Escrow Account: Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Cara Kerja

11 Mar 2022 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Apa yang dimaksud dengan escrow account? Simak selengkapnya di sini!

Salah satu kekhawatiran banyak orang dalam berbelanja dan berbisnis online yaitu kemungkinan adanya penipuan. Namun kini, permasalahan tersebut sudah dapat cukup ditekan dengan hadirnya escrow account. Apa itu? Jadi sederhananya, escrow account adalah sistem khusus yang berguna untuk meminimalisir risiko transaksi secara online.

Pada artikel kali ini, OCBC akan membahas lebih lanjut seputar apa itu escrow account yang bisa Anda pahami dengan mudah. Simak baik-baik sampai habis, ya!

Apa itu Escrow Account?

Escrow account adalah rekening bersama, yakni akun yang disediakan oleh pihak ketiga (escrow) guna menampung sekaligus menyalurkan dana pada pihak-pihak yang terlibat dalam suatu transaksi online.

Tugas pihak ketiga ini tak hanya menampung dan mengelola dana saja, namun juga memastikan bahwa para pihak yang terlibat dalam transaksi sanggup menjalankan kewajiban sekaligus memperoleh hak-haknya selama bertransaksi.

Contoh perjanjian escrow account adalah ketika Anda melakukan jual beli online. Nantinya pihak ketiga akan memperoleh sejumlah dana yang dibayarkan pembeli atas barang belanjaannya plus ongkos kirim.

Escrow akan menampungnya beberapa saat sampai penjual mengirimkan barangnya. Jika belanjaan sudah sampai ke tangan konsumen, maka dana tersebut disalurkan pada penjual.

Dalam praktiknya, escrow account artinya sebagai perantara penampung dana dari para pihak berkepentingan dengan tetap melibatkan lembaga keuangan serta bank. Jenis kegiatan ekonomi yang terlibat di dalamnya pun tak hanya jual beli, melainkan juga untuk sarana peer to peer lending.

Manfaat Escrow Account

Beberapa manfaat escrow account adalah sebagai berikut.

1. Melindungi Penjual

Escrow account adalah salah satu layanan dimana bermanfaat melindungi penjual saat melakukan transaksi jual beli online. Hal ini karena mereka seringkali menjadi korban penipuan akibat pembeli yang mengaku telah membayar namun ternyata belum.

Untuk mengatasi penipuan jenis ini, escrow account memberikan konfirmasi pembayaran. Jika penjual belum menerimanya, maka pengiriman tidak perlu dilakukan.

2. Melindungi Pembeli

Escrow account adalah layanan yang juga memberikan perlindungan pada pembeli dari kerugian akibat penipuan. Ini dikarenakan mekanisme transaksi online sangat memungkinkan terjadinya kecurangan sebab penjual baru akan mengirimkan barang setelah pembayaran dilakukan.

Akibatnya, pembeli seringkali tidak mendapatkan pesanannya atau penjual mengirimkan barang lain. Dengan demikian, escrow account adalah alat guna melindungi kepentingan mereka.

Nantinya, escrow account akan mencegah penjual untuk menarik dana pembayaran apabila mereka belum mengirimkan pesanan. Jadi, pembeli tidak akan dirugikan.

Fungsi Escrow Account

Escrow account adalah sistem pembayaran yang memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

  • Meningkatkan keamanan transaksi agar tidak ada pihak yang dirugikan.
  • Meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman dalam suatu transaksi peer to peer lending.
  • Memudahkan pemberi pinjaman dalam melacak dan memonitor dananya.
  • Memudahkan proses pembayaran serta bukti transaksi.

Jenis-Jenis Escrow

Adapun jenis-jenis escrow account diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Real Estate Escrow

Real estate escrow account adalah layanan yang banyak digunakan dalam jual beli rumah. Bentuknya berupa kesepakatan bertanda tangan. Jika petugas berhasil memastikan semua klausula kontrak terpenuhi, maka kondisi rumah akan diverifikasi.

Kemudian pembeli akan membuat cek yang harus dibayarkan melalui escrow. Perjanjian akan selesai ketika uang pembelian dicairkan kepada penjual. Selanjutnya nama pembeli dicatat pada bukti bayar.

2. Online Escrow

Online escrow account adalah layanan transaksi online yang meminimalisir risiko penipuan baik oleh pembeli maupun penjual. Nantinya, pihak-pihak yang bertransaksi akan menyetujui beberapa syarat di bawah ini:

  • Harga yang harus dibayar pembeli.
  • Kapan dan bagaimana penjual mengirim barangnya.
  • Bagaimana mekanisme refund ketika terjadi kesalahan pengiriman dari penjual.

Nantinya jika transaksi tidak sesuai kesepakatan di atas dan pembeli mengajukan refund, escrow akan memberikan uang tersebut kembali.

3. Stock Escrow

Stock escrow account adalah layanan pembayaran saham melalui dokumen perjanjian sebagai syarat pemindahtanganan. Pemilik sebelumnya harus menunggu hingga habis masa perjanjiannya sebelum ia bisa memindahkan kepemilikan saham tersebut.

Cara Kerja Escrow Account

Sebagai perantara dalam transaksi, cara kerja escrow adalah sebagai berikut.

  1. Pihak yang hendak bertransaksi sepakat untuk menggunakan layanan escrow account guna menjamin keamanan transaksi.
  2. Usai memilih barang yang hendak dibeli, pembeli akan mencari metode pembayaran yang sesuai.
  3. Pembeli membayar sesuai harga dan ongkos kirim ke rekening yang diberikan agen.
  4. Agen menampung dana pembayaran sementara waktu.
  5. Tugas selanjutnya agen escrow account adalah sebagai perantara informasi ke penjual bahwa pembeli telah membayar sehingga mereka wajib mengirimkan barang.
  6. Penjual menindaklanjuti informasi tersebut lalu mengirim barang pesanan ke alamat pembeli.
  7. Setelah mengirim barang, penjual akan mengkonfirmasi kepada agen jika barang telah dikirim kepada pembeli sekaligus memberikan nomor resi.
  8. Agen memberikan nomor resi pada pembeli.
  9. Setelah barang sampai di tujuan, pembeli akan memberi konfirmasi pesanan telah diterima.
  10. Agen mengirimkan uang pembayaran ke rekening penjual.

Syarat Pembukaan Rekening Escrow Account

Syarat-syarat untuk membuka rekening escrow account adalah sebagai berikut.

  1. Mengunjungi bank kemudian membayar biaya pembukaan akun.
  2. Mengirim surat penunjukan.
  3. Menandatangani surat perjanjian untuk dijadikan agen escrow.
  4. Membuka rekening giro yang dikhususkan untuk escrow.

Itulah penjelasan seputar escrow account yang dapat OCBC rangkum untuk Anda. Walau secara prinsip penggunaan escrow account terbilang aman, sebaiknya tetap waspada dan berhati-hati, ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 7 Mei 2024

Pinjaman Online Tanpa Rekening Bank, Syarat dan Pengajuannya Mudah!

Baca

Edukasi - 7 Mei 2024

Sejarah Bank di Dunia dari Abad ke Abad

See All

Produk Terkait

OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile