7 Keuntungan Investasi Tanah, Kekurangan, & Tips Suksesnya

6 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Mau investasi tanah tapi masih tidak tahu bagaimana caranya? Begini tips dan cara investasi tanah agar menghasilkan banyak profit.

Investasi tanah adalah salah satu opsi investasi terbaik bagi Anda yang ingin profit dalam jangka panjang. Sama seperti emas, harga tanah tidak pernah mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Meski demikian, membeli tanah tetap punya kelebihan dan kekurangan. Selengkapnya tentang investasi tanah dari syarat, keuntungan, hingga cara investasinya Anda simak di bawah ini.

Investasi Dalam bentuk Tanah dan Syarat-Syaratnya

Investasi tanah adalah salah satu jenis investasi yang diminati banyak orang sejak dulu hingga sekarang. Karena investasi satu ini tidak akan tergerus inflasi, bahkan tiap tahun harganya semakin meningkat.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda perlu mengetahui syarat tanah yang bisa dijadikan investasi untuk menghindari resiko investasi tanah. Beberapa syarat investasi tanah paling ideal yaitu:

  • Legalitas dokumen tanah
  • Prospek peningkatan harga
  • Letak strategis
  • Potensi bencana minim
  • Ukuran sesuai kebutuhan

Keuntungan Investasi Tanah

Ada sangat banyak keuntungan akan Anda dapat saat investasi dalam bentuk tanah lho, berikut ini selengkapnya.

  1. Harga Tanah Tidak Pernah Turun
    Keuntungan pertama investasi tanah adalah harga tanah tidak pernah turun karena sulit termakan inflasi. Sehingga dari tahun ke tahun, harga tanah selalu mengalami peningkatan. Kenaikan harga tanah tiap waktu juga tidak kecil, terlebih bila lokasi tanah Anda terletak pada daerah strategis. Persentase kenaikannya dapat mencapai 100%-200%.

  2. Tanah Bisa Dimanfaatkan untuk Kegiatan Produktif
    Keuntungan kedua yaitu lahan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan produktif. Selama Anda berinvestasi menunggu kenaikan harga tanah, Anda bisa sambil menghasilkan keuntungan dari berbagai aktivitas produktif melalui pemanfaatan tanah.

    Selain mendapatkan imbal hasil dari investasi jangka panjang, Anda bisa memperoleh pemasukan dari aktivitas penggunaan tanah secara produktif. Misalnya sebidang tanah kosong dijadikan lahan bercocok tanam, disewakan, dan sebagainya.

  3. Cocok untuk Investor Risk Averse
    Meskipun memerlukan modal besar, namun investasi ini menjadi keuntungan tersendiri bagi investor risk averse. Pasalnya, resiko investasi tanah dapat dikatakan minim atau bahkan tidak ada potensi kerugiannya. Terlebih, laba dari investasi ini dihasilkan secara pasti. Oleh karena itu, keamanan berinvestasi lebih terjamin.

  4. Tidak Perlu Perawatan Rumit
    Keuntungan selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu instrumen ini tidak memerlukan perawatan cukup intens. Bila Anda sebagai investor praktis bertanya lebih baik investasi tanah atau rumah, maka jawabannya adalah tanah.

    Walaupun tidak diurus, sebidang tanah tidak akan mengalami kerusakan berarti. Berbeda dengan rumah yang harus dirawat agar bersih dan terhindar dari kerusakan seperti kebocoran dan sebagainya.

  5. Cenderung Tidak Mengalami Depresiasi
    Tidak mengalami depresiasi merupakan salah satu keuntungan investasi tanah. Tanah adalah salah satu jenis investasi yang sangat jarang mengalami penyusutan. Investasi satu ini tidak akan pernah mengalami penurunan nilai akibat kerusakan, kehilangan, dan sebagainya.

  6. Minim Risiko Kehilangan
    Selain cocok bagi risk averse, risiko investasi tanah juga sangat minim karena potensi kehilangannya rendah. Tanah tidak mungkin mengalami pencurian, kerusakan, atau tindakan kejahatan lainnya, selama Anda memiliki legalitas dokumen yang menunjukkan bukti sah kepemilikan tanah.

  7. Menjadi Kebutuhan Banyak Orang
    Keuntungan investasi tanah terakhir yaitu tanah merupakan kebutuhan banyak orang. Apalagi jumlah penduduk semakin banyak, pembangunan terus digalakkan dan keperluan akan tempat tinggal atau bercocok tanam juga semakin tinggi. Oleh karena itu, tanah semakin dibutuhkan banyak orang sehingga tidak akan mati.

Kekurangan Investasi Tanah

Dibalik keuntungan investasi ini, rupanya terdapat beberapa kekurangan. Berikut merupakan kekurangan investasi ini yang patut Anda ketahui.

  1. Tanah Termasuk Aset Susah Dicari
    Kekurangan berinvestasi tanah pertama yaitu tanah sebagai aset yang sulit dicari. Banyak orang mengatakan bahwa membeli tanah merupakan “jodoh-jodohan”. Karena mencari tanah sesuai keperluan kita juga sulit. Banyak hal yang harus dipertimbangkan agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembeli.

  2. Berkas Dokumen Tanah Sering Tak Lengkap
    Kekurangan berikutnya yaitu berkas dokumen tanah sering tidak lengkap. Banyak masyarakat terutama di desa tidak menganggap penting sertifikat tanah. Mereka berpikir bahwa memiliki dan memanfaatkan tanah telah menjadi bukti kuat kepemilikan tanah.

    Selain itu, dokumen sertifikat tanah sering dijadikan jaminan dalam mengajukan kredit. Sehingga ketika akan dijual, sertifikat tanah tidak ada karena masih tertahan di bank. Oleh sebab itu, Anda perlu waspada dan hati-hati dalam membeli tanah. Lakukan secara teliti dengan mengecek seluruh dokumen dan legalitas tanah.

  3. Harga Dipengaruhi Lokasi
    Kekurangan berikutnya yaitu harga dipengaruhi oleh lokasi. Semakin strategis lokasi tanah, maka harga tanah semakin tinggi, pastinya imbal hasil semakin besar. Dalam hal ini, Anda membutuhkan modal besar agar memperoleh tanah di tempat strategis sehingga potensi laku di masa depan besar.

  4. Tidak Menghasilkan Profit Secara Rutin
    Terakhir, kekurangan berinvestasi tanah adalah tidak menghasilkan keuntungan secara rutin. Tanah bukan sebagai sumber pemasukan tanah secara tetap. Anda bisa merasakan imbal hasil dalam jangka waktu panjang, setelah biaya tanah naik dan terjual harga tinggi.

Tips Investasi Tanah Agar Berprofit Tinggi

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan berinvestasi dalam bentuk tanah, mungkin Anda tertarik untuk mencobanya. Terapkan tips investasi tanah di bawah ini agar mendapat profit tinggi.

  1. Pastikan Tanah Punya Dokumen Lengkap
    Pertama, tips investasi tanah adalah pastikan tanah memiliki dokumen secara lengkap. Hal ini harus dilakukan agar di masa depan Anda tidak memperoleh masalah besar, misalnya tanah disita dan sebagainya. Cek seluruh legalitas tanah dan pastikan tanah tidak memiliki masalah. Setelah itu, segera lakukan balik nama pada sertifikat tanah agar Anda memiliki bukti kepemilikan tanah secara sah.

  2. Pilih Tanah dengan Lokasi Strategis
    Memilih tanah dengan lokasi strategis merupakan cara investasi tanah yang menguntungkan. Karena potensi imbal hasilnya besar sebab tanah akan mudah laku, meskipun harganya tinggi. Tanah di daerah strategis membuat banyak orang mencarinya sebab peluang penghasilannya besar pula, seperti dijadikan usaha atau sejenisnya.

  3. Manfaatkan Tanah untuk Kegiatan Produktif
    Memanfaatkan tanah untuk kegiatan produktif adalah cara investasi tanah yang menguntungkan. Anda bisa menyewakan tanah, bercocok tanam, atau menjadikan rest area dan peluang penghasilan lainnya, agar tanah produktif menghasilkan keuntungan daripada dibiarkan dalam waktu lama.

  4. Lakukan Riset Harga Tanah Sebelum Negosiasi
    Tips terakhir investasi dalam bentuk tanah adalah melakukan riset harga tanah sebelum negosiasi. Anda harus survei dan mengetahui harga tanah di pasaran. Jangan sampai Anda tertipu sehingga membeli tanah dengan lebih tinggi dari harga normal. Selain itu, cek pula lokasinya apakah sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Demikian pembahasan dari OCBC NISP tentang investasi tanah, kelebihan, kekurangan, serta tips agar bisa menguntungkan. Apapun pilihan investasi Anda, jangan lupa menganalisa profit dan risiko sebelum melakukannya ya!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

KPR Easy Start

KPR Easy Start

KPR untuk generasi muda wujudkan rumah impian dengan angsuran rendah
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Wealth Management

Wealth Management

Download OCBC mobile