Tak Perlu Keluar Rumah, Ini Cara Sedekah Subuh untuk Para Perempuan

26 Mar 2024

Sedekah subuh merupakan amalan mulia yang dianjurkan bagi siapa saja untuk mengawali hari, termasuk perempuan. Rasulullah SAW pun mengajarkan kita untuk mengisi pagi hari dengan perbuatan-perbuatan yang bermanfaat.

Bagi para pria yang ingin melakukan sedekah subuh, mereka bisa melakukannya dengan mengisi kotak amal di masjid ketika menunaikan salat subuh berjamaah. Lantas bagaimana dengan perempuan yang berniat sedekah subuh tapi nggak memungkinkan ke masjid?

Para perempuan yang berkeinginan sedekah subuh nggak perlu bingung. Perbuatan baik tentu akan selalu dimudahkan, terutama dalam hal sedekah. Bagaimana caranya? Yuk simak beberapa tipsnya berikut.

Niat Sedekah Subuh

Perbuatan mulia seperti sedekah subuh hendaknya dimulai dengan niat yang baik dan diiringi doa. Hal itu disarankan untuk dilakukan agar senantiasa amalan kita mendapat ridho dan diberkahi Allah SWT. Bacaan niatnya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ التَّقَرُّبَ اِلَى اللهِ تَعَالَى وَاتِّقَاءَ غَضَبِ الرَّبِّ جل جلاله وَاتِّقَاءَ نَارِ جَهَنَّمَ وّالتَّرَحُّمَ عَلَى الاخْوَانِ وَصِلَةَ الرَّحِمِ وَمُعَاوَنَةَ الضُّعَفَاءِ وَمُتَابَعَةَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَاِدْخَالَ السُّرُوْرِ عَلَى اْلاِخْوَانِ وَدَفْعِ البَلاَءِ عَنْهُ وَعَنْ سَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلاِنْفاقَ مِمَّا رَزَقَهُ الله وَقَهْرَ النّْفسِ والشّيطان

Nawaitu taqorruba ilallahi ta'ala wattuqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awanatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa 'an sairil

Muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya: "Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi saw., memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum Muslimin, menafkahkan rizki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

Bolehkah Perempuan yang Sedang Haid Sedekah Subuh?

Salah satu kodrat perempuan yaitu mengalami haid, yang menandakan ia sudah akil baligh. Perempuan yang sudah memasuki masa akil baligh diwajibkan untuk melaksanakan ibadah-ibadah fardhu. Namun ada kondisi yang melarang perempuan untuk melaksanakannya sementara waktu.

Sebagai contoh, perempuan yang sedang haid dilarang untuk menunaikan shalat. Namun meski begitu, bukan berarti wanita nggak boleh menunaikan amalan baik, loh. Mereka tetap diperbolehkan untuk beramal baik, salah satunya adalah sedekah. Artinya, para perempuan yang sedang haid tetap diperbolehkan untuk melakukan amalan lain seperti sedekah subuh.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Wahai kaum perempuan! Bersedekahlah kamu dan perbanyak istighfar. Sesungguhnya aku melihat kaum perempuan yang paling banyak menjadi penghuni neraka.” (HR Muslim).

Cara Sedekah Subuh Bagi Perempuan Tanpa Keluar Rumah

Sedekah subuh yang dilakukan dengan ikhlas dan niat yang tulus karena Allah SWT disebutkan memiliki manfaat luar biasa. Oleh sebab itu, amalan ini bebas dilakukan oleh siapa saja, termasuk perempuan yang tidak memungkinkan keluar rumah. Simak caranya berikut ini.

1. Sedekah ke Kotak Infaq

Jika kamu memungkinkan menunaikan shalat subuh di masjid terdekat, maka kamu bisa secara langsung menunaikan sedekah subuh dengan mengisi kotak amal yang tersedia. Namun apabila kondisi tidak memungkinkan, kamu bisa banget menitipkan sedekahmu kepada suami, ayah, atau saudara yang hendak berjamaah subuh di masjid.

2. Tabung Terlebih Dulu di Celengan

Sebagai alternatif lain apabila kamu nggak bisa ke masjid, solusinya adalah dengan menyimpan uangmu terlebih dahulu di celengan khusus sedekah subuh. Jadi kamu bisa membuat celengan khusus, kemudian mengisinya dengan sejumlah uang secara rutin setiap subuh. Ketika uang itu sudah terkumpul, maka barulah kamu bisa menyalurkannya.

3. Membagikan Sarapan

Coba tengok tetangga kanan-kirimu. Alternatif lain untuk menunaikan sedekah subuh tanpa keluar rumah adalah dengan cara berbagi makanan kepada tetangga yang membutuhkan. Siapa sangka jika berbagi makan pagi kepada tetangga termasuk sedekah subuh?

4. Kirim Uang ke Lembaga Penyalur

Cara terakhir bagi para perempuan yang hendak bersedekah subuh tanpa keluar rumah adalah dengan mengirimkan sejumlah uang ke lembaga penyalur yang amanah. Saat ini sudah banyak lembaga penyalur yang cepat, efisien, dan juga tepat dalam menyalurkan sedekah yang kamu bagikan.

Kamu juga tak perlu repot-repot ke ATM untuk sekadar mengirim uang. Kamu tinggal ambil ponsel dan buka aplikasi OCBC mobile. Dengan OCBC mobile kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan termasuk mentransfer dana ke lembaga penyalur untuk sedekah subuh.

Untuk mendapatkan berbagai kemudahan dari OCBC mobile, kamu tinggal download aplikasinya di App Store atau Play Store. Setelah itu, kamu bisa membuka rekening Nyala dengan enam langkah mudah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi OCBC Mobile, klik ‘Daftar OCBC Mobile’ lalu pilih ‘Saya Belum Punya Rekening’
  2. Pilih layanan ‘Nyala’, buat akun dan aktifkan Nyala. Siapkan E-KTP dan klik ‘Ajukan Produk’
  3. Lengkapi data diri, lalu pilih kartu debit dan lokasi pengiriman kartu
  4. Verifikasi video, lalu kamu akan mendapat Nomor Rekening dan User ID. Masukkan User ID dan Password sementara yang dikirim via SMS
  5. Buat Password dan PIN Transaksi, lalu setujui syarat dan ketentuan
  6. Lakukan setoran awal dan rekening bisa digunakan

Transaksi di OCBC mobile juga dijamin aman karena setiap transaksi dilindungi Two-Factor Authentication (2FA) dengan penggunaan User ID, Password serta PIN transaksi yang hanya diketahui oleh kamu sebagai pengguna. Aman dan nyaman, kan?

Berikut adalah informasi yang mungkin diperlukan bagi perempuan, terutama cara melaksanakan sedekah subuh tanpa harus keluar dari rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile