Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan, Ini Bedanya!

17 Jun 2022

Ini perbedaan tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan. Yuk simak! 

Berbicara mengenai pendidikan, banyak perusahaan yang menawarkan berbagai kemudahan berupa tabungan ataupun asuransi. Tabungan pendidikan adalah salah satu simpanan menguntungkan yang bisa dimanfaatkan dalam perencanaan pendidikan anak dalam jangka panjang, begitu pula dengan asuransi.

Akan tetapi, apakah Anda sudah memahami apa perbedaan antara tabungan dan asuransi pendidikan? Atau justru Anda menganggapnya keduanya hal yang sama? Nah, kalau masih bingung, yuk simak artikel berikut ini.

Apa itu Tabungan Pendidikan?

Tabungan pendidikan adalah hal penting yang wajib dimiliki oleh tiap orang tua guna memenuhi edukasi anaknya. Hal ini dikarenakan inflasi biaya pendidikan semakin meningkat tiap harinya. Dengan begitu, para orang tua perlu membuat perencanaan finansial agar sang buah hati tetap bisa merasakan bangku sekolah.

Tabungan pendidikan adalah simpanan yang dikhususkan untuk keperluan edukasi anak mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Tabungan ini memiliki jangka waktu cukup lama yaitu 2 tahun ke atas. Oleh karena itu, dapat dikatakan pula bahwa tabungan pendidikan adalah simpanan berencana.

Lalu, Apa itu Asuransi Pendidikan?

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan hal terbaik untuk anaknya, termasuk dalam bidang pendidikan. Namun, sering kali banyak masalah yang menghantui, seperti mahalnya biaya pendidikan. Oleh karena itu, menggunakan asuransi pendidikan sebagai salah satu bentuk proteksi merupakan hal yang tepat untuk dilakukan oleh para orang tua.

Asuransi pendidikan adalah jenis garansi yang menjadikan anak sebagai pihak terjamin dan akan menjadi ahli waris dalam jaminan perlindungan serta investasi. Singkatnya, asuransi pendidikan merupakan modal dari orang tua untuk anaknya dalam rangka untuk memenuhi edukasi. Contoh asuransi pendidikan yaitu dari OCBC NISP.

Dalam penggunaannya, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan saat memiliki asuransi pendidikan. Di antaranya:

  • Menjamin dana pendidikan anak di masa depan
  • Bisa langsung sekaligus memperoleh asuransi jiwa
  • Bisa dijadikan sebagai investasi masa depan

Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Dalam praktiknya, tabungan dan asuransi pendidikan memiliki perbedaan. Adapun perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan adalah sebagai berikut:

1. Berbeda Definisi Antara Tabungan dan Asuransi

Perbedaan pertama yaitu dari definisi antara tabungan dan pendidikan. Tabungan adalah produk keuangan yang menawarkan manfaat seperti sarana penyimpanan uang dengan aman dibandingkan di rumah. Dengan harapan, uang di rekening bank akan terhindar dari berbagai risiko kehilangan.

Sedangkan asuransi adalah produk keuangan dengan tawaran untuk memproteksi segala sesuatu yang memiliki risiko. Perlindungannya bisa diambil sebagai manfaat berupa penggantian kerugian finansial. Biasanya kerugiannya meliputi sakit, meninggal dunia, kecelakaan, cacat, kebakaran, dan masih banyak lagi. 

2. Tujuan Setoran Dana yang Berbeda

Penyetoran dana asuransi dan tabungan memiliki manfaat serta tujuan yang berbeda. Di asuransi, biasanya setoran dana disebut dengan premi. Nantinya premi akan disetorkan secara rutin, baik itu per bulan, triwulan, semesteran, atau bahkan tahunan.

Premi meliputi dari sejumlah biaya, meliputi asuransi, akuisisi, pengelolaan dana, administrasi hingga uang investasi, Tujuan dibayarkan premi yaitu untuk mendapatkan kepastian kerugian yang kecil di masa mendatang (guaranteed small loss).

Sementara itu, tujuan setoran dana tabungan adalah untuk mengamankan semua segala risiko kehilangan yang bisa terjadi. Nantinya, nasabah akan dikenakan biaya administrasi per bulan dan dipotong langsung dari saldo yang ada. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan fasilitas penyimpanan uang di bank.

3. Status Dana yang Disetorkan Berbeda

Selanjutnya adalah status dana yang disetorkan pun juga berbeda. Status kepemilikan dana atau premi yang disetorkan akan menjadi milik perusahaan apabila Anda menggunakan asuransi. Sedangkan tabungan, dana tersebut tentu sepenuhnya akan menjadi hak milik Anda.

4. Perbedaan Pengaruh Asuransi dan Tabungan Terhadap Aset

Saat menyimpan uang di bank sebagai tabungan memang akan menambah aset kepemilikan. Hal ini berbanding terbalik dengan asuransi murni yang akan mengurangi aset Anda. Pasalnya, asuransi akan membutuhkan dana untuk membayar premi sehingga polisnya tetap aktif dan bisa digunakan sewaktu-waktu.

5. Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Memiliki tujuan yang sama, namun keduanya mempunyai perbedaan cukup signifikan. Singkatnya, tabungan pendidikan adalah simpanan dengan bunga tertentu dan dapat dicairkan setelah beberapa tahun. Sedangkan asuransi pendidikan adalah produk yang dilengkapi dengan investasi.

Ciri tabungan pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tingkat risiko cenderung lebih kecil
  • Bagus untuk jangka pendek
  • Bunga yang diberikan sekitar 3,5%

Ciri asuransi pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tingkat risiko cenderung lebih besar
  • Disarankan untuk jangka panjang
  • Hasil pengumpulan dana bisa lebih besar
  • Memiliki manfaat proteksi jiwa

Mana yang Lebih Baik?

Umumnya, tabungan pendidikan adalah produk simpanan yang memiliki bunga dengan kisaran 3% hingga 6% per tahun, sedangkan keuntungan dari asuransi bisa mencapai 15% sampai 23%. Jika dilihat dari sisi bunganya, maka yang lebih menjanjikan adalah asuransi pendidikan.

Namun, hal tersebut bisa terjadi apabila hasil investasi yang dilakukan perusahaan memang benar menguntungkan. Apabila tidak, maka Anda diharuskan untuk memperpanjang masa pembayaran premi. Artinya, risiko yang didapat lebih besar dibandingkan tabungan pendidikan.

Nah, itu dia pembahasan terkait apa perbedaan dari tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan. Nah, sekarang tidak perlu bingung, Sobat OCBC dapat memilih sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda.

Kalau Sobat OCBC lebih memilih tabungan pendidikan, maka Anda bisa menggunakan layanan Tabungan Pendidikan Anak dari OCBC NISP sebagai pendukung masa depan anak yang cemerlang. Yuk daftar sekarang!

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca
Sumatra Elektrik Motor

Edukasi - 29 Apr 2024

Mau Kredit Motor Listrik? Simak Syarat dan Cara Pengajuannya Berikut!

Baca

Edukasi - 29 Apr 2024

Kredit Motor Tanpa DP: Ketentuan dan Cara Dapatnya

See All

Produk Terkait

Wealth Management

Wealth Management

Download OCBC mobile