10 Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Kreatif dan Untung Besar

11 Okt 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Berikut ide usaha yang cocok untuk anak muda, kreatif dan untung! 

Menjadi muda adalah saatnya bagi Anda untuk berkarya sembari mencari keuntungan semaksimal mungkin. Kini, telah banyak usaha yang cocok untuk Anak muda dengan modal kecil dan bisa menjadi pilihan Anda dalam membuka bisnis. Terutama yang bergerak di bidang industri kreatif, misalnya saja youtuber.

Sebagian besar millennial bermimpi sebagai seorang entrepreneur. Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa mulai menggapainya dari sekarang. Untuk memotivasi Anda, berikut OCBC NISP berikan beberapa ide usaha yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil. Check it out!


10 Ide Usaha yang Cocok untuk Anak Muda

Dewasa ini telah banyak inovasi usaha yang diciptakan oleh para millenial. Bahkan, tidak jarang dari yang mengantarkan mereka pada kesuksesan di usia muda. Yuk simak apa saja ide usaha yang cocok untuk anak muda berikut ini.

  1. Freelance
    Freelance adalah usaha yang paling banyak digeluti oleh anak muda saat ini. Pasalanya, pekerjaan ini cukup fleksibel dan tidak menghabiskan banyak waktu. Hal ini membuat para pelajar maupun mahasiswa dapat memulai freelance sembari bersekolah atau kuliah.

    Penghasilan yang didapatkan dari freelance juga tidak bisa disepelekan lho. Sebut saja freelance content writer, Anda bisa mendapatkan Rp20 ribu - Rp60 ribu per tulisan, lumayan bukan? Oleh sebab itu, freelance merupakan pilihan utama usaha yang cocok untuk anak muda.

  2. Coffee Shop
    Jika Anda gemar meracik kopi dan berkumpul bersama teman, ada baiknya passion ini dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha. Membangun coffee shop memang membutuhkan modal yang besar, namun setara dengan banyaknya target pasar dan keuntungan yang didapat.

    Mulailah dengan membuka gerai kecil-kecilan dan memanfaatkan relasi yang Anda punya. Salah satu usaha yang cocok untuk anak muda ini memiliki potensi omzet mencapai Rp 5 juta per harinya loh. Tertarik untuk mencobanya?

  3. Online Shop
    Usaha yang satu ini sudah banyak digeluti oleh para millenial. Anda pasti sudah sering mendengar cerita tentang anak muda yang berhasil mendapat omzet ratusan juta dari online shop. Yup, hal tersebut bukan tidak mungkin terjadi.

    Dalam era digital ini, banyak orang yang lebih memilih untuk belanja secara online. Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha online shop, misalnya pakaian, skincare atau aksesoris. Kelebihannya lagi, Anda bisa menjalankannya di rumah dengan waktu yang fleksibel.

  4. Youtuber
    Sayang jika kemampuan public speaking yang bagus hanya dipendam saja. Anda bisa memanfaatkan passion tersebut untuk memulai karir sebagai youtuber. Selain membutuhkan kreativitas, kepercayaan diri saat di depan kamera juga menjadi hal utama.

    Seperti yang cobat OCBC ketahui, penghasilan youtuber bisa mencapai puluhan juta per video loh! Teapi tentu saja, hal ini harus diiringi dengan konsistensi dan kesabaran. Jika tertarik, Anda bisa membuat konten di bidang kecantikan, horor atau gaming yang sedang banyak disukai audiens.

  5. Usaha Thrift
    Salah satu usaha yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil adalah thrift. Selain sedang populer akhir-akhir ini, thrift juga menawarkan produk dengan harga murah. Tak heran, bila bisnis ini banyak diincar dan memiliki target pasar yang besar.

    Dengan modal paket usaha mulai dari Rp 5 juta saja, Anda sudah bisa membuka bisnis ini dengan keuntungan yang besar. Salah satu jenis thrift yang paling banyak diminati adalah pakaian. Bahkan, tak jarang konsumen berebutan untuk membelinya.

  6. Foto dan Videografer
    Apabila Anda memiliki keahlian dalam mengambil gambar, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memulai sebuah usaha. Visual suatu produk, brand atau seseorang sangat diperhitungkan saat ini. Maka tak heran, banyak yang membutuhkan jasa foto dan videografer.

    Menjadi salah satu usaha yang cocok untuk anak muda, bisnis dibidang jasa ini bisa Anda jalankan di rumah. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang masih menempuh pendidikan. Layaknya sambil menyelam minum air, Anda bisa menekuni hobi sekaligus mendapat keuntungan.

  7. Makanan Kekinian
    Bisnis yang cocok untuk anak muda dan paling banyak diminati adalah makanan kekinian. Makanan seringkali menjadikan FOMO dalam masyarakat. Tetapi, sayangnya situasi ini cukup dinamis. Bisnis makanan cenderung ramai saat awal tren. Sehingga, tidak mudah untuk bertahan dalam persaingan yang semakin pesat.

    Tetapi, hal ini bukan berarti turut menyurutkan semangat Anda dalam berbisnis. Persaingan ini memungkinkan Anda untuk tetap bertahan dengan melakukan inovasi berkala. Buatlah pelanggan selalu penasaran dengan produk baru yang Anda buat.

  8. Franchise
    Ada berbagai jenis franchise yang bisa dibeli untuk membuka sebuah usaha. Anda perlu mempersiapkan modal paling sedikit Rp 5 juta untuk jenis minuman kekinian. Kelebihannya, Anda tidak perlu repot menyiapkan perlengkapan dan supplier. Karena semua telah tersedia dalam paket usaha franchise.

    Anda hanya perlu memastikan modal yang cukup serta lokasi yang strategis. Lokasi sangat berpengaruh dalam kesuksesan berbisnis. Meskipun dengan franchise Anda bisa mendapat target pasar lebih awal, namun tidak akan efektif apabila lokasi bisnis sulit dijangkau.

  9. Jasa Les Privat
    Salah usaha yang cocok untuk anak muda di desa kali ini adalah jasa les privat. Selain mendapatkan penghasilan, Anda juga turut membantu anak-anak di desa mendapat pendidikan berkualitas meski tidak bisa menjangkau tempat les di kota.

  10. Usaha Produk Handmade
    Produk handmade dewasa ini juga cukup digemari. Sebut saja, scrapbook atau aksesoris resin. Beberapa konsumen bahkan rela menunggu pre order untuk mendapatkanya. Karenanya, jika Anda gemar membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk memulai usaha produk handmade.


Itu dia beberapa inspirasi usaha yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil dan tentunya menguntungkan. Kunci dalam membangun usaha adalah konsisten. Jangan khawatir mengenai modal, OCBC NISP siap melayani dan membantu melalui fitur Kredit Modal Kerja yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat.


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile