Cara Buat Kartu Kredit untuk Mahasiswa dan Tips Menggunakannya

23 Apr 2024

Apakah ada produk kartu kredit untuk mahasiswa? Jika ada, bagaimana cara membuatnya?

Kartu kredit adalah adalah alat pembayaran secara non tunai dengan menggunakan kartu yang diterbitkan oleh bank. Keberadaan kartu kredit bisa mempermudah saat transaksi, baik membeli atau melakukan pembayaran.

Pasalnya, kamu bisa tetap membeli barang yang diinginkan tanpa harus membayar secara langsung. Sebaliknya, pembayaran bisa dilakukan pada bulan berikutnya atau diubah jadi cicilan.

Baca juga: Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard, Untung Mana?

Kartu Kredit untuk Mahasiswa

Seperti yang diketahui, bank menetapkan beberapa persyaratan bagi masyarakat yang ingin membuat kartu kredit. Salah satunya adalah minimal penghasilan yang biasanya dibuktikan dengan slip gaji.

Syarat ini digunakan bank untuk menilai kemampuan finansial pemohon. Asumsinya, ketika pemohon memenuhi syarat ini, artinya ia memiliki kemampuan untuk membayar tagihan per bulan.

Lalu bagaimana dengan pelajar atau mahasiswa yang belum bekerja dan mempunyai penghasilan? Apakah mereka tetap bisa memiliki kartu kredit?

Jawabannya bisa, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapat kartu kredit bagi mahasiswa.

1. Memanfaatkan Kartu Tambahan

Kartu kredit tambahan adalah kartu kredit yang ditambahkan oleh pemegang kartu kredit utama.

Pemegang kartu kredit tambahan ini akan akan mendapatkan keuntungan dan fasilitas yang sama seperti yang didapatkan pemegang kartu kredit utama.

Fasilitas ini selalu ditawarkan oleh setiap bank penerbit kartu kredit. Adapun pemegang kartu tambahan biasanya adalah orang yang memiliki hubungan kekeluargaan atau keluarga inti.

Dalam hal ini, kamu yang masih pelajar atau mahasiswa bisa memanfaatkan kartu tambahan dari orang tua.

Dengan begitu, kamu bisa mendapat manfaat kartu kredit yang sama dengan pemegang kartu utama, tanpa harus mengurus dari awal dengan persyaratan yang mungkin belum kamu penuhi.

2. Manfaatkan Event dari Bank

Bank biasanya rutin menggelar event untuk memperkenalkan produk mereka, termasuk kartu kredit. Event ini bisa digelar di kampus, mall, atau pusat keramaian lainnya.

Nah kamu yang masih pelajar dan belum berpenghasilan bisa memanfaatkan event ini untuk membuat kartu kredit. Tentu saja persyaratan membuat kartu kredit saat event jauh lebih mudah dibanding pembuatan di bank.

3. Program Member Get Member (MGM)

Beberapa bank rutin menggelar program Member Get Member (MGM) dalam menambah nasabah baru.

Caranya, mereka akan menghubungi dan meminta referensi calon nasabah baru kepada nasabah existing yang memiliki track record pembayaran yang baik.

Dari situ, kamu bisa menghubungi saudara pengguna kartu kredit aktif. Sampaikan kepada mereka untuk memasukkan namamu sebagai referensi jika dihubungi dan dimintai rekomendasi pihak bank.

Baca juga: Limit Kartu Kredit, Segini Besaran dan Cara Mengeceknya

Tips Menggunakan Kartu Kredit untuk Mahasiswa

Memiliki kartu kredit bukan berarti kamu bebas melakukan transaksi baik membeli atau membayar. Terlebih sebagai mahasiswa yang belum berpenghasilan, kamu tetap harus bijak dalam menggunakannya.

Berikut adalah beberapa tips bijak menggunakan kartu kredit yang bisa kamu lakukan.

1. Batasi Pengeluaran

Menetapkan batas pengeluaran bulanan yang terukur sangat penting untuk mengelola keuangan dengan baik.

Mulailah dengan membuat anggaran bulanan yang mencakup pengeluaran dasar seperti biaya kuliah, makanan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. Setelah menetapkan batas pengeluaran, alokasikan sebagian dari batas itu untuk penggunaan kartu kredit.

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Pembayaran tepat waktu sangat penting untuk menjaga reputasi kredit dan menghindari biaya keterlambatan serta bunga yang tinggi.

Selalu usahakan untuk membayar tagihan kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan. Pengaturan pembayaran otomatis atau pengingat pembayaran bisa membantu dalam hal ini.

3. Pahami Biaya-biaya Kartu Kredit

Memahami biaya kartu kredit sangat penting untuk menghindari kejutan tidak menyenangkan di kemudian hari. Selain biaya tahunan dan bunga, perhatikan juga biaya-biaya lain seperti biaya keterlambatan, biaya penarikan tunai, biaya penggantian kartu yang hilang, dan biaya lainnya yang mungkin dikenakan oleh penerbit kartu kredit.

4. Manfaatkan Promo dan Diskon

Banyak kartu kredit menawarkan promo dan diskon di berbagai merchant, restoran, atau layanan. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan diskon atau cashback pada pembelian.

Namun, pastikan untuk tetap berpegang pada anggaran dan hanya memanfaatkan promo yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hindari tergoda untuk berbelanja berlebihan hanya karena ada diskon yang ditawarkan.

Berbicara tentang produk kartu kredit yang menguntungkan dan mudah didapat, kamu bisa mencoba untuk membuat Nyala Kartu Kredit dari OCBC.

Nyala Kartu Kredit menawarkan banyak kemudahan, salah satunya adalah langsung bisa digunakan berbelanja online meski kamu belum menerima kartu fisiknya.

Keuntungan lain yang ditawarkan Nyala Kartu Kredit meliputi:

  • Cashback 8% untuk semua transaksi online sepanjang tahun
  • Serba digital di OCBC mobile: Buat PIN Kartu Kredit, Cek Limit & Tanggal Kadaluarsa, Monitor Tagihan, Ubah transaksi jadi Cicilan & Pengajuan Travel Notice.
  • Fitur Contactless untuk kecepatan bertransaksi.
  • Promo merchant Nyala, berupa hemat hingga Rp380 Ribu di berbagai merchant, seperti: Astro, Grab, Halodoc, Re Juve, ruparupa.com, sociolla, dan Tokopedia.
  • Semua bisa dicicil 0% untuk tenor 3 bulan.
  • Bebas iuran tahun pertama, tahun berikutnya mengikuti program yang berlaku.
  • Pembayaran tagihan minimum 5% dari total tagihan.

Adapun syarat membuat Nyala Kartu Kredit sangat mudah dan memungkinkan untuk dilakukan mahasiswa. Pasalnya, syarat usia pemegang kartu utama minimal 21 tahun dengan penghasilan minimal Rp3 Juta per bulan.

Kamu bisa membuka Nyala Kartu Kredit dengan mudah melalui aplikasi OCBC mobile.

Baca juga: Solusi Kartu Kredit Langsung Jadi, Bisa Belanja Meski Kartu Belum Diterima!


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile