8 Tips Usaha Warkop Modern, Modal Kecil Untung Besar!

15 Nov 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Simak rincian tips dan modal yang dibutuhkan untuk usaha warkop berikut ini.

Semakin menjamurnya keberadaan coffee shop bukan berarti warung kopi kehilangan peminatnya. Usaha warkop masih menjadi bisnis minuman dengan banyak pelanggan, baik remaja maupun orang tua. Oleh karena itu, jika Anda ingin merintis bisnis, peluang usaha warkop patut dicoba.

Pada artikel kali ini, OCBC akan membahas mengenai modal usaha warkop kekinian serta tips suksesnya. Bagi Anda yang ingin berbisnis di bidang berikut, yuk simak berbagai infonya di bawah ini.


Tips Usaha Warkop untuk Pemula

Meskipun warkop terkesan sebagai jenis usaha yang sederhana, namun agar sukses dalam merintisnya, Anda perlu menerapkan beberapa tips di bawah ini.

  1. Tentukan Target Konsumen
    Menentukan target pasar merupakan sebuah keharusan bagi pebisnis. Hal ini karena dengan memahami siapa saja calon pembeli beserta kebutuhannya, Anda dapat menentukan konsep menu, desain warung, dan harga yang sesuai.

    Misalnya, Anda menargetkan mahasiswa sebagai konsumen utama. Maka pilih lokasi yang tak jauh dari kampus. Selanjutnya, sajikan menu kekinian seperti dalgona coffee, kopi jelly, dan kreasi unik lainnya. Jangan lupa ciptakan dekorasi instagramable dengan konsep favorit anak muda.

  2. Mencari Pemasok Kopi yang Berkualitas
    Agar memiliki banyak pelanggan, sangat penting untuk mencari pemasok bahan berkualitas. Hal ini karena kualitas biji kopi akan berpengaruh pada cita rasanya. Dengan demikian, lakukan survey dan uji coba terlebih dahulu.

    Anda juga dapat menyesuaikan kualitas bahan dengan harga per cangkirnya. Apabila menunya cukup terjangkau, maka carilah kopi yang irit di kantong namun mutunya mampu bersaing Selain itu, usahakan mencari lokasi pemasok terdekat untuk menghemat biaya pengiriman.

  3. Susun Strategi Marketing
    Strategi marketing adalah aspek penting agar bisnis Anda dipadati pembeli. Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok sebagai platform pemasaran secara gratis.

    Selain itu, gunakan jasa content writer, influencer, dan food vlogger untuk mengulas produk Anda. Jangan lupa sediakan diskon maupun promo menarik saat hari besar atau momen tertentu.

  4. Buat Konsep Warung yang Unik
    Setelah menemukan target konsumen, saatnya menentukan konsep warung. Misalnya, apabila Anda menargetkan pasar anak kost yang sering mengkonsumsi mie instan, maka usaha warkop Indomie (Warmindo) dapat menjadi pilihan menarik.

    Selain itu, sesuaikan menu dengan konsep yang Anda usung. Misalnya, untuk konsep usaha warkop Indomie, sediakan menu berbagai kreasi mie instan dan kopi susu nikmat yang harganya pas di kantong mahasiswa.

  5. Berikan Pelayanan Terbaik
    Pelayanan yang ramah sama pentingnya dengan cita rasa. Agar pembeli melakukan repeat order, maka pastikan kedua hal tersebut ada dalam warung Anda. Oleh karena itu, pilihlah barista dan pegawai dengan kepribadian baik, kemampuan sosialisasi, serta pengetahuan di bidang customer service.

  6. Disiplin dalam Pembukuan Keuangan
    Pembukuan keuangan adalah rutinitas penting agar bisnis warkop Anda dapat bertahan dalam waktu lama. Pastikan seluruh arus kas usaha tercatat dengan rapi tiap minggunya. Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan software akuntansi maupun jasa akuntan.

  7. Pilih Lokasi Strategis
    Selain memilih lokasi yang dekat dengan target market, pilihlah lokasi di sekitar keramaian maupun fasilitas umum. Intinya, lokasi usaha warkop harus strategis, mudah dijangkau dari pemukiman pendudukan maupun jalan besar, serta memiliki area parkir.

  8. Buat Perincian Modal
    Rincian modal tak hanya dibutuhkan ketika akan merintis usaha, namun juga pada saat fase pengembangan bisnis agar setiap pengeluaran dapat langsung dialokasikan untuk kebutuhan yang tepat.

    Misalnya, Anda ingin menambahkan mesin penggiling kopi sekaligus memperluas bangunan. Maka, buatlah rincian berisi harga alat maupun bahan bangunan yang dibutuhkan.


Rincian Modal Usaha Warkop

Jika ingin merintis bisnis ini, tentu sangat penting untuk membuat rincian total biaya. Berikut ini telah kami rangkum rincian modal usaha warkop modern yang dapat Anda contoh.

  1. Biaya Sewa Tempat
    Bagi sebuah usaha warkop modal kecil, tentu tidak memerlukan tempat yang luas. Oleh karena itu, Anda dapat memilih lokasi seluas 3 x 4 meter persegi. Adapun biaya sewanya berkisar Rp2.5 juta - Rp4 juta per tahun.

  2. Biaya Peralatan
    Harga peralatan untuk mengolah kopi tentu tidak murah. Oleh sebab itu, penting untuk membuat rincian biaya agar dapat menyesuaikan anggaran. Berikut ini berbagai alat yang dibutuhkan beserta harganya.


  3. Biaya Bahan Baku
    Adapun biaya selanjutnya adalah untuk pengadaan bahan baku. Harga biji kopi Arabika biasanya antara Rp85 ribu - Rp150 ribu per kilo, sedangkan robusta berkisar Rp70 ribuan tiap kilonya. Pilihlah sesuai menu yang disediakan.

    Selain biji kopi, Anda perlu memperhitungkan harga bahan baku menu pendamping. Misalnya, warkop Indomie tentu harus menjual olahan mie instan. Oleh karena itu, siapkan modal kurang lebih Rp80 ribu untuk membeli tiap dusnya.

    Harga bahan baku pelengkap lain misalnya, tepung terigu Rp10 ribu per kilo, telur ayam Rp50 ribu tiap krat, atau mungkin coklat bubuk yang dibanderol Rp50 - Rp150 ribu per kilo.

  4. Biaya Fasilitas
    Fasilitas seperti tempat cuci tangan dan wifi tentu perlu Anda perhitungkan. Biasanya, biaya langganan wifi berkisar Rp200 - Rp300 ribu tiap bulannya. Adapun untuk air, tentu bergantung pada pemakaian.


Keuntungan Usaha Warkop

Keuntungan usaha warkop kekinian tergolong menjanjikan. Hal ini karena menu yang unik biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, misalnya Rp20 ribu per cangkir. Namun ingat, selalu imbangi harga dengan cita rasa, kebersihan tempat, dan kualitas pelayanan.

Contoh perhitungan keuntungan adalah apabila Anda merintis usaha dengan modal Rp10 juta dan biaya operasional per bulannya Rp400 ribu, lalu pendapatan per harinya minimal Rp300 ribu, tentu setelah 2-3 bulan Anda sudah dapat menikmati laba bersih. Menarik bukan?


Nah itu tadi peluang, tips, dan rincian modal usaha warkop. Melihat peluangnya yang cukup besar dan modalnya dapat disesuaikan dengan jumlah budget, jangan ragu untuk merintis usaha yang satu ini. Tetap semangat!


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile