Apa Itu Mutasi Rekening? Arti, Manfaat, & Cara Mengetahuinya

5 Apr 2022

Mutasi Rekening adalah catatan dari segala bentuk transaksi dalam rekening.

Mutasi rekening adalah salah satu istilah perbankan yang sering kali digunakan oleh para nasabah. Sebagai fitur perbankan yang berkaitan erat dengan pergerakan keuangan di dalam rekening, setiap nasabah wajib memahami apa itu mutasi rekening.

 

Secara sederhana, mutasi rekening dapat diartikan sebagai catatan dari segala bentuk transaksi dalam rekening. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai mutasi rekening, simak artikel di bawah ini.

Apa itu Mutasi Rekening?

Mutasi rekening adalah riwayat transaksi milik seseorang, dapat berupa aliran dana masuk maupun keluar. Jadi, ketika Anda melakukan penarikan atau pengiriman uang, semua itu akan secara otomatis tercatat dalam sistem perbankan.

 

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa pengertian mutasi rekening adalah salah satu layanan perbankan untuk nasabah yang ingin memeriksa riwayat transaksi mereka. Beberapa orang menyamakan fungsi dari mutasi rekening dengan buku tabungan, karena keduanya sama-sama memuat informasi seputar aliran dana.

Manfaat Mutasi Rekening

Secara umum, manfaat mutasi rekening dibagi menjadi 2, yaitu untuk pemilik rekening pribadi dan pemilik rekening bisnis. Bagi perorangan, mutasi rekening adalah metode guna mengontrol transaksi yang dilakukan. Sedangkan bagi para pelaku bisnis, mutasi rekening berguna dalam menjaga keamanan sistem keuangan bisnis Anda.

 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan mutasi rekening.

1. Syarat Pengajuan VISA

Manfaat pertama dari mutasi rekening adalah sebagai salah satu syarat mendapatkan visa. Beberapa negara biasanya memberikan kebijakan bagi para pendatang dari luar negeri untuk menunjukan riwayat transaksi selama 3 bulan terakhir sebagai salah satu syarat dalam memperoleh visa.

2. Bukti Transaksi Keuangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mutasi rekening adalah bukti transaksi keuangan berbagai kepentingan bisnis maupun pribadi. Dengan adanya bukti tersebut, risiko kecurangan maupun penggelapan dana akan dapat diminimalisir.

3. Syarat Pengajuan Kredit (Pinjaman)

Informasi keuangan melalui mutasi rekening juga bisa dimanfaatkan untuk pengajuan kredit, baik itu kredit rumah, mobil, dan sebagainya. Hal ini dilakukan karena mutasi rekening adalah aspek yang dapat membantu bank dalam menganalisis kondisi keuangan Anda.

Cara Cek Mutasi Rekening

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan dunia teknologi, kini Anda dapat menggunakan beragam cara untuk mendapatkan informasi seputar transaksi keuangan. Di bawah ini, OCBC telah rangkum 5 cara cek mutasi rekening yang bisa Anda lakukan.

1. Melalui Teller Bank

Cara cek mutasi rekening melalui teller merupakan cara lama yang paling sering digunakan oleh nasabah. Anda hanya perlu datang ke bank terdekat. Sampaikan bahwa Anda ingin meminta mutasi rekening pada satpam.

 

Satpam akan mengarahkan Anda untuk mengambil nomor antrian. Tunggu hingga teller memanggil nomor antrian Anda, lalu serahkan buku tabungan dan KTP, kemudian mutasi pun akan dicetak dalam buku tabungan Anda.

2. Melalui Mesin ATM

Berikutnya, cara cek mutasi rekening menggunakan mesin ATM. Akan tetapi, mesin ATM hanya dapat memuat 5 mutasi terakhir dalam rekening Anda.

 

Pertama-tama, Anda hanya perlu masukan kartu ke dalam mesin ATM, pilih menu transaksi lainnya, dan klik mutasi rekening. Setelah itu, informasi mengenai mutasi rekening Anda akan ditampilkan pada layar.

3. Melalui M-Banking (Mobile Banking)

Mobile Banking atau M-Banking dinilai merupakan cara cek mutasi rekening yang paling mudah dibandingkan cara lainnya, karena hanya mengandalkan jaringan internet dan smartphone saja.

 

Anda tinggal menginstal aplikasi M-Banking sesuai dengan bank yang Anda gunakan. Isi data untuk login ke dalam sistem aplikasi. Klik menu mutasi rekening dan pilih periode yang ingin ditampilkan. Kemudian, informasi mutasi akan terlihat pada layar smartphone Anda.

4. Melalui Internet Banking

Internet Banking adalah cara cek mutasi rekening yang dapat dilakukan melalui website. Cara ini fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Nasabah hanya perlu memiliki koneksi internet, tidak perlu mengeluarkan biaya ataupun pulsa.

 

Cara cek mutasi melalui internet banking adalah, pertama Anda hanya perlu mengunjungi website dari bank yang Anda gunakan, ikuti arahan yang tersedia, dan informasi mutasi rekening pun akan muncul pada layar smartphone atau komputer Anda.

 

Durasi atau periode waktu mutasi yang ingin dilihat beragam, mulai 7 sampai 30 hari, tergantung kebijakan bank masing-masing.

5. Melalui SMS Banking

Cara cek mutasi rekening yang terakhir adalah melalui fitur SMS Banking. Sama seperti 2 cara sebelumnya, fitur SMS Banking memberikan layanan pengecekan mutasi rekening melalui smartphone Anda.

 

Namun, sayangnya dalam menggunakan fitur ini masih terdapat beberapa kekurangan. Pertama, Anda akan dikenakan tarif pulsa. Kedua, tampilan informasi yang diberikan terbatas hanya pada 4 transaksi paling baru saja.

 

Itu dia informasi mengenai pengertian mutasi rekening, manfaat serta cara mengetahuinya. Nah, dari pemaparan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa mutasi rekening adalah catatan penting dari segala bentuk transaksi dalam rekening. Sehingga dengan adanya catatan ini, dapat mempermudah Anda dalam mengontrol kesehatan keuangan Anda.

 

Jika ingin menciptakan manajemen keuangan yang baik, penting untuk memperhatikan segala unsurnya. So, simak lebih lanjut berbagai tips mengelola keuangan di OCBC NISP!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

WM Pensiun

WM Pensiun

Download OCBC mobile