Transaksi Perdagangan Luar Negeri Dibayar Dengan Apa Saja?

14 Nov 2022

Transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan konversi mata uang asing.

Mayoritas pebisnis yang masih awam dengan penjualan global sering memahami bahwa transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan valuta asing saja. Padahal, ada banyak alat pembayaran lain guna mendapatkan profit.

Lantas, apa yang dimaksud dengan penjualan global dan transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan alat ekonomi mana saja? Yuk simak informasi selengkapnya di artikel ini!

Pengertian Transaksi Perdagangan Luar Negeri

Menurut penelitian Eddi Rinaldy, dkk, perdagangan luar negeri adalah hubungan niaga antara pihak yang berada di negara yang berbeda dan secara garis besar berbentuk kegiatan ekspor dan impor.

Sedangkan menurut penelitian Febrianty, dkk, perdagangan internasional juga dapat dipahami sebagai perpanjangan dari kegiatan produksi, pertukaran dan konsumsi yang mencakup pihak dari berbagai negara.

Sederhananya, perdagangan luar negeri adalah kegiatan transaksi jual beli produk maupun jasa yang dilakukan oleh dua atau lebih pihak dalam ruang lingkup negara berbeda. Tujuan aktivitas berikut yaitu memperluas bisnis dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Alat Pembayaran Perdagangan Luar Negeri

Bagi para pengusaha yang sedang merencanakan untuk melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri, tentu saja mengetahui sistem alat pembayaran luar negeri adalah penting hukumnya. Maka dari itu, berikut informasi terkait instrumen finansial global, yaitu:

1. Cek

Biasanya, transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan cek yang prosedurnya meliputi importir memberikan atau mengirimkan alat pembayaran ini pada eksportir melalui bank negara tujuan.

Terkait dengan itu, pencairan dana melalui cek hanya bisa dilakukan apabila sudah divalidasi oleh tanda tangan maupun cap resmi dari pengirim atau pemberi kuasa.

2. Tunai

Kedua, transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan tunai. Instrumen keuangan berikut mungkin menjadi salah satu yang paling sering digunakan oleh pengusaha pemula, turis, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) hingga jamaah haji karena kemudahannya.

Pengirim dapat melakukan transfer uang tunai secara manual melalui ATM atau menyerahkannya pada teller bank. Kelebihan dari sistem pembayaran ini yaitu pengusaha bisa memastikan jumlah dana dan memantau kelangsungan prosesnya

Sehubungan dengan itu, transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan tunai dapat menggunakan mata uang domisili atau negara lain sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli.

3. Kartu Kredit

Selanjutnya, transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan kartu kredit. Bagi pengusaha yang baru merintis dan ingin menjual atau mengirimkan barangnya ke negara lain, alat pembayaran berikut tepat untuk digunakan.

Alasan kartu kredit sering digunakan untuk transaksi perniagaan dalam bentuk skala kecil yaitu berkaitan dengan nominal transfer yang dapat dilakukan secara bertahap.

Contoh transaksi perdagangan luar negeri dibayar menggunakan kartu kredit adalah kegiatan jual beli melalui e-commerce internasional seperti Amazon atau eBay.

Umumnya, transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan kartu kredit membutuhkan logo Visa atau Mastercard yang memang digunakan untuk kepentingan aktivitas keuangan global.

4. Wesel

Apabila Anda telah sering melakukan transaksi internasional mungkin tidak akan asing dengan penggunaan wesel sebagai alat pembayaran. Instrumen finansial ini memang telah digunakan sejak dulu guna memfasilitasi kegiatan jual beli antar negara.

Penyebab transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan wesel menjadi favorit adalah karena prosedur pembelian atau penjualannya hanya membutuhkan formulir pengiriman uang dari penyedia jasa seperti Pos Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, data yang tercantum pada wesel adalah nama serta nomor rekening bank penerima dan nominal dana. Lalu, untuk mengkonfirmasi serta mengambil uangnya hanya membutuhkan PIN.

5. Valuta Asing

Valuta asing atau valas adalah instrumen pembayaran aktivitas ekonomi global yang paling terkenal. Hal ini disebabkan pemahaman masyarakat bahwa transaksi perdagangan luar negeri hanya bisa dibayar dengan mata uang negara tujuan.

Penggunaan valas biasanya digunakan dengan kurs dollar USD karena mata uang tersebut digunakan sebagai standar internasional.

6. Emas

Jarang didengar, ternyata transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan emas bisa dilakukan karena fungsinya yang dianggap hampir sama seperti uang tunai.

Cara pembayarannya yaitu nilai produk akan disesuaikan dengan berat emas serta nilainya pada jangka waktu terkini. Instrumen keuangan ini sangat diminati dalam transaksi global karena bisa terhindar dari inflasi.

Oleh sebab itu, transaksi perdagangan luar negeri dibayar dengan emas sering disebut sebagai safe haven.

7. PayPal

Pengusaha yang sudah terbiasa dengan penggunaan dompet digital atau mobile banking mungkin akan lebih familiar dengan Paypal sebagai alat pembayaran transaksi internasional.

Hal tersebut disebabkan oleh sistem pembayaran PayPal yang merupakan rekening virtual dengan layanan pengiriman dana antar negara.

8. Telegrafik Transfer

Sejenis dengan cek, telegrafik transfer menggunakan lembar pembayaran yang disertai perintah pemilik dana untuk memindahkan uang ke rekening lain.

Sistem tersebut sudah secara otomatis dilaksanakan oleh sistem perbankan sehingga penerima uang tidak perlu memiliki lembar cek secara fisik.

Cara Pembayaran Perdagangan Luar Negeri

Kini, Anda telah mengetahui bahwa transaksi perdagangan luar negeri dibayar menggunakan beberapa opsi. Dengan demikian, pada bagian ini akan dijelaskan tentang cara pembayaran perdagangan internasional yang umum digunakan, yaitu:

1. Consignment

Metode ini sering disebut dengan konsinyasi yaitu prosedur pengiriman produk ekspor yang hanya bersifat titipan dan akan dijual oleh penyalur dengan persetujuan harga tertentu.

Terkait dengan cara pembayaran transaksi berikut, pihak penyalur akan melakukan pembayaran pada penjual jika barang sudah berhasil terjual.

Walaupun dinilai efektif, nyatanya cara ini memiliki kelemahan yaitu tidak ada batasan waktu dan jaminan atas penerimaan uang hasil penjualan karena harus menunggu produk laku.

2. Advance Payment

Kedua, pembayaran di muka atau advance payment yang merupakan proses pembayaran oleh importir sebelum pesanan dikirim penjual. Dalam prosedur ini, nominal biaya dan mata uang disesuaikan dengan persetujuan kedua belah pihak.

3. Open Account

Merupakan kebalikan dari advance payment, open account adalah prosedur pembayaran setelah importir menerima produk. Metode transaksi ini biasanya dilakukan jika pembeli sudah menjadi langganan atau telah terbentuk rasa percaya yang tinggi.

Sistem pembayaran berikut juga digunakan apabila terdapat kepastian hukum terkait proses transaksi atau transfer uang.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian transaksi perdagangan luar negeri serta ragam alat pembayarannya.

Nah, kini Anda sudah tahu bagaimana cara membayar keperluan pembelian atau penjualan secara internasional guna ekspansi bisnis. Ingin belajar lebih banyak? Yuk simak insights lain di Blog OCBC NISP!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca

Edukasi - 30 Apr 2024

Cara Kredit HP Online Tanpa DP dan Kartu Kredit, Hanya Pakai KTP

See All

Produk Terkait

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

A means of payment for all transactions
Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna

Download OCBC mobile