Cara Mudah Dapat Miles dari Kartu Kredit, Jadi Makin Untung!

23 Apr 2024

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kartu kredit memberikan banyak keuntungan. Selain memudahkan transaksi, kamu juga berkesempatan dapat promo atau reward, termasuk mendapat poin dalam bentuk miles.

Nantinya, miles yang kamu dapatkan bisa ditukar dengan berbagai fasilitas, mulai dari pembelian tiket pesawat hingga kemudahan bertransaksi saat sedang berada di luar negeri.

Baca juga: 10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Diketahui Penggunanya

Apa Itu Kartu Kredit Miles?

Miles adalah sebutan untuk point reward pada kartu kredit. Singkatnya, miles kartu kredit adalah poin yang terkumpul dari setiap transaksi yang kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Miles pada kartu kredit bersifat lebih umum dibanding flyer miles dari maskapai penerbangan. Pada maskapai, flyer miles hanya diberikan sebagai imbalan atas penerbangan yang dilakukan.

Sementara pada kartu kredit, miles diberikan untuk semua transaksi yang dilakukan.

Jumlah pasti pemberian miles tentu saja berbeda-beda sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. Beberapa bank bahkan hanya memberikan miles pada transaksi tertentu, seperti pembelian tiket pesawat atau menginap di hotel.

Kamu bisa mengumpulkan miles yang didapat dari setiap transaksi tersebut, lalu menukarnya untuk berbagai keperluan, seperti biaya perjalanan, sebagai statement credit, hingga pembelian di merchant tertentu.

Baca juga: Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard, Untung Mana?

Manfaat Miles dari Kartu Kredit

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika miles yang terkumpul sudah mencapai jumlah tertentu.

1. Travel Rewards

Salah satu manfaat miles dari kartu kredit adalah kesempatan untuk mendapatkan hadiah perjalanan. Miles yang dikumpulkan dari penggunaan kartu kredit bisa ditukarkan dengan tiket pesawat, hotel, atau bahkan upgrade kelas penerbangan.

Dengan mengumpulkan miles, pengguna bisa merencanakan perjalanan impian dengan biaya yang lebih rendah atau bahkan gratis.

2. Penghematan Biaya Perjalanan

Dengan menggunakan miles, pengguna kartu kredit bisa mengurangi biaya perjalanan secara signifikan. Hal ini bisa mencakup tiket pesawat gratis, penginapan gratis di hotel, atau bahkan akses ke fasilitas eksklusif di bandara seperti lounge.

3. Bonus Tambahan

Selain manfaat langsung dalam bentuk perjalanan, kartu kredit yang menawarkan miles juga memberikan bonus dan rewards tambahan kepada pemegang kartu.

Bonus tambahan bisa berupa welcome bonus yang besar saat pertama kali mendaftar, akses ke fasilitas tambahan seperti asuransi perjalanan atau perlindungan pembatalan, atau bahkan diskon khusus atau akses prioritas ke acara-acara eksklusif.

Baca juga: Kartu Kredit Virtual: Pengertian, Manfaat & Tips Membuatnya

Cara Dapat Miles dari Kartu Kredit

Lalu bagaimana cara mendapatkan miles dari kartu kredit? Berikut penjelasannya!

1. Beli Tiket Pesawat atau Akomodasi Hotel

Cara pertama untuk mendapat miles adalah dengan melakukan transaksi untuk keperluan travel spending seperti beli tiket pesawat atau akomodasi hotel.

Biasanya, miles yang didapat dari transaksi ini bisa lebih besar dibanding transaksi biasa. Misalnya, kamu bisa mendapatkan 1 mil per beberapa rupiah untuk pembelian umum namun mendapat dua atau tiga mil dengan pengeluaran yang sama jika membeli tiket pesawat atau akomodasi hotel.

2. Belanja dengan Kartu Kredit

Seperti yang dijelaskan, menggunakan kartu kredit untuk belanja juga termasuk dalam cara mendapatkan miles. Memang, miles yang didapat mungkin tidak sebesar transaksi perjalanan.

3. Membayar Tagihan

Beberapa bank juga memberikan miles untuk setiap pembayaran tagihan bulanan yang dilakukan nasabah. Dengan begitu, kamu perlu memastikan tagihan kartu kredit selalu dibayar penuh dan tepat waktu, agar miles segera terkumpul.

Rekomendasi Kartu Kredit untuk Dapat Miles

Memilih kartu kredit yang tepat juga penting untuk memastikan kamu mendapat point reward atau miles. Dalam hal ini, kamu bisa mempertimbangkan Kartu Kredit Voyage dari OCBC.

Dengan Kartu Kredit Voyage, kamu bisa mendapatkan 1 miles setiap transaksi ritel sebesar Rp10 Ribu. Hal ini berlaku untuk kartu utama maupun kartu tambahan.

Namun sebagai catatan, transaksi untuk mendapat miles adalah transaksi ritel, sehingga beberapa jenis transaksi seperti transaksi cicilan, tarik tunai, Loan on Phone dan transaksi yang dibatalkan tidak termasuk.

Adapun ketentuan penukaran Voyage Miles adalah sebagai berikut:

  • Rebate hingga 100% untuk berbagai transaksi Kartu Kredit OCBC Voyage dengan menukarkan Voyage Miles.
  • 1 Voyage Miles = Rp100
  • Penukaran ke Airline Frequent Flyer
  • Efektif 1 Oktober 2022, 1 Voyage Miles = 1 KrisFlyer / 1 GarudaMiles / 1 AirAsia BIG Point
  • Voyage Miles juga dapat ditukarkan dengan Tiket pesawat apapun kemanapun tanpa black out date, Hotel, Sewa Kendaraan hingga barang luxury ataupun kebutuhan sehari-hari Anda.
  • Penukaran Voyage Miles dapat dilakukan melalui Voyage Exchange 24/7 Personal Concierge +6221 26506363 atau email tanya@ocbc.id

Selain itu, Kartu Kredit Voyage juga menawarkan keuntungan premium lain, seperti fasilitas airport lounge hingga 1.200 bandara di 136 negara.

Kemudian, pemegang kartu akan mendapatkan Rekomendasi tempat wisata, pembelian tiket konser musik bahkan sampai personal buyer kebutuhan lifestyle mulai dari gadget, tas, perhiasan hingga kado istimewa.

Pemegang Kartu Kredit OCBC Voyage juga bisa mendapatkan flexibilitas penukaran Voyage Complimentary benefit: Fine dining, luxury staycation, travel tickets, voyage miles, cash rebate & cinema tickets.

Tertarik dengan Kartu Kredit Voyage? Buka sekarang melalui OCBC mobile!

Baca juga: Syarat Pengajuan Kartu Kredit, Ini Hal yang Harus Dipenuhi!


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile