4 Cara Dapat Kredit Rumah Murah Angsuran Rp1 Jutaan

16 Apr 2024

Siapa yang mau mendapatkan kredit rumah murah dengan angsuran Rp1 Jutaan? Jika kamu salah satunya, ikuti cara berikut ini untuk mendapatkannya!

Membeli rumah secara kredit melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi solusi di tengah harga properti yang terus meningkat.

Namun demikian, kamu juga harus mengatur strategi yang tepat untuk mendapatkan kredit rumah murah dengan angsuran yang ringan.

Jika tidak, kamu akan mendapatkan kredit dengan DP dan angsuran yang tinggi, sehingga akan berdampak pada cash flow bulanan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan kredit rumah angsuran ringan Rp1 Jutaan per bulan? Simak uraian berikut ini!

Baca juga: Syarat KPR Rumah Beserta Langkah-langkah Pengajuannya

Kredit Rumah Angsuran Rp1 Juta

Memutuskan untuk membeli rumah secara KPR tetap harus dibarengi dengan strategi yang tepat. Hal ini penting, agar kamu mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan, baik untuk membayar down payment (DP) maupun angsuran bulanan.

Sebagaimana diketahui, membeli rumah secara KPR merupakan solusi pemilikan rumah di tengah harga properti yang terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Maka jangan sampai solusi mendapatkan rumah melalui KPR ini justru membuat keuangan terbebani, karena harus membayar DP atau angsuran di luar kemampuan.

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan kredit rumah murah dengan angsuran Rp1 Jutaan yang bisa kamu lakukan.

1. Beli Rumah Subsidi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli rumah subsidi. Melansir laman Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, rumah subsidi adalah rumah yang dibangun dengan harga terjangkau dan diperoleh melalui skema KPR baik konvensional maupun syariah.

Rumah subsidi merupakan solusi pemilikan rumah yang ditawarkan pemerintah kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pemerintah membebaskan biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sehingga harga rumah bisa lebih terjangkau dibanding rumah komersial.

Harga rumah subsidi sendiri berkisar antara Rp150 Juta - Rp180 Juta. Dengan perkiraan DP sekitar Rp10 Juta dan tenor cicilan 15 tahun, kamu bisa mendapatkan rumah dengan cicilan antara Rp850 Ribu sampai Rp1 Jutaan.

Adapun program rumah subsidi yang diluncurkan pemerintah ada beberapa jenis, yaitu:

  • Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), yaitu program subsidi rumah bagi MBR dengan penghasilan tidak lebih dari Rp4 Juta untuk rumah sejahtera tapak dan Rp7 Juta untuk rumah sederhana susun.
  • Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), yaitu bantuan berupa subsidi uang muka bagi penerima KPR Bersubsidi sebesar Rp4 Juta.
  • Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), yaitu program bantuan yang diberikan kepada MBR yang memiliki tabungan.

2. Membayar DP Besar

Cara berikutnya untuk mendapatkan kredit rumah angsuran Rp1 Jutaan adalah dengan membayar DP yang besar. Dengan DP yang besar, hutang pokok akan berkurang signifikan sehingga ketika dibagi jumlah tenor, maka angsurannya pun akan kecil.

Sebagai contoh, kamu membeli rumah di kawasan Depok dengan harga Rp400 Juta. Jika kamu membayar DP besar, misalnya Rp200 Juta, maka hutang pokok yang tersisa tinggal Rp200 Juta.

Dengan asumsi bunga KPR flat 7%, dan tenor kredit antara 15-20 tahun, maka angsuran yang perlu kamu bayar per bulan adalah Rp1,5 Juta untuk tenor 20 tahun atau Rp1,8 Juta untuk tenor 15 tahun.

Baca juga: 7 Tips Memilih KPR yang Aman Sesuai Kebutuhan, Wajib Tahu!

3. Pilih Tenor KPR yang Panjang

Selain DP yang besar, kamu juga bisa mendapatkan kredit rumah angsuran Rp1 Jutaan dengan memilih tenor cicilan yang panjang. Tak dipungkiri, tenor yang panjang akan mempengaruhi besaran cicilan yang harus dibayar per bulan.

Rumusnya, semakin singkat tenor cicilan, maka angsuran per bulan akan semakin besar. Begitu pula sebaliknya, semakin panjang tenor, maka angsuran bulanan semakin kecil.

Contohnya seperti simulasi pada poin kedua di atas. Dengan sisa hutang pokok Rp200 Juta, bunga flat 7%, maka kamu bisa mendapatkan angsuran kecil yaitu Rp1,5 Juta jika memilih tenor 20 tahun.

4. Pilih KPR dengan Bunga Rendah

Cara berikutnya adalah kejelian kamu dalam memilih produk KPR yang ditawarkan oleh perbankan. Pastikan kamu memilih produk KPR yang menawarkan bunga rendah.

Sudah banyak bank yang menawarkan suku bunga rendah di bawah 10%, salah satunya OCBC. Ada banyak produk KPR dari OCBC yang bisa kamu pilih, misalnya KPR Kendali.

Dengan KPR Kendali dari OCBC, kamu bisa mengendalikan besaran bunga dan tenor KPR lewat saldo tabungan. Selain itu, tenor cicilan yang ditawarkan juga panjang, yaitu mencapai 25 tahun.

Pengajuan KPR Kendali bisa dilakukan dengan mudah melalui OCBC mobile, dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Usia maksimal:
    • Karyawan: 55 tahun pada saat jangka waktu kredit berakhir
    • Pengusaha/Profesional: 70 tahun pada saat jangka waktu berakhir
  • Memiliki penghasilan tetap

Terkait suku bunga, OCBC memiliki promo KPR Infinite yang menawarkan bunga KPR Kendali hingga 0% untuk pembelian properti dari Sinar Mas Land.

Promo ini berlangsung mulai 1 Maret sampai 30 Juni 2024, dengan penawaran berupa:

  • Bunga KPR Kendali hingga 0%
  • Diskon hingga 26% dari harga jual
  • Subsidi DP hingga 20%
  • Insentif PPN

Baca juga: Minat KPR Syariah? Pelajari Simulasi & Perhitungannya Yuk!


Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca

Edukasi - 30 Apr 2024

Cara Kredit HP Online Tanpa DP dan Kartu Kredit, Hanya Pakai KTP

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
KPR Easy Start

KPR Easy Start

KPR untuk generasi muda wujudkan rumah impian dengan angsuran rendah
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile