10 Negara Paling Miskin di Dunia, Apa Indonesia Termasuk?

31 Okt 2022 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Mana saja 10 daftar negara paling miskin di dunia? Yuk simak di sini.

Berbicara mengenai kemiskinan, masalah ini tidak hanya terjadi dalam lingkup masyarakat, namun tingkat dunia. Beberapa negara masuk dalam daftar negara paling miskin di dunia disebabkan beberapa faktor, seperti pertumbuhan ekonomi yang sangat rendah.

Lantas, sudahkah Sobat OCBC NISP tahu mana saja negara yang dikategorikan sebagai negara paling miskin di dunia dan indikator-indikatornya? Yuk, cari tahu dalam pembahasan berikut ini.

10 Daftar Negara Paling Miskin di Dunia

Faktanya, urutan negara paling miskin di dunia didominasi dari benua Afrika. Wilayah mana saja yang termasuk daftar tersebut? Berikut ini daftar berdasarkan urutan GNI (Gross National Income) per kapita menurut World Bank.

1. Burundi

Burundi dinobatkan sebagai negara paling miskin di dunia tahun 2022. Pada tahun 2021, Burundi memiliki tingkat GNI yang paling rendah di dunia, yakni hanya sekitar $240 per kapita. Pada tahun 2013, 64,9% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Banyak masalah memang terjadi di Burundi, mulai dari tingkat perekonomian yang rendah, ketersediaan pangan yang tidak mencukupi, hingga berbagai wabah penyakit. Hal ini berdampak dari kacaunya situasi politik Burundi akibat genosida Rwanda tahun 1994.

Meski begitu, Burundi berusaha keluar dari kemiskinan dengan meningkatkan kewirausahaan dalam negaranya.

2. Somalia

Dengan tingkat GNI per kapita sebesar $450 pada tahun 2021, Somalia menduduki posisi kedua dalam urutan negara paling miskin di dunia. Bahkan, dikutip dari Business Insider, GNI per kapita Somalia pada Juni 2022 hanya mencapai $130.

Banyak sekali kekerasan yang terjadi di Somalia juga mendukungnya sebagai salah satu negara paling tidak aman. Di sana, akses menuju berbagai layanan publik sangat terbatas, dan hak-hak warga negara tidak dilindungi hukum dengan baik.

3. Mozambik

Pada urutan ketiga, ada Mozambik sebagai negara paling miskin di dunia, dengan tingkat GNI sebesar $480 per kapita. Sebanyak 77% dari penduduk Mozambik pada tahun 2018 hidup di daerah kumuh.

Di Mozambik, kekerasan sering terjadi antar penduduk. Situasi politik di negara tersebut pun tidak stabil dan kerap menimbulkan kekacauan. Misalnya, perang sipil yang terjadi sejak tahun 2017 telah menewaskan lebih dari empat ribu orang.

Saat ini, banyak negara telah membantu Mozambik untuk menyelesaikan kekacauan tersebut. Dikutip dari BBC, sebanyak 24 negara mengirimkan pasukan ke negara itu.

Baca juga: Pendapatan Perkapita: Pengertian, Fungsi, Komponen, & Contoh

4.  Madagaskar

Meski terkenal, Madagaskar ternyata menduduki posisi keempat dalam urutan negara paling miskin di dunia. Tingkat GNI hanya mencapai $500 per kapita. Pada tahun 2012, 70,7% dari penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Sebenarnya Madagaskar sudah mulai bertumbuh kembali pada tahun 2021, tetapi terganggu kembali di tahun 2022 karena adanya kondisi cuaca ekstrem, wabah penyakit, dan dampak dari perang Rusia-Ukraina.

Saat ini, sejumlah masalah yang dihadapi Madagaskar masih seputar kematian anak, rentannya ketahanan pangan, semakin buruknya kondisi alam, dan pembangunan infrastruktur.

5. Afghanistan

Afghanistan adalah salah satu negara dari benua Asia yang menempati 5 besar posisi negara paling miskin di dunia. GNI per kapitanya mencapai $500 pada tahun 2020 dan 71% dari warganya tinggal di daerah kumuh.

Selain itu, konfrontasi dalam negara tersebut seakan tak kunjung usai. Pada tahun 2021, konflik di Afghanistan memanas karena adanya serangan dari kelompok Taliban. Ini juga menyebabkan stabilitas perekonomian menurun.

