Kredit Mobil Bekas, Bagaimana Cara Menghitung Bunganya?

28 Mar 2024

Kredit mobil bekas bisa menjadi solusi untuk memiliki mobil dengan harga yang relatif lebih murah. Namanya kredit, pasti kamu harus membayar bunga dan biaya lainnya. Lalu berapa bunga yang harus dibayar saat kredit mobil bekas?

Bunga merupakan salah satu dari komponen harga yang kamu dapatkan saat kredit mobil bekas. Selain bunga, kamu juga dibebankan biaya lain seperti biaya administrasi dan biaya asuransi selama kredit berlangsung.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk kredit mobil bekas, kamu harus tahu apa saja komponen biaya yang mempengaruhi harga mobil, pokok hutang, dan besar cicilan yang harus dibayar setiap bulan.

Baca juga: 8 Tips Kredit Mobil Agar Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Simulasi Kredit Mobil Bekas

Membeli mobil bekas baik cash maupun kredit tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain masalah harga, kamu juga harus memeriksa secara menyeluruh kondisi mobil yang akan dibeli.

Pasalnya, mobil bekas pasti sudah digunakan oleh pemilik sebelumnya. Adanya kecacatan atau kekurangan pada mobil bisa jadi lumrah, sehingga kamu perlu memilih mobil dengan kekurangan paling minim.

Terkait harga dan berapa bunga kredit mobil bekas, kamu bisa mengikuti beberapa langkah simulasi berikut ini.

1. Menentukan DP

Down payment (DP) atau uang muka adalah komponen yang selalu ada saat kredit barang, entah itu mobil maupun rumah. DP ini akan menentukan seberapa besar cicilan bulanan yang harus kamu bayarkan.

DP juga dipatok beragam oleh leasing mobil, namun rata-rata DP berkisar antara 20-50% dari total harga mobil. Semakin besar DP yang kamu bayarkan, maka cicilan yang dibebankan pun akan semakin kecil.

Untuk menentukan DP, kamu harus mengetahui berapa harga mobil jika dibeli secara cash terlebih dulu. Misalnya, mobil yang kamu inginkan harganya Rp200 Juta, dengan ketentuan DP minimal 30%, maka perhitungan DP-nya adalah: Rp200 Juta x 30% = Rp60 Juta.

2. Besar Pokok Hutang

Setelah mengetahui berapa DP yang harus dibayar, berikutnya kamu harus mengetahui besar pokok kredit atau pokok hutang. Pokok kredit merupakan sisa dari harga mobil yang sudah dikurangi DP.

Nantinya, pokok hutang akan ditambah dengan bunga kredit. Hasil penjumlahan ini akan menjadi acuan terkait besar cicilan yang harus dibayar setiap bulan.

Adapun menghitung besar pokok kredit adalah sisa dari harga mobil - DP, yaitu Rp200 Juta - Rp60 Juta = Rp140 Juta.

Baca juga: Cara Over Kredit Mobil yang Benar & Aman, Simak Tipsnya!

3. Menentukan Tenor

Tenor adalah jangka waktu pinjaman atau kredit yang diberikan pihak bank atau leasing. Untuk kredit mobil bekas, tenor yang tersedia antara 12 bulan sampai 60 bulan atau 5 tahun.

Memilih tenor yang tepat sangat penting karena akan mempengaruhi besaran plafon kredit dan cicilan yang akan dibayarkan. Selain itu, semakin kecil tenor yang kamu ambil, maka cicilan akan semakin cepat lunas meskipun angkanya lebih besar.

Dalam hal ini, misalnya kamu memilih tenor selama 36 bulan atau 3 tahun.

4. Berapa Bunga Kredit Mobil Bekas?

Suku bunga atau interest rate adalah tingkat pertambahan nilai yang ditetapkan pihak bank atau leasing. Fungsi adanya bunga ini adalah sebagai jaminan pelindung nilai bagi pihak bank.

Bunga kredit mobil bekas sifatnya beragam berdasarkan ketentuan masing-masing bank atau leasing. Namun bunga per tahun untuk kredit mobil bekas biasanya di bawah 10%.

Misalnya kamu mendapat bunga kredit mobil bekas sebesar 8%, dengan tenor yang dipilih adalah 36 bulan, maka perhitungan bunga yang harus dibayar adalah sebagai berikut:

Bunga yang harus dibayar = pokok kredit x (bunga x tenor) / 100

= Rp140 Juta x (8% x 36) / 100

= Rp 33.600.000

Untuk mencari jumlah cicilan kredit, maka pokok kredit harus ditambah dengan bunga yang harus dibayar, lalu dibagi 36 bulan sebagai tenor. Maka hasilnya adalah:

Cicilan kredit = pokok + bunga / 36

= Rp140 Juta + Rp33,6 Juta / 36

= Rp173,6 Juta / 36

= Rp4.822.222

Di beberapa leasing, biasanya konsumen masih harus dibebani dengan biaya administrasi dan biaya asuransi. Biaya administrasi biasanya sudah dimasukkan ke dalam DP, tapi ada juga yang dibebankan ke konsumen saat membayar cicilan pertama.

Demikian ulasan mengenai berapa bunga kredit mobil bekas beserta simulasinya. Kamu yang tertarik kredit mobil bekas bisa mempercayakan pembiayaan melalui Kredit Pembelian Mobil atau KPM dari OCBC.

KPM OCBC adalah produk pinjaman yang memudahkan masyarakat untuk memiliki mobil impian. Produk KPM OCBC bisa digunakan untuk membeli mobil baru dan bekas dengan tenor hingga 5 tahun dan proses pengajuan yang mudah.

Untuk mengajukan KPM OCBC, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 21-55 untuk karyawan dan usia 21-70 tahun untuk pengusaha/profesional
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Minimum plafond Rp100 Juta dan maksimum Rp2 Miliar
  • Dokumen pribadi seperti KTP dan NPWP
  • Dokumen keuangan seperti fotokopi rekening tabungan
  • Dokumen lainnya seperti Surat Pesanan Kendaraan dari Dealer

Download OCBC mobile sekarang juga untuk merasakan kemudahan mengajukan KPM OCBC!

Baca juga: Ini dia 7 syarat kredit Mobil yang Penting untuk Dipahami


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile