Ini Biaya Kuliah Kedokteran di 8 Universitas Ternama Indonesia!

23 Sep 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ingin menjadi dokter? Simak estimasi biaya kuliah kedokteran berikut ini.

Ingin mempersiapkan anak untuk menempuh pendidikan kedokteran? Maka Anda perlu perhatikan berapa biaya kuliah kedokteran saat ini. Faktanya, biaya pendidikan dokter memang sangat mahal. Hal ini dipengaruhi oleh prosesnya yang begitu panjang dan banyaknya kerja praktek.

Memiliki kualitas pendidikan yang bagus dan karir yang menjanjikan di masa depan, membuat banyak orangtua yang berusaha keras untuk mempersiapkan pendidikan dokter untuk anak-anaknya beberapa universitas terbaik.

Oleh karenanya, penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mempersiapkan dana kuliahnya lebih awal. Sebelum itu, yuk cek daftar biaya masuk kedokteran di beberapa universitas ternama di Indonesia, mulai dari negeri hingga swasta.


Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Negeri

Dibutuhkan persiapan yang matang jika Anda ingin memasukkan anak kesayangan ke fakultas kedokteran. Apalagi jika pilihannya di salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) dengan tingkat persaingan yang sangat ketat.

Saat ini, biaya kuliah pendidikan dokter di PTN telah menggunakan sistem UKT. Dengan begitu, semua pembayaran seperti uang gedung, uang pangkal, uang SKS dan biaya lainnya sudah diakumulasikan ke dalamnya.

Meskipun membutuhkan biaya yang sangat mahal, kedokteran tetap menjadi jurusan primadona yang masih banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Berikut ini adalah daftar biaya masuk kedokteran di beberapa PTN terbaik Indonesia.

  1. Biaya Kuliah Kedokteran UI (Universitas Indonesia)
    Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menempati peringkat 201 sebagai kampus terbaik di dunia. Biaya masuk kedokteran di Universitas Indonesia dapat ditentukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan kemampuan penanggung biaya atau diputuskan sendiri oleh penanggung biaya.

    Biasanya, para mahasiswa jalur reguler dikenai besaran UKT sekitar Rp7,5 juta per semester. Jika lama studi Anda 12 semester, maka setidaknya Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp90 juta untuk menjadi lulusan kedokteran UI.

  2. Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Airlangga
    Menjadi salah satu jurusan kedokteran terbaik di Indonesia, tentu banyak calon mahasiswa baru yang ingin masuk kedokteran UNAIR. Namun, selain pengetahuan, Anda juga perlu mempertimbangkan tentang biaya kuliah.

    UNAIR menentukan biaya untuk kuliah kedokteran menjadi dua golongan sesuai dengan jalur masuk calon mahasiswa baru. Berikut ini rincian UKT jurusan kedokteran di Unair.

  3. Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Padjadjaran
    Universitas Padjadjaran menjadi salah satu PTN di Indonesia yang memiliki jurusan kedokteran dengan akreditasi A. Biasanya, biaya kuliah untuk jenjang sarjana dibagi menjadi 2, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Biaya Kuliah Tunggal (BKT). Berikut ini rincian biaya kedokteran UNPAD.

  4. Biaya Kuliah Kedokteran UGM (Universitas Gadjah Mada)
    Universitas Gadjah Mada merupakan kampus tertua sekaligus terbaik di Indonesia versi UniRank 2018. Biaya masuk kedokteran UGM jalur SNMPTN, SBMPTN, PBU hingga UTUL ditentukan dari besaran penghasilan orangtua.

    Bagi yang berminat menjadi dokter gigi lulusan UGM, maka biaya kuliah kedokteran gigi yang harus disiapkan adalah Rp26 juta per semester. Jika masa studi 3,5 tahun dan koas 2 tahun, maka total UKT yang harus disiapkan, setidaknya adalah Rp312 juta.


Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Swasta

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) saat ini juga mempunyai jurusan kedokteran berkualitas dan fasilitas yang memadai sama halnya dengan PTN. Mahalnya biaya kuliah di universitas swasta dapat ditentukan oleh beberapa faktor, seperti kualitas dosen dan fasilitas yang disediakan.

Ketentuan biaya untuk masuk kedokteran PTS berbeda dengan sistem di PTN. Biasanya, ada beberapa jenis biaya tambahan yang harus dibayarkan. Berikut ini adalah daftar perkiraan biaya pendidikan dokter di PTS terbaik Indonesia.

  1. Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Islam Indonesia
    Fakultas Kedokteran UII berdiri pada tahun 2001 di Sleman, Yogyakarta. Proses perkuliahan FK UII dilaksanakan pada beberapa rumah sakit mitra pendidikan di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun besaran biaya untuk kuliah kedokteran di Universitas Islam Indonesia adalah sebagai berikut.

  2. Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Trisakti
    Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti telah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Seperti Pusat Medis Trisakti sekaligus pusat pelayanan kesehatan untuk pengembangan keahlian mahasiswa sesuai dengan IPTEK Kedokteran. Berikut ini daftar biaya masuk kedokteran Universitas Trisakti Jakarta.

  3. Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Pelita Harapan
    Fakultas Kedokteran di Universitas Pelita Harapan (UPH) berdiri pada tahun 2001. FK UPH telah membangun koneksi baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, fakultas ini juga mendirikan Rumah Sakit Umum Siloam di Lippo Village, Tangerang. Berikut perkiraan biaya yang harus disiapkan.

  4. 2. Biaya kuliah Kedokteran di Universitas Tarumanegara (UNTAR)
    Fakultas Kedokteran di Universitas Tarumanagara berdiri sejak tahun 1965. Praktek klinik (Clinical Practice) di UNTAR berlangsung di Sanatorium Dharmawangsa, Rumah Sakit Khusus Jiwa Dharmagraha serta beberapa puskesmas di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Berikut ini biaya yang harus Anda siapkan untuk masuk kedokteran UNTAR.

    Estimasi biaya kuliah beserta SPP di Fakultas Kedokteran UNTAR berkisar antara Rp238 juta - Rp588 juta. Namun, biaya akan bergantung dengan jumlah SKS dan lama masa studi yang dijalankan.


Itulah pembahasan OCBC NISP mengenai total biaya kuliah kedokteran. Pendidikan anak merupakan salah satu investasi masa depan yang perlu Anda siapkan. Karena itu, ada baiknya Anda memperhitungkan dananya dari sekarang!

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile