Apa itu Kartu GPN? Ini Keuntungan dan Cara Mendapatkannya

11 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Kartu GPN adalah jenis kartu ATM dengan sistem pembayaran nontunai yang terintegrasi secara nasional. Ini dia keuntungan & cara mendapatkan kartu GPN.

Pada akhir 2017 lalu, Bank Indonesia telah meluncurkan sistem jaringan pembayaran antar bank nasional yang disebut sebagai GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Di Indonesia, GPN adalah sistem pembayaran setara dengan VISA dan Mastercard. Berbagai keuntungan dapat dirasakan oleh pemegang kartu GPN. Selengkapnya tentang apa itu GPN, keuntungan, dan cara mendapatkannya bisa Anda simak dalam bahasan berikut.

Apa Itu GPN?

Singkatan GPN adalah Gerbang Pembayaran Nasional. Menurut Peraturan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, Gerbang Pembayaran Nasional adalah sistem standar, switching, dan services yang dibangun dengan seperangkat mekanisme dan aturan yang bertujuan mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

Jadi apa itu GPN adalah sistem yang diinisiasi oleh Bank Indonesia untuk membentuk jaringan antar bank dengan paduan kanal transaksi perbankan dan sistem pembayaran sehingga saling terhubung dan terintegrasi.

Gerbang Pembayaran Nasional telah disahkan pada 4 Desember 2017 di Jakarta dan diresmikan berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

Dalam rangka mendukung kesuksesan Gerbang Pembayaran Nasional, terdapat tiga lembaga yang berperan serta dalam pengelolaan Gerbang Pembayaran Nasional adalah sebagai berikut:

  • Lembaga Standar : Dijalankan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang bertugas menyusun dan mengelola indikator serta standar aktivitas Gerbang Pembayaran Nasional.

  • Lembaga Switching : Ditangani oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronik (ATM Bersama), PT Rintis Sejahtera (ATM PRIMA), PT Jalin Pembayaran Nusantara (ATM Link), dan PT Alto Network (ATM ALTO); untuk memastikan penyelenggaraan switching dalam Gerbang Pembayaran Nasional.

  • Lembaga Services : Diselenggarakan oleh PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN) dengan fungsi pelayanan berbagai kebutuhan operasional industri.

Keuntungan GPN Bagi Penggunanya

Keberadaan GPN membawa banyak dampak positif dalam bidang pembayaran dan keuangan. Bagi pengguna, beberapa keuntungan GPN adalah di bawah ini.

  1. Transaksi Lebih Mudah dan Bisa Dilakukan di Banyak Tempat
    Teknologi GPN membuat semua kanal pembayaran saling terhubung dan ditampung dalam satu sistem. Sehingga bagi pengguna, keuntungan GPN adalah transaksi lebih mudah dan bisa dilakukan di banyak tempat. Anda bisa bertransaksi baik ATM atau mesin EDC yang ada di seluruh Indonesia.

  2. Keamanan Transaksi Lebih Terjamin
    Pengguna tidak perlu merasa khawatir akan kegagalan, penggandaan, atau masalah transaksi lainnya, karena kartu GPN mengandung fitur keamanan yang telah distandarisasi. Kartu GPN adalah kartu transaksi yang dilengkapi teknologi chip guna untuk menyimpan informasi terkait pemiliknya. Chip akan bekerja setelah Anda memasukkan kode PIN 6 digit. Bila PIN tersebut dimasukkan maka Anda tidak bisa melakukan transaksi.

    Dengan demikian, transaksi menggunakan GPN dapat dikatakan aman dari risiko peretasan selama Anda tidak tidak membagikan PIN kepada orang lain. Oleh sebab itu, salah satu keuntungan GPN adalah keamanan transaksi lebih terjamin.

  3. Biaya Administrasi Kartu GPN Lebih Rendah
    Keuntungan berikutnya dari penggunaan GPN adalah biaya administrasi yang lebih rendah. Penggunaan GPN membebankan biaya admin yang lebih murah sebab semua kanal pembayaran telah terhubung sehingga biaya yang diperlukan lebih kecil. Pastinya hal ini membuat Anda semakin hemat dalam bertransaksi.

Keuntungan GPN Bagi Merchant Penyalur Transaksi

Tak hanya dari konsumen saja yang merasakan manfaat GPN, namun juga merchant penyalur transaksi memperoleh berbagai keuntungan GPN, antara lain:

  1. Tidak Perlu Menyediakan Terlalu Banyak Mesin EDC
    Bagi merchant penyalur transaksi, keuntungan GPN adalah tidak perlu menyediakan terlalu banyak mesin EDC. Karena semua kartu GPN dapat digunakan dalam satu mesin EDC. Teknologi GPN mampu membuat satu mesin EDC bisa menerima transaksi dari berbagai kartu ATM seluruh bank di Indonesia. Hal ini membuat efisiensi transaksi dan penyediaan fasilitas.

  2. Merchant Discount Rate Lebih Rendah dan Terstandarisasi
    Karena seluruh data transaksi mengalami proses dalam negeri, maka biaya merchant discount rate menjadi turun. Oleh sebab itu, keuntungan GPN adalah merchant discount rate lebih rendah dan telah terstandarisasi secara nasional. Dibandingkan dengan perusahaan principal asing, pastinya MDR GPN lebih murah sehingga tarik tunai dan biaya transfer beda bank yang lebih rendah.

  3. Meminimalisasi Risiko Penipuan dan Uang Palsu
    GPN adalah sistem pembayaran nasional dimana transaksi dilakukan secara digital melalui mesin ATM atau EDC. Akibatnya, peredaran uang tunai dapat terkontrol sehingga meminimalisasi risiko penipuan dan uang palsu.

Cara Mendapatkan Kartu GPN

Setelah mengetahui banyak keuntungan GPN, pastinya Anda tertarik untuk menggunakannya. Kartu GPN adalah kartu debit yang telah distandarisasi dengan sistem keamanan dan jaringan perbankan untuk memudahkan melakukan transaksi di mana pun.

Di bawah ini akan dijelaskan cara mendapatkan kartu GPN OCBC NISP. Sebelum itu, ketahui kelebihan kartu GPN OCBC NISP yaitu telah terdaftar dalam Gerbang Pembayaran Nasional, bisa diakses di mana dan kapan saja, bebas tarik tunai, serta keamanan transaksi terjamin. Nah, berikut ini cara mendapatkan kartu GPN OCBC NISP.

  • Anda harus membuka rekening OCBC NISP terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan secara offline dengan mengunjungi bank OCBC NISP terdekat di tempat Anda. Kemudian Anda akan dipandu untuk mengisi sejumlah formulir pembukaan rekening.

  • Cara kedua bisa dilakukan secara online melalui aplikasi OCBC NISP. Silahkan menginstal aplikasi OCBC NISP di ponsel Anda. Kemudian lakukan registrasi dan login serta masukkan setoran awal. Setelah berhasil melakukan pembukaan rekening melalui ponsel, Anda bisa mendatangi kantor bank OCBC NISP terdekat untuk mengambil buku tabungan dan kartu GPN OCBC NISP.

Demikian pembahasan dari OCBC NISP tentang apa itu GPN, keuntungan, serta cara mendapatkannya! Kartu GPN adalah salah satu jenis kartu terbaik bagi Anda saat ini, terutama jika Anda lebih aktif melakukan pembayaran nasional. Jadi pastikan punya satu kartu GPN di dompet Anda ya!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile