Workshop Wtalks OCBC NISP x PRIEDS — Bisnis UMKM MelajuJauh dengan Data Digital

10 Nov 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

OCBC NISP bekerja sama dengan PRIEDS—perusahaan penyedia sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan perangkat keras (IoT) berbasis cloud yang terintegrasi, mengadakan ONPreneruship untuk bersama-sama membedah kegunaan data dalam bisnis dan bagaimana mengolahnya agar bisnis bisa mendulang cuan lebih banyak.

KELOLA DATA DIGITAL, APA SIH UNTUNGNYA? (20 Agustus 2021)

Tahu gak sih, kegunaan data pada sebuah usaha itu bisa sangat beragam. Apabila sudah terintegrasi dan dikelola dengan baik, data dapat dimanfaatkan untuk setidaknya pada hal-hal berikut nih: (1) mengindentifikasi tren yang sedang berkembang, (2) mengetahui keinginan customer, (3) melakukan perbaikan operasional bisnis, (4) memudahkan pengajuan pinjamaan, (5) menentukan arahan strategi ke depan, (6) hingga meningkatkan revenue & cost efficiency.

Nah, ingin membantu para pelaku usaha #MelajuJauh, Bank OCBC NISP dan PRIEDS di sesi pertama #ONPreneurship - Bisnis UMKM MelajuJauh dengan Data Digital, membantu kamu untuk bisa memilah sistem yang tepat agar pengolahan data bisa mendukung bisnismu dapetin semua manfaat yang data bisa berikan.

  1. Pertama, tentukan kebutuhan bisnismu ‘saat ini memrioritaskan apa’. Jika butuh strategi marketing yang tepat atau memenage operasional lebih baik. Lakukan pada hal yang paling krusial dibutuhkan saat ini agar laju bisnismu lebih teratur.
  2. Kedua, setelah tahu kebutuhan bisnis, tentukan vendor yang paling sesuai dengan profil bisnismu. Kamu bisa telaah latar belakang, tim di dalamnya, teknologi yang dibawa, atau portofolio yang disuguhkan.
  3. Ketiga, pastikan teknologi yang vendor bawa bisa diaplikasikan di berbagai device dan dengan sistem pengamanan yang baik.
  4. Keempat, pengintegrasian menjadi penting saat mempertimbangkan unsur ‘kemudahan’, terutama integrasi sistem pembayaran, pencatatan, dan pengaplikasian. Pilih produk dengan dukungan Integrasi End-to-end.

PASTIKAN PENGELOLAAN DATA, AGAR SALES & MARKETING BERJALAN LANCAR (27 Agustus 2021)

Ada beberapa strategi yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan data. Misalnya, dengan membagi ke dalam dua fase seperti berikut ini.

Fase pertama, yang perlu dilakukan tentu dengan melakukan riset secara berkala. Pengumpulan data baik eksternal maupun internal menjadi sangat esensial di sini.

Mengumpulkan dan menggunakan data, kita bisa ambil mulai dari Google Analytics perangkat lunak pemasaran, analisis sosial, hingga lewat Customer Relationship Manager (CRM). Dari situ, catat semua peluang untuk memahami lebih baik pelanggan dan perilaku online mereka. Selanjutnya buatlah target sederhana berdasar hasil riset yang kamu dapatkan, kemudian utilisasi data dengan baik menggunakan sistem yang menurut kamu paling tepat

Fase kedua, mulailah terapkan di strategi marketingmu. Dalam memasarkan, profil tentu saja akan memainkan peran penting.

Tentukan terlebih dahulu brand & unique value proposition baik atas merk dagang maupun produk yang ditawarkan. Selanjutnya jangkauan, setelah value proposition sudah ada, perluas jangkauan pemasaran menggunakan platform digital; website, e-commerce, blog, dan media sosial. Jika pemasaran sudah berjalan, bersiaplah untuk meningkatkan kemampuan transaksi untuk membuat pelanggan puas. Misalnya; Buat pelanggan bahagia dengan customer service yang baik, dan mengajak pelanggan dormant kembali aktif lewat loyalty program.


WHY DIGITALIZATION? (3 September 2021)

Data apapun jika diolah akan membantu bisnis untuk meningkatkan kapabilitasnya, kemudian digitalisasi dengan pengelolaan data untuk kebutuhan yang tepat juga membantu sebuah bisnis mendorong peningkatan revenue.

Tapi sayangnya, masih ada saja yang belum terdigitalisasi. Padahal, lewat transformasi digital, bisnis bisa mendapatkan berbagai manfaat, misalnya seperti berikut ini.

  1. Proses otomasi yang efektif. Proses yang panjang dalam Operasional bisnis dapat di otomatiskan dengan menggunakan Digitalisasi
  2. Analisis yang lebih mudah dan tepat sasaran. Tidak sekedar otomatis, tapi setiap operasional tersebut dapat disimpan datanya untuk dianalisis utk kebutuhan strategy dan Metrics keberhasilan
  3. Dukungan 'pasar' lebh luas. Luasnya cakupan digital dengan adanya socmed, google ads, dapat dimanfaatkan untuk memperluas market
  4. lebih 'dekat' dengan pelanggan. Mempelajari perilaku customer dan dapat meningkatkan pelayanan dan produk yang diberikan

Penasaran sama tips-tips bisnis lainnya yang bakal dispill di seri webinar WTalks OCBC NISP lainnya? Yuk, follow Instagram @ONMelajuJauh. Stay up to date, ambil peran lebih, wujudkan Indonesia #MelajuJauh.

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 1 Apr 2024

Mengenal Somasi Kartu Kredit dan Cara Menghadapinya

Baca

Edukasi - 11 Okt 2023

10+ Cara Memulai Usaha Catering, Modal Awal, & Keuntungannya

See All

Produk Terkait

Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu

Download OCBC mobile