Sudah Pernah Beli Emas Pakai Kartu Kredit? Bisa Cicilan 0% Loh!

27 Mar 2024

Sejak dahulu kala, emas selalu menjadi primadona banyak orang entah emas batangan untuk investasi atau emas untuk perhiasan. Apalagi saat pandemi COVID-19 pada tahun 2020, harga emas melonjak hingga Rp1 Juta per gram.

Masyarakat yang sebelumnya telah menyimpan emas, mendapat keuntungan yang signifikan. Hingga kini, harga emas masih bertahan dan jarang mengalami penurunan.

Tak heran jika animo orang untuk berinvestasi emas terus meningkat. Ditambah lagi saat ini untuk membeli emas sudah sangat mudah, sekarang kamu bisa membeli emas secara daring dan tak perlu datang ke kantor PT Antam (Persero) Tbk.

Selain itu, ada banyak platform yang menyediakan emas atau logam mulia. Hanya dengan menggenggam dan mengoperasikan smartphone, kamu sudah bisa membeli emas.

Baca Juga: Cara Investasi Emas Agar Untung & Minim Risiko Bagi Pemula

Tak cuma tempat membeli emas yang lebih mudah, cara membeli emas pun juga semakin mudah. Mulai dari membuka tabungan emas dengan nominal terjangkau, hingga membeli emas dengan kartu kredit dengan cicilan 0%.

Dengan segala kemudahan tersebut, tak heran jika emas laku keras di pasaran. Penjualan PT Antam juga terus meroket hingga 147% dalam kuartal tiga tahun belakangan.

Keuntungan Investasi Emas Pakai Kartu Kredit

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, memangnya investasi emas dengan cara membeli memakai kartu kredit bisa untung? Mari kita bahas beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: 5 Cara Cek Harga Emas Hari Ini Paling Praktis dan Mudah

Sebenarnya kamu sebagai pengguna kartu kredit tentu sudah tahu salah satu keuntungan kartu kredit, yaitu bisa bertransaksi saat dana yang dibutuhkan belum siap. Namun selain itu, tentu ada manfaat lainnya.

  1. Perasaan Aman
  2. Meski belum lunas, namun emas sudah di tanganmu. Jadi, kamu tidak akan merasa khawatir lagi akan mengalami penipuan. Kamu juga bisa menjual emas itu sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

    Jika harga emas naik dan kamu ingin menjualnya, emas yang kamu miliki tetap bisa kamu jual meskipun angsurannya belum lunas. Bisa jadi untung kan?

  3. Investasi Masa Depan
  4. Mungkin selama ini kamu orang yang susah untuk berinvestasi. Nah, dengan membeli emas dengan kartu kredit, kamu seakan-akan memiliki utang yang harus kamu lunasi.

    Padahal sebenarnya, kamu sedang berinvestasi dengan membeli emas. Hal ini seolah memaksamu menyisihkan uang demi masa depan yang lebih cerah.

  5. Emas Bisa Jadi Jaminan
  6. Berbeda dengan produk konsumtif lain, emas merupakan sebuah aset yang likuid. Maksudnya, emas mudah diperjualbelikan. Selain itu, emas juga bisa dijadikan jaminan, misalnya dalam Pegadaian atau produk pinjaman dengan agunan lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Menabung Emas di Rumah, Lebih Praktis dan Aman!

Risiko Investasi Emas

Setelah membahas soal keuntungan berinvestasi emas dengan cara membeli dengan kartu kredit, kamu sebaiknya juga mengetahui soal risikonya. Seperti kata banyak perencana keuangan, tidak ada investasi yang 100% aman.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa harga emas sangat bergantung pada kondisi pasar. Maka dari itu, jenis investasi ini jadi salah satu bentuk investasi paling berisiko karena bisa berujung pada kerugian.

Ini yang sebaiknya dipertimbangkan baik-baik. Pastikan saat membeli, harga emas sedang turun dan menjualnya saat naik. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kerugian

Membeli Emas Pakai Kartu Kredit

Buat beberapa orang, cara ini bisa menguntungkan karena bisa mendapatkan harga emas pada hari itu namun dibayar dengan cara dicicil. Cicilannya pun tanpa bunga alias 0%.

Uang yang tadinya untuk membeli emas bisa kamu benamkan ke instrumen investasi yang lain misalnya Reksadana, Sukuk, atau SBN. Bisa juga dananya kamu gunakan untuk keperluan lainnya.

Banyak orang pun memanfaatkan cara ini untuk berinvestasi. Cara membeli emas dengan kartu kredit pun cukup mudah. Prinsipnya sama dengan kamu membeli barang lainnya dengan kartu kredit.

Baca Juga: 7 Risiko Investasi Emas yang Wajib Diketahui, Yuk Pahami!

Namun sebelumnya, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Cari Tempat atau Toko untuk Membeli Emas

Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya kamu survei dahulu tempat yang akan kamu tuju untuk membeli emas. Kamu bisa memilih toko offline maupun online yang kamu percaya.

Pastikan toko tersebut menerima pembayaran dengan kartu kredit. Sebaiknya ini dipastikan dengan cara menelepon toko tersebut dan menanyakan apakah toko tersebut menerima pembayaran dengan kartu kredit atau tidak.

Pembayaran dengan kartu kredit saat ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah namun mungkin ada toko yang tidak atau belum menerima cara pembayaran ini.

Beberapa toko yang menerima pembayaran dengan kartu kredit terkadang menerapkan aturan ‘fee’ jika kamu memakai kartu kredit untuk membayar. Hal ini harus menjadi pertimbangan kamu karena dengan begitu akan ada tambahan yang ditagihkan kepadamu.

Besarannya bisa bermacam-macam, mulai 2% hingga 5% dari total transaksi. Sebaiknya carilah toko yang tidak menerapkan aturan ‘fee’ tersebut. Biasanya, toko online atau marketplace tidak menerapkan aturan tersebut.

2. Pilih Penjual yang Bisa Dipercaya

Setelah menemukan toko yang kamu incar, jangan langsung melakukan transaksi. Sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu kualifikasi seller tersebut. Jika itu toko online, salah satu yang bisa kamu lihat adalah testimoni pembeli.

Toko online yang biasanya aman adalah marketplace ternama karena dana yang kamu bayarkan biasanya akan ditahan oleh pihak marketplace hingga barang yang kamu pesan diterima. Jangan lupa untuk memilih seller yang terpercaya di marketplace tersebut.

3. Pilih Emas yang Bersertifikat

Saat ini sangat banyak orang yang menjual emas, tapi pilihlah emas yang bersertifikat. Dengan membeli emas bersertifikat, kamu bisa lebih tenang karena sudah pasti produknya terjamin.

Saat ini, emas yang paling banyak beredar adalah dari Antam (Aneka Tambang – PT Antam, Tbk) dan UBS (Untung Bersama Sejahtera). Ada dua jenis sertifikat dari Antam yaitu CertiCard® dan KAN (Komite Akreditasi Nasional). Sementara dari UBS adalah SNI (Standar Nasional Indonesia).

4. Pilih Kartu Kredit dengan Fasilitas Cicilan 0%

Setelah yakin dengan emas yang akan dibeli, kamu perlu memikirkan kartu kredit yang akan digunakan untuk membayar transaksi pembelian emas tersebut. Saat ini, sudah banyak kartu kredit dari Bank-Bank di Indonesia, tapi tidak semuanya memiliki penawaran fasilitas cicilan 0%.

Baca Juga: 11 Tipe Logam Mulia Termahal di Dunia, Ada Emas hingga Perak

Salah satu produk kartu kredit yang bisa kamu pertimbangkan adalah Nyala Kartu Kredit dari Bank OCBC. Dengan Nyala Kartu Kredit, kamu bisa mengubah transaksi kamu, termasuk saat membeli emas dengan transaksi cicilan 0% dengan tenor tiga bulan tanpa minimum transaksi.

Cara mengubah transaksi cicilan 0% adalah sebagai berikut:

  • Login OCBC mobile
  • Klik 'Finansial' dan pilih 'pinjaman'
  • Pilih 'Kartu Kredit' dan Klik transaksi yang akan dijadikan cicilan
  • Masukan PIN Transaksi

Selain fasilitas cicilan 0%, Nyala Kartu Kredit juga memiliki Fitur Nirsentuh (Contactless) sehingga pembayaran lebih mudah dan diterima di seluruh dunia, di lebih dari 29 juta merchant (tempat usaha) dan jasa rekanan yang bekerjasama dengan Mastercard International.

Kamu juga bisa menarik tunai hingga 70% dari limit kartu dengan cara mengunjungi ATM terdekat dan pilih menu tarik tunai dengan menggunakan PIN kartu kredit kamu. Gimana, mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi? Segera investasi emas dengan Nyala Kartu Kredit kamu!


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile