Produk Kartu Kredit yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

23 Apr 2024

Produk kartu kredit berikut ini sangat cocok untuk digunakan oleh ibu rumah tangga (IRT). Selain mudah prosesnya, kartu kredit ini juga menawarkan banyak keuntungan.

Seorang ibu rumah tangga tentunya memiliki kebutuhan yang banyak dan beragam, seperti kebutuhan membeli bahan makanan dan perabot rumah tangga.

Dengan begitu, seorang ibu rumah tangga juga memerlukan dukungan alat pembayaran yang memudahkan seperti kartu kredit.

Sayangnya, banyak mitos di luar sana yang mengatakan bahwa ibu rumah tangga akan sulit untuk membuat kartu kredit. Alasannya IRT tidak memiliki penghasilan tetap sebagai salah satu syarat membuat kartu kredit.

Padahal, beberapa bank sudah mulai memberikan kemudahan bagi IRT untuk membuat kartu kredit.

Hal itu dilakukan dengan mengecek riwayat tabungan, meminta informasi terkait penghasilan suami, hingga jumlah deposito sebagai syarat.

Selain itu, IRT juga bisa menjadi pemegang kartu tambahan dari kartu utama yang dipegang sang suami. Dengan semua opsi itu, IRT sangat mungkin memiliki kartu kredit.

Baca juga: Kartu Kredit Virtual: Pengertian, Manfaat & Tips Membuatnya

Tips Memilih Kartu Kredit untuk IRT

Ibu rumah tangga biasanya menjadi tumpuan keluarga untuk memilih produk, mulai dari bahan makanan, perabot rumah tangga, pakaian keluarga, dan sebagainya.

Dalam hal ini, IRT akan melakukan riset dan komparasi dari sekian banyak pilihan produk yang tersedia. Kemudian, IRT akan menjatuhkan pilihan kepada produk terbaik untuk dirinya dan keluarga.

Begitu pula dengan memilih kartu kredit. Seorang IRT harus jeli dan bisa mempertimbangkan produk kartu kredit yang sesuai dengan profil mereka.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan IRT dalam memilih produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Tentukan Kebutuhan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan  sebagai ibu rumah tangga. Hal ini meliputi pemahaman tentang bagaimana menggunakan kartu kredit, jenis reward atau manfaat tambahan yang diinginkan, hingga seberapa sering akan menggunakan kartu kredit.

Misalnya, jika sering melakukan belanja online atau di supermarket, seorang IRT perlu memilih kartu kredit yang menawarkan cashback atau reward yang tinggi untuk kategori-kategori tersebut.

2. Perhatikan Biaya-biaya

Saat memilih kartu kredit, sangat penting untuk memperhatikan biaya-biaya yang terkait dengan penggunaannya. Biaya kartu kredit mencakup biaya tahunan, biaya keterlambatan pembayaran, biaya bunga, dan sebagainya.

Maka saat memilih kartu kredit, penting untuk riset dan membandingkan biaya-biaya tersebut di antara pilihan kartu kredit yang tersedia.

3. Pilihan Fitur Tambahan

Kartu kredit biasanya menawarkan berbagai fitur tambahan, seperti asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, diskon di merchant tertentu, atau akses ke airport lounge.

Seorang IRT mungkin memiliki preferensi khusus terkait fitur tambahan ini yang tentunya sesuai dengan kebutuhan.

4. Program Reward yang Menguntungkan

Program reward atau cashback adalah salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih kartu kredit. Pastikan untuk memilih kartu kredit yang menawarkan program reward atau cashback yang sesuai dengan kebiasaan belanja.

Misalnya, jika sering melakukan belanja di supermarket, pilih kartu kredit yang menawarkan cashback tinggi untuk pembelian di supermarket akan memberikan manfaat yang lebih besar.

5. Perhatikan Tingkat Bunga

Bunga kartu kredit adalah faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih kartu kredit. Pastikan memilih produk kartu kredit yang menawarkan bunga rendah sehingga lebih hemat dan menguntungkan.

Baca juga: Wajib tahu! Ini 5 Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

Kartu Kredit untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak pilihan kartu kredit yang bisa dipilih seorang IRT. Namun melihat beberapa tips tersebut, produk Nyala Kartu Kredit dari OCBC tampak paling tepat.

Pasalnya Nyala Kartu Kredit merupakan satu-satunya kartu kredit auto-cuan yang bisa membantumu meraih #FinanciallyFit.

Bagaimana tidak? Nyala Kartu Kredit menawarkan banyak kemudahan, salah satunya adalah langsung bisa digunakan berbelanja online meski belum menerima kartu fisiknya.

Dengan begitu, seorang ibu rumah tangga bisa langsung mendapat manfaat kartu kredit meski belum menerima kartunya. Hal ini bisa dilakukan karena fitur aktivasi online melalui OCBC mobile dengan cara yang sangat mudah:

  • Login ke OCBC mobile
  • Pilih Pengaturan Kartu dan klik kartu yang ingin diaktivasi
  • Pilih Belum Terima dan klik Aktifkan Kartu untuk Transaksi Online
  • Setujui syarat dan ketentuan, lalu masukkan PIN Transaksi
  • Kartu sudah aktif dan bisa digunakan untuk transaksi online

Selain aktivasi untuk transaksi online, Nyala Kartu Kredit juga menawarkan banyak keuntungan lain, seperti:

  • Cashback 8% untuk semua transaksi online sepanjang tahun.
  • Serba digital di OCBC mobile: Buat PIN Kartu Kredit, Cek Limit & Tanggal Kadaluarsa, Monitor Tagihan, Ubah transaksi jadi Cicilan & Pengajuan Travel Notice.
  • Fitur Contactless untuk kecepatan bertransaksi.
  • Promo merchant Nyala, berupa hemat hingga Rp380 Ribu di berbagai merchant, seperti: Astro, Grab, Halodoc, Re Juve, ruparupa.com, sociolla, dan Tokopedia.
  • Semua bisa dicicil 0% untuk tenor 3 bulan.
  • Bebas iuran tahun pertama, tahun berikutnya mengikuti program yang berlaku.
  • Pembayaran tagihan minimum 5% dari total tagihan.

Kamu bisa langsung mengajukan Nyala Kartu Kredit dengan segudang keuntungan ini jika sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Wajib memiliki rekening tabungan Nyala (Jika belum memiliki rekening OCBC, Kartu Kredit Nyala OCBC bisa diajukan bersamaan dengan pembukaan layanan Nyala di OCBC mobile)
  • Minimal 21 tahun untuk pemegang kartu utama
  • Minimal 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan
  • Minimal penghasilan Rp3 Juta per bulan atau Rp36 Juta per tahun
  • WNI atau WNA

Segera download OCBC mobile untuk menikmati kemudahan dalam menggunakan Nyala Kartu Kredit tersebut!

Baca juga: Memahami 10 Manfaat Kartu Kredit Bagi Pengguna, Yuk Simak!


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile