Tapering di depan mata, apa dampaknya?

25 Okt 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Kekhawatiran kapan bank sentral Amerika Serikat (AS) akan melakukan tapering, nampaknya sudah mulai mereda. Rilis notulen rapat bank sentral AS, The Fed, pada bulan Oktober 2021, mengisyaratkan bahwa The Fed akan mulai melakukan pengurangan pembelian aset oleh bank sentral (tapering) pada pertengahan bulan November 2021. Apa dampaknya?

Tapering ini merupakan salah satu upaya normalisasi kebijakan yang dilakukan pemerintah AS untuk menstabilkan laju perekonomian supaya jangan sampai “overheating”, karena pemulihan ekonomi di AS lebih cepat terjadi, sehingga memicu inflasi yang semakin tinggi.

Dampak tapering untuk kondisi pasar keuangan di Indonesia, terutama untuk pasar saham Indonesia, dinilai lebih terbatas, dan tidak dapat dibandingkan dengan masa tapering sebelumnya di 2013. Dengan indikator makro ekonomi yang lebih baik, kondisi pasar saat ini memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan 2013. Selain itu, dengan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia yang cukup terkendali, pemerintah juga terus mengejar target vaksinasi untuk segera tercipta herd immunity dan dapat kembali membuka aktivitas ekonomi secara penuh.

Dari sentimen eksternal, dengan adanya krisis energi global, Indonesia sebagai salah satu negara produsen dan pengekspor batu bara terbesar di dunia, turut mendulang keuntungan. Sehingga, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami kenaikan tajam dari sektor energi dalam satu bulan terakhir, dengan dukungan dari arus modal investor asing. Meskipun begitu, kami memperkirakan akan terjadi rotasi sektor sebagai dampak dari kenaikan harga batubara yang tinggi.

Kinerja 1 bulan IHSG per 22 Oktober 2021 tercatat 8.77%, sementara indeks LQ45 menguat 12.5% dengan dukungan sentimen tersebut diatas. Return yang cukup fantastis bukan? Bagaimana dengan kinerja reksa dana saham? Ingin investasi sekarang juga? Yuk, akses aplikasi ONe Mobile OCBC NISP sekarang juga, kamu bisa membandingkan kinerja hingga 3 reksa dana, atau kamu bisa kunjungi website https://www.ocbcnisp.com/id/individu/wealth-management/reksa-dana untuk informasi lebih lanjut mengenai produk reksa dana yang ditawarkan di OCBC NISP.

Jangan lupa untuk terlebih dahulu menyesuaikan dengan tujuan investasi dan profil risiko kamu ya, sebelum membuat keputusan investasi. Selamat berinvestasi!

Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca

Edukasi - 30 Apr 2024

Cara Kredit HP Online Tanpa DP dan Kartu Kredit, Hanya Pakai KTP

See All

Produk Terkait

Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman
Wealth Management

Wealth Management

Reksa Dana

Reksa Dana

Kemudahan investasi dengan aman dan nyaman untuk masa depanmu

Download OCBC mobile