5 Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang dan Langkah Mengurusnya

16 Nov 2022 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Bagaimana cara melacak ATM yang hilang? Simak di sini.

Kehilangan kartu ATM bukan masalah baru dalam dunia perbankan. Jika sudah terjadi, alih-alih panik, Anda bisa menerapkan cara melacak kartu ATM agar masalah tersebut cepat terselesaikan dengan cepat.

Kehilangan kartu ATM bisa sangat berbahaya, apalagi jika PIN-nya bisa dideteksi oleh orang lain. Sebagai antisipasi, yuk simak beberapa cara melacak kartu ATM yang hilang dan tips agar kartu Anda tidak mudah terselip dalam artikel berikut ini.

Syarat Melacak Kartu ATM Hilang

Sebelum melakukan cara melacak kartu ATM yang hilang, perlu diketahui ada beberapa syarat tertentu untuk mengurusnya. Adapun persyaratan yang utama yaitu sudah didaftarkan di internet banking atau mobile banking. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa telah terdaftar.

Perlu diketahui, apabila nomor rekening ATM hilang tidak terhubung ke fasilitas perbankan lainnya, seperti internet atau mobile banking, maka Anda tidak bisa melakukan cara melacak kartu ATM yang hilang.

Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang

Bagi Anda yang mengalaminya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak ada cara melacak kartu ATM yang hilang. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya komponen pendukung untuk mengetahui atau mengusut posisi kartu ATM tersebut.

Namun, cara melacak kartu ATM yang hilang di sini dapat dilihat dari status transaksinya. Anda dapat melihat status transaksi yang telah dilakukan internet atau mobile banking, di mana setiap kali melakukan transaksi akan terlihat lokasinya.

Cara melacak kartu ATM yang hilang tersebut juga bisa dilakukan jika telah terjadi kehilangan setelah transaksi. Perlu diketahui, lokasi tidak akan terlihat apabila tak ada transaksi setelah hilang.

Meskipun tidak ada cara melacak kartu ATM yang hilang, Anda tetap bisa mengurusnya. Adapun beberapa cara untuk mengurusnya, yaitu seperti:

1. Batalkan Pembayaran Otomatis

Memiliki pembayaran yang secara otomatis terhubung dengan rekening ATM Anda yang hilang? Sebaiknya untuk membatalkannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti berapa jumlah saldo Anda yang ada di kartu ATM tersebut.

2. Transfer Seluruh Saldo Melalui Mobile Banking

Apabila Anda masih memiliki jumlah saldo yang cukup banyak di kartu ATM tersebut, langkah baiknya yaitu lakukan transfer seluruh saldo melalui mobile banking. Hal tersebut untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Dengan begitu, saldo Anda akan tetap aman.

3. Blokir Kartu ATM

Apabila kartu ATM Anda hilang, langkah yang perlu dilakukan yaitu memblokirnya. Anda dapat melakukan pengecekan di mobile banking apakah ada transaksi yang tak dikenal atau tidak. Untuk mengantisipasinya, lebih baik Anda cepat-cepat memblokir kartu ATM tersebut.

4. Hubungi Customer Service Bank

Cara selanjutnya yaitu dengan menghubungi Customer Service atau CS bank tersebut. Anda dapat melakukannya dengan cara menelpon call center atau dengan CS digital. Setelahnya, Anda dapat melaporkan bahwa kartu ATM telah hilang.

5. Mengunjungi Bank yang Bersangkutan

Apabila ingin lebih jelas, Anda dapat mengunjungi bank yang bersangkutan. Nantinya, Anda bisa langsung mengurus penggantian kartu ATM yang telah hilang dengan kartu ATM baru. Pastikan Anda membawa dokumen penting, seperti kartu identitas (KTP) dan buku tabungan.

6. Melaporkan Kehilangan di Kantor Polisi

Langkah terakhir yang Anda bisa lakukan untuk mengurus kartu ATM yang hilang yaitu dengan melaporkan kehilangan di kantor polisi. Nantinya, surat keterangan yang didapat dari polisi bisa digunakan untuk melacak kartu ATM hilang.

Tips Agar Tidak Mudah Kehilangan kartu ATM

Adapun beberapa tips agar tidak mudah kehilangan kartu ATM adalah sebagai berikut:

1. Memaksimalkan Penggunaan Dompet Digital

Adapun langkah pertama yaitu dengan memaksimalkan penggunaan dompet digital. Anda dapat menggunakan e-card untuk melakukan segala jenis transaksi. Dengan begitu, Anda sudah meminimalkan penggunaan kartu ATM dan meminimalisir kehilangan.

2. Simpan Kartu di Tempat yang Sama

Langkah kedua agar tidak mudah kehilangan kartu ATM yaitu dengan menyimpannya di tempat yang sama. Hal tersebut tentunya akan bermanfaat bagi Anda yang pelupa. Misalnya, selalu simpan di dompet.

3. Menggunakan Smartphone dengan Fitur NFC dan M-Banking

Langkah terakhir yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan smartphone yang ada fitur NFC. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan m-banking untuk memudahkan transaksi sehingga, penggunaan kartu ATM akan lebih sedikit.

Biaya Ganti Kartu ATM yang Hilang

Jika ingin mengganti kartu ATM yang hilang menjadi baru, perlu diingat bahwa ada biaya ganti untuk melakukannya. Secara umum, setiap bank akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 hingga Rp25.000.

Namun, perlu diingat lagi bahwa ada beberapa bank yang tidak mengenakan charge alias bebas biaya. Selain itu, biaya penggantian kartu akan didasarkan pada jenis tabungan yang digunakan.

Itu dia beberapa saran mengenai cara melacak kartu ATM yang hilang. Jika Anda yang sedang kehilangan kartu, akan lebih baik jika langsung menerapkan beberapa cara di atas.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan tips-tips dalam artikel tersebut untuk meminimalisir kehilangan kartu.

Khusus bagi Sobat OCBC, Anda bisa mengetahui cara melacak ATM hilang dan meminimalisir kemungkinan kehilangan kartu ATM karena saat ini Anda dapat melakukan transaksi dengan praktis melalui ONe Mobile.

ONe Mobile telah dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk mengambil uang di ATM tanpa kartu. Yuk download dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi sekarang juga!

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

A means of payment for all transactions
Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna

Download OCBC mobile