Apa Itu Depresiasi, Jenis, Contoh, & Cara Menghitungnya

18 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Depresiasi adalah pengurangan nilai suatu aset akibat usia atau durasi pemakaian. Kenali jenis, contoh, dan cara menghitung depresiasi.

Dalam aktivitas operasional perusahaan, terdapat berbagai jenis biaya, depresiasi adalah salah satunya. Biaya depresiasi adalah biaya tak terelakkan yang pasti dialami setiap aset tetap bisnis, seperti gedung, mesin, alat transportasi, dan sebagainya. Oleh sebab itulah, di tiap periode tutup buku, Anda akan selalu menemukan biaya depresiasi di dalam laporan keuangan.

Metode depresiasi ada beberapa, tergantung faktor-faktor dan dari sudut pandang mana Anda menghitungnya. Ingin tahu selengkapnya tentang apa itu depresiasi, rumus, dan cara menghitung depresiasi bisnis Anda? Simak bahasan berikut ini hingga akhir ya!

Apa Itu Depresiasi?

Selama ini, orang selalu memberi pengertian depresiasi dari segi mata uang saja, padahal penggunaannya dalam lingkup ekonomi jauh lebih luas dari itu. Di dunia bisnis, pengertian depresiasi adalah suatu akibat dari konsumsi biaya aktiva sehingga mengalami penurunan nilai dari suatu aset.

Depresiasi banyak digunakan dalam konteks akuntansi, salah satunya guna menghitung usia suatu aset. Semakin lama usia aset atau semakin intens penggunaannya, normalnya kualitas dan kuantitas kerja aset tersebut akan berkurang. Pengurangan fungsi inilah yang disebut sebagai biaya depresiasi.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Depresiasi

Dalam akumulasi depresiasi terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi. Selengkapnya tentang faktor pemengaruh depresiasi adalah sebagai berikut:

  1. Harga Perolehan
    Faktor pertama yang mempengaruhi depresiasi adalah harga perolehan, yaitu harga awal saat perusahaan membeli aset pertamakali. Setiap beberapa periode tertentu, akuntan atau divisi keuangan biasanya melakukan perhitungan biaya depresiasi, dan harga perolehan adalah tolak ukur pertamanya.

  2. Nilai Residu
    Faktor berikutnya yang bisa jadi mempengaruhi nominal biaya depresiasi adalah nilai residu, yaitu nilai terakhir aset setelah tidak bisa didepresiasi lagi. Beberapa perusahaan umumnya punya benchmark berapa nominal residu aset ideal sesuai keinginan. Setelah itu, aset pun dipindahtangankan dengan mempertahankan sisanya dalam penguasaan bisnis.

  3. Estimasi Masa Manfaat
    Estimasi masa manfaat adalah faktor pemengaruh biaya depresiasi berikutnya. Selain berdasarkan nilai residu dan harga perolehan, beberapa perusahaan umumnya punya ekspektasi tertentu kapan suatu aset dinyatakan terdepresiasi sepenuhnya, bisa beberapa bulan hingga 10 tahun tergantung kebijakan perusahaan.

  4. Pola Pemakaian
    Proses pemakaian aset dalam jangka waktu tertentu sangat berpengaruh pada depresiasi, khususnya usia aktiva. Biasanya, semakin berat pemakaiannya, maka estimasi waktu habis manfaatnya semakin cepat. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan rumus depresiasi adalah menjumlahkan beban selama jangka waktu depresiasi.

Manfaat Perhitungan Depresiasi

Perhitungan biaya depresiasi adalah salah satu hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan akuntan saat membuat laporan keuangan. Apabila sengaja dihindari atau dimanipulasi, laporan keuangan berpotensi invalid dan membahayakan berbagai pihak, termasuk pekerja teknis. Selain itu, manfaat perhitungan depresiasi adalah sebagai berikut:

  1. Mendata Perolehan Keuntungan
    Biaya depresiasi adalah hal penting dalam mengkalkulasi laba perusahaan. Oleh sebab itu, manfaat pertama depresiasi adalah mendapatkan informasi perolehan keuntungan. Karena terdapat pengeluaran aktiva awal dan aktiva cadangan dimana wajib dicatat dalam laporan keuangan.

  2. Mengetahui Harga Awal Aset
    Manfaat utama perhitungan depresiasi adalah mengetahui harga awal aset. Dalam akuntansi, aset yang dibeli tidak serta merta hanya ditinjau manfaatnya saja. Tetapi harga awal aset dan penggunaannya patut diperhitungkan dalam depresiasi.

