Kartu Kredit Bebas Biaya Tahunan, Emang Ada?

23 Apr 2024

Kartu kredit identik dengan beberapa biaya yang harus dibayar nasabah di luar hutang dan bunga. Salah satu biaya kartu kredit tersebut adalah biaya tahunan. Tapi ada nggak sih kartu kredit yang bebas biaya tahunan?

Biaya tahunan kartu kredit adalah biaya yang secara otomatis dibebankan oleh bank penerbit kartu kredit dan harus dibayar oleh nasabah. Tujuannya  agar kartu kredit tetap aktif dan bisa digunakan bertransaksi.

Selain itu, biaya tahunan merupakan cost yang harus dibayar untuk mendapat manfaat kartu kredit.

Umumnya, semakin besar manfaat yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula biaya tahunannya. Meskipun tidak menutup kemungkinan adanya bank yang menerapkan bebas biaya tahunan.

Baca juga: 11 Tips Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Usaha, Simak!

Keuntungan Kartu Kredit Bebas Biaya Tahunan

Ketika ditanya apakah ada kartu kredit yang bebas biaya tahunan? Jawabannya tentu ada. Kebanyakan kartu kredit menerapkan bebas biaya tahunan untuk tahun pertama, meski ada beberapa kartu kredit yang bebas biaya tahunan selamanya.

Bebas biaya pada tahun pertama biasanya merupakan strategi marketing bank penerbit untuk menarik nasabah baru.

Sementara bebas biaya tahunan selamanya seringkali disertai dengan syarat lain seperti harus menjadi pengguna aktif layanan “kelas atas” bank tersebut.

Memiliki kartu kredit yang bebas biaya tahunan tentu saja memberikan keuntungan tersendiri. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Hemat Biaya

Manfaat yang paling mencolok dari memiliki kartu kredit bebas iuran tahunan adalah penghematan biaya. Dalam beberapa kasus, biaya tahunan kartu kredit bisa berjumlah signifikan, terutama untuk kartu kredit premium dengan berbagai manfaat tambahan.

Dengan kartu kredit bebas iuran tahunan, pemegang kartu bisa menghindari biaya ini secara keseluruhan, yang bisa menunjang penghematan hingga ratusan ribu rupiah setiap tahunnya.

Sehingga, dana iuran tahunan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain atau ditabung.

2. Meringankan

Kartu kredit bebas iuran tahunan cenderung lebih mudah dipertahankan oleh pemegang kartu karena tidak ada tekanan untuk membayar biaya tahunan setiap tahun.

Dalam beberapa kasus, pemegang kartu mungkin merasa terbebani oleh biaya tahunan, terutama jika mereka tidak merasa bahwa manfaat yang mereka terima sepadan dengan biaya yang dibayarkan.

Dengan tidak ada biaya tahunan, pemegang kartu dapat merasa lebih nyaman menggunakan kartu kredit mereka secara teratur tanpa perlu khawatir tentang biaya tambahan.

3. Menjaga Skor Kredit

Dengan memiliki kartu kredit bebas iuran tahunan dan menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab, pemegang kartu dapat memperbaiki atau mempertahankan skor kredit mereka.

Seperti yang diketahui, salah satu faktor yang mempengaruhi skor kredit adalah usia kredit, atau lamanya sejarah penggunaan kartu kredit.

Hal ini sangat berguna ketika kamu jarang menggunakan kartu kredit. Dengan tanpa biaya tahunan, kamu tidak perlu membayar item itu ketika tidak menggunakannya.

Baca juga: Wajib tahu! Ini 5 Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

Kartu Kredit Bebas Biaya Tahunan

Seperti yang dijelaskan di atas, bebas biaya tahunan dalam kartu kredit ada dua jenis, yaitu bebas biaya tahun pertama dan bebas biaya tahunan selamanya.

Saat ini, banyak bank yang menawarkan promo berupa kartu kredit bebas biaya. Salah satunya adalah OCBC. Kamu bisa memilih beberapa kartu kredit bebas biaya dari OCBC, antara lain.

1. Nyala Kartu Kredit

Kartu kredit bebas biaya tahunan yang pertama adalah Nyala Kartu Kredit. Produk ini menawarkan banyak kemudahan mulai dari sistem digitalisasi melalui OCBC mobile, bisa diaktifkan secara online, hingga bisa digunakan transaksi online meski kartu fisik belum diterima.

Terkait biaya tahunan, Nyala Kartu Kredit menawarkan bebas biaya tahunan untuk tahun pertama.

Kemudian pada tahun berikutnya, kamu dikenakan biaya tahunan sebesar Rp600 Ribu untuk kartu utama per tahun dan Rp300 Ribu untuk kartu tambahan per tahun.

Dengan biaya tahunan tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti:

  • Cashback 8% untuk semua transaksi online sepanjang tahun
  • Serba digital di OCBC mobile: Buat PIN Kartu Kredit, Cek Limit & Tanggal Kadaluarsa, Monitor Tagihan, Ubah transaksi jadi Cicilan & Pengajuan Travel Notice.
  • Fitur Contactless untuk kecepatan bertransaksi.
  • Promo merchant Nyala, berupa hemat hingga Rp380 Ribu di berbagai merchant, seperti: Astro, Grab, Halodoc, Re Juve, ruparupa.com, sociolla, dan Tokopedia.
  • Semua bisa dicicil 0% untuk tenor 3 bulan.
  • Bebas iuran tahun pertama, tahun berikutnya mengikuti program yang berlaku.
  • Pembayaran tagihan minimum 5% dari total tagihan.

Kamu bisa membuka Nyala Kartu Kredit dengan mudah melalui aplikasi OCBC mobile.

2. Kartu Kredit OCBC Voyage

Berikutnya adalah Kartu Kredit OCBC Voyage. Berbeda dengan Nyala Kartu Kredit yang hanya bebas biaya tahun pertama, kartu kredit ini menawarkan bebas biaya tahunan selamanya.

Kartu Kredit OCBC Voyage bisa kamu dapatkan dengan menjadi nasabah Private Banking OCBC.

Selama aktif sebagai nasabah Private Banking, kamu akan mendapat bebas biaya tahunan untuk kartu utama dan kartu tambahan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapat bebas biaya tahunan Kartu Kredit OCBC Voyage dengan menjadi nasabah Premier Banking dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kartu utama: Bebas Iuran Tahunan selama menjadi nasabah Premier Banking Bank OCBC dengan menjaga total gabungan dana (AUM) Rp500 Juta.
  • Kartu Tambahan: Rp2.500.000 per kartu atau mengikuti Program Tanda Hold atau memiliki total transaksi kartu utama dan kartu tambahan minimal Rp 300.000.000 pada 1 tahun sebelumnya

Namun jika bukan nasabah Private Banking atau Premier Banking, kamu akan dikenakan biaya tahunan sebesar Rp8 Juta untuk kartu utama dan Rp2,5 Juta untuk kartu tambahan.

Kartu Kredit OCBC Voyage menawarkan banyak keuntungan premium kepada para pemegangnya. Pertama, kamu bisa mendapat fasilitas airport lounge hingga 1.200 bandara di 136 negara.

Ada juga keuntungan lain yaitu bonus Voyage Miles, yaitu bonus berupa poin yang akan kamu dapatkan setiap transaksi minimal Rp10 Ribu menggunakan Kartu Kredit OCBC Voyage.

Keuntungan lain yang bisa didapat adalah 24/7 Voyage Exchange Concierge untuk berbagai keperluan dari Penukaran Voyage Miles, Rekomendasi tempat wisata, pembelian tiket konser musik bahkan sampai personal buyer kebutuhan lifestyle mulai dari gadget, tas, perhiasan hingga kado istimewa.

Pemegang Kartu Kredit OCBC Voyage juga bisa mendapatkan flexibilitas penukaran Voyage Complimentary benefit: Fine dining, luxury staycation, travel tickets, voyage miles, cash rebate & cinema tickets.

Itu dia ulasan lengkap mengenai kartu kredit bebas biaya tahunan. Tertarik dengan salah satu dari dua kartu tersebut? Download OCBC mobile sekarang juga!

Baca juga: Memahami 10 Manfaat Kartu Kredit Bagi Pengguna, Yuk Simak!


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Syariah - Pembiayaan

Syariah - Pembiayaan

Kelola keuangan lebih nyaman dengan prinsip Syariah

Download OCBC mobile