10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan & Gaji Tinggi

22 Nov 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Bingung milih jurusan? Yuk simak daftar jurusan kuliah yang menjanjikan di sini.

Menentukan jurusan kuliah yang menjanjikan seringkali menjadi dilema untuk para calon mahasiswa. Pasalnya, banyak dari mereka ingin masuk ke jurusan dengan prospek karir yang bagus di masa depan setelah lulus.

Namun jangan khawatir, pada artikel kali ini kami telah merangkum beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan dengan gaji tinggi yang bisa kamu pertimbangkan. Apa saja itu? Yuk simak daftar selengkapnya di bawah ini.


10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Berdasarkan, World Economic Forum’s terdapat lonjakan permintaan untuk beberapa prospek jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan cerah. Khususnya bidang pekerjaan terkait internet, sains, teknologi, dan manajemen. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Ilmu Ekonomi
    Ilmu ekonomi termasuk ke dalam jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa baru. Pasalnya, dengan kemampuan strategi mengelola sumber daya terbatas atas tingginya permintaan, menjadikan lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan berbagai instansi pemerintahan maupun swasta.

  2. Teknik Informatika
    Teknik informatika merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi di masa depan. Umumnya, mahasiswa dalam program studi ini dibentuk untuk menjadi ahli teknologi. Anda akan mempelajari bagaimana cara pembuatan aplikasi hingga pemrogramannya.

  3. Matematika
    Jurusan matematika adalah jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan cerah. Anda akan belajar menyelesaikan masalah melalui pemodelan rumus serta perhitungan matematikanya untuk menemukan sebuah solusi.

    Umumnya, jurusan ini sama seperti mata pelajaran saat sekolah, bahkan di bangku kuliah pun Anda akan selalu bertemu materi berupa data dan angka. Misalnya, Kalkulus, Aljabar, Matematika keuangan, dan Geometri.

  4. Statistika
    Salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita di masa depan adalah data scientist. Mahasiswa lulusan dari statistika sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan terkait pengumpulan data, pengolahan data, pengelolaan data, analisis, menginterpretasikan data hingga penyajian data perusahaan.

  5. Manajemen
    Jurusan kuliah favorit yang satu ini berasal dari rumpun soshum. Anda akan belajar banyak mengenai cara mengelola bisnis. Misalnya, merancang strategi maupun rencana dalam kegiatan operasional perusahaan, pemasaran produk hingga mempekerjakan karyawan baru.

  6. Marketing
    Marketing merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi. Anda akan mempelajari bagaimana cara melakukan analisis pasar hingga memasarkan produk kepada calon konsumen. Oleh karena itu, kecakapan berbicara sangat diperlukan.

    Selain itu, Anda juga akan diajarkan cara penyusunan strategi kreatif periklanan, pembuatan desain hingga menulis iklan semenarik mungkin. Tak heran jika jurusan ini sangat cocok dengan berbagai permintaan ide-ide kreatif.

  7. Ilmu Komunikasi
    Di era digital saat ini, tentu banyak bermunculan perusahaan startup maupun industri kreatif. Hal ini membuat ilmu komunikasi sebagai jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita. Anda dituntut memiliki beberapa skill, seperti public speaking, fotografi, desain, membuat iklan bahkan menulis.

  8. Teknik Peminyakan
    Bukan rahasia umum lagi bahwa teknik perminyakan menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan cerah. Pasalnya, hampir sebagian besar lulusan jurusan ini memperoleh berpenghasilan besar.

    Meskipun risiko yang ditimbulkan cukup besar, tetap saja banyak calon mahasiswa berminat masuk ke dalam jurusan ini. Beberapa prospek jurusan kuliah yang menjanjikan ini antara lain ahli tambang, teknisi perminyakan dan ahli pengeboran.

  9. Kedokteran
    Pendidikan kedokteran menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita. Terlebih, di tengah masa pandemi seperti saat ini, Indonesia sangat membutuhkan tenaga kesehatan, baik dokter umum maupun spesialis.

  10. Ilmu Komputer
    Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, khususnya dalam pemanfaatan teknologi komputer dan informasi, menjadikan jurusan kuliah ini banyak diincar oleh calon mahasiswa rumpun saintek.

    Dalam jurusan ilmu komputer Anda akan dituntut untuk menjadi seorang mahasiswa yang mempunyai wawasan luas dan global, serta cepat tanggap terhadap kebutuhan dunia di bidang teknologi komputer dan informasi.


Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Sebagai calon mahasiswa baru, pastinya menentukan jurusan kuliah akan terasa sangat sulit dilakukan. Tak sedikit mahasiswa menyesal karena merasa salah pilih jurusan. Berikut ini beberapa tips untuk Anda coba.

  1. Tentukan Passion Anda
    Pelajaran favorit Anda semasa sekolah sangat bermanfaat sebagai kunci awal untuk menentukan arah minat. Jika Anda menyukai materi hitungan dan IPA, maka jurusan yang cocok mengarah kepada biologi, kedokteran, pertanian, teknik mesin dan fisika.

    Namun, jika Anda lebih suka melakukan hafalan dan pelajaran sosial, maka jurusan yang mungkin cocok dengan Anda adalah ilmu komunikasi, psikologi, sastra Inggris, sosiologi dan kriminologi.

  2. Bangun Motivasi Diri
    Mengetahui apa tujuan utama setelah menyelesaikan kuliah sangat penting dilakukan. Pasalnya, tanpa adanya motivasi yang jelas, Anda tidak akan nyaman dalam menjalaninya selama kuliah.

  3. Kembangkan Potensi Diri
    Penting bagi Anda untuk menggali potensi diri sebanyak-banyaknya. Anda dapat mencari informasi baru yang belum Anda ketahui sebelumnya pada rekan di sekitar maupun menjalani hobi untuk memilih jurusan yang tepat.

  4. Prospek Kerja di Masa Depan
    Mengetahui peluang pekerjaan dari suatu jurusan di masa depan sangat penting dilakukan. Hindari memilih jurusan yang mempunyai daya serap rendah di dunia kerja, karena hal tersebut dapat menyulitkan Anda ketika lulus nanti.


Nah, setelah mengetahui beberapa daftar jurusan kuliah yang menjanjikan di atas, apakah kamu sudah memiliki pertimbangan? 4 tahun bukanlah waktu yang singkat, karena itu pastikan untuk memilih sesuai dengan passion dan kemampuanmu agar semangat dalam menjalaninya!

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

TAKA

TAKA

Kelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan bertransaksi
WM-Pendidikan

WM-Pendidikan

Download OCBC mobile