    Pengukuran ini didasarkan pada hak guna kerja dan kepemilikan aset. Gabungan hal tersebut akan menimbulkan harga awal aset dan digunakan dalam perhitungan beban operasional dan keuntungan.

  3. Meminimalisasi Kerugian
    Pembelian aset dapat menjadi sumber kerugian perusahaan, bila aset tersebut tidak mampu menghasilkan produktivitas. Sehingga, salah satu manfaat depresiasi adalah untuk meminimalisir kerugian. Adanya aset, perusahaan akan berpikir untuk memaksimalkan aset dalam menghasilkan keuntungan dan menyiapkan alokasi dana sebagai cadangan membeli aset baru, karena nilainya terus terdepresiasi.

  4. Mengetahui Biaya Depresiasi Tiap Periode
    Manfaat depresiasi terakhir yaitu perusahaan dapat mengetahui biaya depresiasi tiap periode. Biaya depresiasi adalah modal cadangan untuk membeli aset baru karena aset lama tidak bisa dimanfaatkan lagi. Dengan melakukan perhitungan dan pencatatan, perusahaan akan mampu memperhitungkan biaya depresiasi dalam jangka waktu tertentu.
    Hal ini juga akan membantu perusahaan dalam mempertimbangkan pengambilan suatu keputusan berkaitan aset, misalnya kapan harus membeli aset baru, berapa kuantitas produksi maksimal aset, dan sebagainya.

Metode-Metode Perhitungan Depresiasi dan Rumusnya

Cara menghitung depresiasi dapat dilakukan dengan banyak metode depresiasi. Di bawah ini metode dan rumus depresiasi.

  1. Metode Garis Lurus
    Pertama, metode depresiasi adalah metode garis lurus. Metode garis lurus merupakan cara menghitung depresiasi dengan asumsi berdasarkan fungsi dari waktu, bukan dari fungsi pemakaian. Akibatnya, metode garis lurus dianggap kurang akurat sebab hasil konsumsi aset antar periode sama.
    Rumus depresiasi metode garis lurus:
    Nilai Penyusutan = Harga Pendapatan - Nilai Residu : Usia Ekonomis

  2. Metode Beban Menurun
    Metode depresiasi beban menurun adalah cara menghitung depresiasi dengan acuan total pendapatan tahunan dan penurunan saldo. Sehingga beban penyusutan nilainya lebih besar dari periode awal, tetapi mengecil pada periode berikutnya.
    Rumus depresiasi beban menurun:
    Nilai Penyusutan = Harga beli aset x persentase penyusutan

  3. Metode Aktivitas
    Selanjutnya, metode depresiasi adalah metode aktivitas. Cara menghitung depresiasi ini berdasarkan pemanfaatan aset. Sehingga metode ini mengukurnya dari hasil produktivitas aset.
    Rumus depresiasi aktivitas:
    Depresiasi = [(Biaya Perolehan ― Nilai Residu) × Estimasi Usia Penggunaan] : Usia Produktif

  4. Metode Depresiasi Khusus
    Metode depresiasi khusus merupakan cara menghitung depresiasi dengan metode perusahaan atau akuntan. Perhitungan ini guna mencari tahu manfaat dari penurunan nilai aset.

    Dalam hal ini, Anda tidak memerlukan rumus depresiasi, tetapi menggunakan metode kelompok dan metode campuran. Metode kelompok untuk mengukur aktiva homogen dengan kemiripan fungsi. Sedangkan, metode campuran diterapkan berdasarkan akuntan.

  5. Metode Saldo Menurun Ganda
    Metode depresiasi saldo menurun ganda adalah cara menghitung depresiasi berdasarkan biaya penyusutan garis lurus tanpa nilai residu, kemudian dilipatgandakan. Perhitungan ini dapat mengukur depresiasi dengan nilai buku aset setiap awal waktu.
    Rumus depresiasi saldo menurun ganda:
    Depresiasi = (Harga Perolehan : Usia Ekonomis) × 2

  6. Metode Unit Produksi
    Terakhir, metode depresiasi adalah metode unit produksi. Metode unit produksi merupakan cara menghitung depresiasi merincikan perhitungan aset dalam satuan waktu (jam) dan berat (kg).
    Rumus depresiasi unit produksi:
    Depresiasi = (Harga pendapatan - Nilai residu) x (Pemanfaatan aset : Estimasi usia)

Itulah bahasan dari OCBC NISP tentang apa itu depresiasi, faktor, manfaat, cara menghitung depresiasi, serta rumus depresiasi berdasarkan metode perhitungannya! Depresiasi adalah salah satu jenis biaya yang tidak bisa Anda lewatkan saat menyusun laporan keuangan, jadi pastikan Anda paham cara hitungnya ya!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile