward adalah sarana memanjakan diri sendiri sehingga mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Akibatnya, Anda akan lebih berpikir positif dan siap menghadapi realita hidup kembali.

  3. Agar Menjadi Pribadi Lebih Positif
    Terakhir, pentingnya self reward adalah membantu Anda menjadi pribadi lebih baik dan positif. Penghargaan diri sendiri mampu memberikan suntikan motivasi sehingga Anda lebih mampu berpikir positif. Ketika Anda menjadi pribadi lebih positif, Anda pun akan lebih mudah bahagia dan kuat menghadapi ujian kehidupan.

5 Contoh Self Reward Sederhana yang Berkesan

Setelah membahas apa itu self-reward dan manfaatnya, berikut ini ada beberapa contoh self-reward untuk Anda lakukan.

  1. Buat Daftar Hal-Hal Ingin Dicapai
    Poin pertama contoh self reward adalah menyusun daftar hal-hal yang ingin dicapai. Dengan cara ini, Anda akan memiliki tujuan lebih jelas, sehingga hidup pun lebih terarah. Saat Anda merasa punya kontrol atas diri sendiri, Anda akan jadi lebih bersemangat menjalani kehidupan. Sehingga apapun masalahnya, Anda punya keteguhan demi menghadapinya.

  2. Tentukan Bentuk Self-Reward Dari Awal
    Contoh self-reward selanjutnya adalah dengan menentukan hadiah yang ingin Anda beli saat mencapai sesuatu sejak awal sebelum mencapainya. Melakukan hal semacam ini dapat memompa semangat Anda untuk menyelesaikan tugas, karena sudah ada hadiah menunggu Anda saat tugas tersebut selesai.

    Bentuk self-reward yang bisa dijadikan inspirasi seperti melakukan me time, jalan-jalan, membeli barang favorit, memanjakan diri, dan sebagainya. Apapun bentuknya, pastikan self-reward tersebut memang mampu menyenangkan Anda.

  3. Jangan Mengalokasikan Budget Self-Reward Terlalu Tinggi
    Contoh self-reward berikutnya adalah menyenangkan diri dengan hal-hal sederhana dan murah, tapi menyenangkan. Jika Anda mengalokasikan budget untuk self-reward terlalu tinggi, Anda akan terjebak dalam lingkaran foya-foya dengan alasan menghibur diri. Akhirnya, Anda malah terlalu memanjakan diri sendiri dan membuat pendapatan lebih cepat habis.

  4. Beri Jarak Antara Self-Reward Sekarang dan Berikutnya
    Contoh self-reward berikutnya yaitu memberikan batasan waktu self-reward. Hindari terus-menerus memberikan self-reward pada diri sendiri. Jika ingin melakukan self-reward, pastikan sebelumnya Anda sudah menyelesaikan sesuatu yang benar-benar bermanfaat. Selain itu, beri jarak antara self-reward satu dengan self-reward berikutnya agar kesenangan Anda tidak berkurang (akibat terlalu sering melakukan self-reward).

  5. Ingat Kapan Harus Berhenti
    Terakhir, contoh self reward adalah mengetahui batasan. Anda harus memahami kondisi saat lanjut berjuang atau mengambil jeda, hingga berhenti. Selain itu, bentuk self-reward tidak selalu berupa pembelian barang. Justru, istirahat adalah self-reward terbaik saat kita kelelahan (baik secara fisik atau mental). Jika tidak belajar menghargai kesehatan dari sekarang, Anda akan mengalami lebih banyak masalah di masa depan.

Demikianlah penjelasan dari OCBC NISP tentang apa itu self-reward, pentingnya, serta tips melakukan self-reward untuk Anda lakukan. Menghargai diri sendiri tidak harus mengeluarkan biaya mahal kok. Contoh self-reward terbaik untuk dicoba demi masa depan lebih cerah adalah dengan menabung di OCBC NISP! Ada banyak program seru yang dapat Anda ikuti, salah satunya yaitu program Nyala OCBC NISP, jadi join sekarang yuk!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman

Download OCBC mobile