6. Sierra Leone

Negara yang terletak di Afrika Barat ini mungkin tidak terlalu dikenal. Dengan tingkat GNI sejumlah $510 per kapita, menjadikannya posisi keenam dalam negara paling miskin di dunia. Pada tahun 2018, 56,8% dari warga Sierra Leone hidup di bawah standar.

Permasalahan di negara tersebut meliputi rentannya sistem perundang-undangan serta pemerintahan hingga lemahnya pembangunan infrastruktur. Belum lagi dampak wabah Ebola tahun 2014 yang masih berlanjut hingga sekarang.

7. Republik Afrika Tengah

Negara paling miskin di dunia urutan ketujuh adalah Republik Afrika Tengah. Tahun 2021, nilai GNI hanya mencapai $530 per kapita.

Belum lagi, soal penataan kota yang buruk membuatnya menempati posisi paling tinggi untuk jumlah permukiman kumuh. Ada 95% dari penduduk Republik Afrika Tengah hidup dengan kondisi tidak layak.

Masih banyaknya kekerasan berbasis gender, perundang-undangan yang lemah, dan kurangnya akses layanan publik menambah daftar masalah negara ini.

Baca juga: 10 Mata Uang Terendah di Dunia Tahun 2021, Cek Daftarnya!

8. Republik Demokratik Kongo

Kongo menjadi negara paling miskin di dunia kedelapan. Nilai $580 adalah jumlah GNI per kapita yang didapatkan pada tahun 2021. Sebanyak 63,9% penduduknya hidup tidak layak menurut data tahun 2012.

Tidak stabilnya kondisi perekonomian tersebut adalah dampak dari pemberontakan yang terus-menerus terjadi antara masyarakat sipil dengan pasukan militer di Kongo.

9. Nigeria

Dalam urutan kesembilan negara paling miskin di dunia, ada Nigeria. Nilai GNI di negara tersebut pada tahun 2021 hanya mencapai $590 per kapita. Dikutip dari Concernusa, 20% dari masyarakat Nigeria tidak bisa memenuhi bahan pangan pokok dan nutrisi yang layak.

Rentannya kondisi agraria terhadap bencana dan kondisi iklim ekstrem, serta banyaknya penduduk yang buta huruf menjadi permasalahan utama di Nigeria.

10. Eritrea

Negara yang terletak di timur Afrika ini menjadi urutan kesepuluh dalam negara paling miskin di dunia. Eritrea memiliki tingkat GNI hanya $600 per kapita, masih sangat jauh di bawah standar yang ditetapkan Bank Dunia.

Selain itu, keamanan di Eritrea juga sangat rentan, serta banyaknya kasus hak asasi manusia berdampak pada kondisi perekonomian yang tidak stabil.

Indikator Negara Miskin

Anda sudah mengetahui negara paling miskin di dunia 2022. Untuk penentuannya, tentu tidak dilakukan secara asal-asalan. Ada indikator untuk ditetapkan menjadi negara paling miskin di dunia.

Indikator yang paling mudah dilihat adalah dengan mengukur tingkat GNI atau gross national income. Dalam bahasa Indonesia, ini berarti pendapatan negara bruto.

Bank Dunia pun sudah menetapkan bahwa standar pendapatan untuk sebuah negara agar tidak dikatakan miskin adalah sebesar $1.046 per kapita pada tahun 2021.

Bank Dunia juga menetapkan beberapa indikator lainnya, seperti jumlah penduduk yang tinggal di bawah garis kemiskinan, tingkat kesenjangan sosial, hingga jumlah penduduk di daerah kumuh.

Hal-hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh stabilitas politik di suatu negara, keadaan sosial ekonomi, serta sistem pemerintahan atau perundang-undangan. Adapun, kondisi alam dan pembangunan infrastruktur juga termasuk faktor pengaruh dalam tingkat kemiskinan.

Itu dia ulasan mengenai urutan negara paling miskin di dunia beserta indikatornya. Daftar ini tidak permanen, dalam artian bisa berubah kapan saja tergantung dari perkembangan setiap negara. Semoga artikel ini menambah pengetahuan Sobat OCBC NISP. Yuk simak info lainnya di OCBC NISP.

Baca juga: 10 Daftar Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes, Siapa Saja?

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
TAKA

TAKA

Kelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan bertransaksi

Download OCBC mobile