Dorong Keterlibatan Karyawan, Bank OCBC NISP Raih Indonesia CSR Awards 2021

10 Nov 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Bank OCBC NISP berhasil raih penghargaan dalam ajang Indonesia CSR Award 2021 bertema New Normal Sustainability yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi. Penghargaan yang diterima Bank OCBC NISP adalah sebagai Best CSR with Outstanding Program in Employees Volunteerism in Educational, Health & Environmental and Humanitarian Development (Sektor: Finance, Subsektor:Bank BUKU 3).

Penghargaan CSR Award 2021 ini diberikan kepada perusahaan swasta di berbagai sektor sebagai bentuk apresiasi dan juga penyemangat untuk dapat terus meningkatkan pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan yang dapat menjawab atau mengatasi berbagai tantangan yang hadir dan bisa beradaptasi pada era baru roda perekonomian di Indonesia. Penghargaan ini menambah prestasi Bank. Meski di tengah situasi menantang sekali pun, Bank OCBC NISP tetap konsisten menjalankan program-program CSR berkelanjutan yang menyediakan wadah bagi karyawan untuk berpartisipasi aktif dalam mengatasi masalah-masalah sosial yang ada. Tentunya, Penghargaan atas CSR Bank OCBC NISP ini juga menjadi bukti nyata bahwa Bank OCBC NISP berkomitmen meningkatkan kualitas hidup masyarakat lewat pemberian manfaat kepada, tidak hanya nasabah tetapi juga Indonesia dan masyarakat secara luas lewat program-program CSR yang dijalankan secara berkelanjutan.


CSR Bank OCBC NISP

Selama lebih dari 80 tahun menjadi bagian tak terpisahkan dari Indonesia, Bank OCBC NISP berkomitmen untuk Tumbuh Bersama Masyarakat Indonesia lewat berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Growths - SDGs). Oleh karena itu, Bank OCBC NISP memfokuskan program CSR ke dalam tiga pilar utama, di antaranya;

  1. Pilar edukasi dan kewirausahawan – DiskusiON
    Bank menunjukkan komitmennya dengan menghadirkan ekosistem edukasi praktis terkait manajemen keuangan dan pengenalan berbagai produk dan layanan perbankan bagi masyarakat agar dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat. Salah satu program DiskusiON yang Bank jalankan, ialah melalui ONPreneurship dan WTalks

      ONPreneurship & Wtalks merupakan inisiatif Bank dengan mengajak para mitra, untuk menghadirkan ekosistem edukasi praktis. Dibangun secara comprehensive, ONPreneurship & WTalks memenuhi kebutuhan pelaku usaha dari skala bisnis mikro, kecil sampai menengah, mulai dari peningkatan skill dan wawasan hingga ruang untuk networking.

      Yang terbaru, Bank bekerja sama dengan Kompas Gramedia Group untuk menghadirkan rangkaian program khusus pelaku UMKM bertajuk "ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat". Di sini, para pelaku UMKM diajak untuk memperdalam skill bisnis lewat rangkaian pelatihan dan pemberdayaan keuangan, mulai dari fase Webinar, Networking dan BootCamp. Melalui ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat, Bank OCBC NISP menghadirkan pembicara dan expert sebagai coach di masing-masing pelatihan, di antaranya; coach digital fit, marketing fit, branding fit, financial fit, sampai dengan tips praktis mendapatkan funding bisnis.

  2. Pilar kesehatan dan lingkungan
    Berfokus pada lingkungan dan kesehatan, Bank berdayakan Indonesia lewat program pembangunan infrastruktur ramah lingkungan, serta pemberian edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial, keahlian dan daya saing masyarakat, serta pengembangan bisnis lokal dengan prinsip yang berkelanjutan. Salah satu wujud nyata dari pilar ini adalah program ONSociety.

      Kegiatan ONSociety merupakan pengembangan dari program Desaku Terang yang telah dilakukan sejak tahun 2017. Diselenggarakan bersama Eiger Adventure, Citigrower, dan PT Adyawinsa Electrical & Power di Desa Buni Nagara, Ciwidey Bandung, Jawa Barat, Program ONSociety berfokus pada; pembangunan dan perbaikan infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia, serta pengembangan ekonomi dan kewirausahaan; untuk meningkatkan kualitas hidup masyakat dengan menciptakan kemandirian.

  3. Pilar Kemanusiaan/Humanitarian
    Pilar Humanitarian menjadi perpanjangan tangan Bank OCBC NISP untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Pilar ini dikhususkan untuk menjadi langkah philantrophy dan aksi tanggap bencana Bank sebagai bagian tak terpisahkan dari Bangsa Indonesia. Yang terbaru, Pilar Kemanusiaan CSR Bank OCBC NISP diwujudkan lewat Gerakan Bala Bantuan.

      Gerakan #BALABANTUAN ditujukan untuk mendorong masyarakat, komunitas, serta media untuk saling berkolaborasi meningkatkan optimisme menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh situasi pandemi melalui berbagai rangkaian kegiatan sosial. Kegiatan yang dilakukan adalah;

      • Membantu meringankan beban tenaga kesehatan Indonesia dalam memerangi pandemi COVID-19 lewat donasi untuk RS Immanuel untuk penyediaan oksigen bagi pasien-pasien COVID-19.
      • Penyediaan paket bantuan sosial berupa paket sembako untuk masyarakat di sekitar kantor cabang Bank yang terdampak pandemi.
      • Mendukung Yasa Singgih—Co-Founder & CEO Fortius, Forbes 30 Under 30—, membantu para pekerja informal upah harian lewat Charity Webinar - Bersama Langsung Bantu Anak Negeri (BALA BANTUAN). Bersama Yasa, Bank OCBC NISP menghadirkan Charity Webinar Bala Bantuan – UMKM Strikes Back, Bangkit dengan Skema New Normal, dengan topik pembahasan mengenai strategi dan tips manajemen bisnis di era new normal.

      Charity webinar ini mengajak masyarakat (khususnya pelaku UMKM) dan internal Bank perdalam skill bisnis sekaligus perbanyak pahala dengan berdonasi melalui platform Kitabisa.com.


#ONvolunteer

Melalui #Onvolunteer, Bank OCBC NISP menyediakan wadah bagi setiap karyawan yang ingin terlibat secara aktif pada setiap kegiatan CSR Bank OCBC NISP. Program ini memungkinkan segenap karyawan Bank OCBC NISP untuk secara nyata membantu masyarakat meningkatkan kualitas hidup lewat upaya-upaya penciptaan nilai dan pemberdayaan yang berkelanjutan agar masyarakat bisa lebih mandiri, andal, dan sejahtera.

Kamu bisa ikut dorong Indonesia melaju lebih jauh, follow Instagram @ONMelajuJauh. Stay up to date, ambil peran lebih, wujudkan Indonesia #MelajuJauh.

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Hati Senang, Pikiran Tenang dengan Cegah Penipuan!

Baca

Edukasi - 1 Apr 2024

Mengenal Somasi Kartu Kredit dan Cara Menghadapinya

See All

Produk Terkait

OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile