Cara Memilih Leasing Aman dan Murah untuk Kredit Mobil

24 Apr 2024

Keinginan masyarakat Indonesia untuk memiliki mobil cukup tinggi. Hal itu terbukti, jumlah mobil yang ada terus meningkat setiap tahunnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, hingga tahun 2022, ada lebih dari 17 juta mobil berpenumpang di Indonesia. Tak heran jika perusahaan yang memberi fasilitas kredit mobil cukup menjamur.

Kredit mobil memang merupakan salah satu cara untuk bisa membeli mobil impian. Hal itu karena tak semua orang mampu atau memiliki dana untuk membeli mobil secara cash.

Metode yang paling populer digunakan orang adalah kredit mobil melalui leasing. Leasing menawarkan kemudahan dan kenyamanan dengan berbagai pilihan jangka waktu pembayaran dan cicilan.

Apa Itu Leasing?

Buat yang belum mengetahui apa itu leasing, leasing adalah salah satu bentuk kegiatan pembiayaan barang modal atau alat berupa hak opsi maupun tanpa hak opsi yang dimanfaatkan untuk para nasabah dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Beberapa ahli berpendapat leasing merupakan suatu bentuk perjanjian yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki aktiva ataupun barang dengan nasabahnya. Dalam hal tersebut, para pemilik aktiva akan disebut sebagai lessor, sedangkan untuk nasabahnya disebut sebagai lesseee.

Nantinya, para lessor akan menyediakan produk barang atau modal yang diperlukan pihak lesseee guna mendukung operasional produksi. Sebagai gantinya, pihak lesseee harus melakukan pembayaran kepada para lessor dengan cara dicicil atau diangsur.

Untuk membeli mobil, kamu bisa menggunakan leasing untuk memfasilitasi pembiayaan yang kamu butuhkan. Namun sebelum menentukan leasing yang akan dipilih, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal.

Hal ini agar harga total yang harus kamu banyak tidak terlalu mahal. Berikut adalah tips memilih leasing yang baik agar pembelian mobil kamu aman dan harga mobil tidak melonjak karena tambahan bunga dan lain-lain:

Baca Juga: Cara Over Kredit Mobil yang Benar & Aman, Simak Tipsnya!

1. Tentukan Mobil yang Ingin Dibeli

Langkah pertama sebelum kamu memutuskan untuk mengkredit mobil adalah menentukan mobil yang akan kamu beli. Sesuaikan kebutuhan dengan dana yang kamu miliki.

Jangan terlalu memaksakan membeli mobil dengan harga fantastis namun menyebabkan kondisi finansial kamu kacau setelahnya. Belilah mobil yang sesuai dengan kemampuan.

Sediakan alternatif mobil pilihan yang harganya lebih murah. Siapa tahu, mobil yang kamu incar membutuhkan down payment yang lebih besar sehingga di luar jangkauan.

Jika ini terjadi, kamu sudah memiliki mobil alternatif yang mungkin masih bisa kamu jangkau. Dengan begitu, kamu tidak akan kecewa karena tidak bisa membeli mobil.

2. Pilih Leasing yang Prosesnya Mudah dan Cepat

Setiap perusahaan leasing sudah pasti membutuhkan persyaratan dokumen. Umumnya, persyaratan yang diminta tidak sulit namun mungkin ada beberapa perusahaan yang rumit.

Jadi usahakan untuk memilih leasing yang memberimu kemudahan termasuk cara pengajuan. Saat ini sudah banyak perusahaan leasing yang bisa melayani secara online.

Dengan begitu, kamu tidak perlu mengirim berkas fisik atau datang ke kantor hanya untuk menyerahkan dokumen. Kamu bisa membandingkan antara satu perusahaan leasing dengan yang lain.

Baca Juga: Ini dia 7 syarat kredit Mobil yang Penting untuk Dipahami

3. Tentukan Besaran Down Payment dan Tenor

Besaran down payment (DP) dan tenor akan mempengaruhi berapa cicilan dan total harga yang harus kamu bayar. Jadi, hal ini harus benar-benar dipertimbangkan secara matang.

Meskipun ingin cepat-cepat lunas jangan gegabah mengambil tenor yang singkat. Pertimbangkan juga down payment, jika kamu bisa memberi DP lebih besar, maka cicilan kamu per bulan bisa lebih ringan.

4. Minta Simulasi Kredit Lebih Dulu

Setelah menentukan DP dan tenor, kamu perlu meminta simulasi kredit lebih dulu. Hal ini diperlukan untuk memastikan kondisi finansial kamu aman setelah mengkredit mobil.

Saat ini, banyak perusahaan leasing memiliki fitur simulasi kredit. Kamu tinggal memasukkan data uang muka dan tenor yang kamu tetapkan dan simulasi kredit langsung tersedia.

Jika fitur tidak tersedia, kamu bisa meminta petugas untuk memberikan simulasi kredit. Dari simulasi kredit tersebut, kamu bisa mengetahui berapa cicilan yang perlu kamu bayar setiap bulan.

Mintalah simulasi kredit dari beberapa perusahaan leasing dan bandingkan. Dari situ, kamu juga bisa melihat perusahaan mana yang memberikan bunga dan penawaran lebih menguntungkan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Mobil 100 Jutaan dengan Kualitas Terbaik

5. Ambil Asuransi Sendiri

Salah satu yang membuat cicilan menjadi besar adalah asuransi mobil. Jadi yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli asuransi sendiri.

Asuransi yang diambil oleh pihak kreditur mungkin  lebih mahal dari asuransi yang kamu beli sendiri. Jika hal ini memungkinan, tentu akan bisa mengurangi beban cicilan kamu setiap bulan.

6. Minta Diskon

Seperti layaknya membeli sesuatu, wajar jika kamu melakukan negosiasi dengan pihak lembaga pemberi kredit. Jangan takut, karena menawar adalah hak dari setiap konsumen.

Namun sebelum penawaran, sebaiknya kamu mengerti dan memahami harga dan fitur mobil yang ada. Jika harga mobil lebih murah, otomatis beban cicilan tiap bulan akan lebih ringan, kan?

7. Pilih Perusahaan Leasing yang Legal

Mungkin ada banyak perusahaan leasing yang beroperasi di Indonesia, namun bisa jadi tidak semua perusahaan tersebut legal secara hukum.

Perusahaan leasing yang legal adalah perusahaan yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi setiap transaksi yang dilakukan sesuai dengan peraturan pemerintah.

Daftar perusahaan leasing yang legal bisa kamu cek di situs OJK. Kamu juga perlu melihat di website perusahaan untuk memastikan informasi seputar produk dan track record perusahaan tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat ingin mencari leasing yang murah dan aman untuk membeli mobil. Selain leasing, kamu juga bisa kredit mobil melalui bank.

Jika kamu memiliki payroll di Bank OCBC, kamu bisa mengajukan Kredit Pemilikan Mobil di Bank OCBCl. Dengan Kredit Pemilikan Mobil OCBC, kamu bisa mengkredit mobil baru maupun second, sesuai keinginan kamu.

Kredit Pemilikan Mobil OCBC juga menawarkan tenor yang panjang yakni hingga lima tahun dan bunga ringan. Hal ini tentu akan meringankan cicilan kamu setiap bulan.

Syarat untuk mengajukan Kredit Pemilikan Mobil OCBC juga sangat mudah, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 21-55 untuk karyawan dan usia 21-70 tahun untuk pengusaha/profesional
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Minimum plafond Rp100 Juta dan maksimum Rp2 Miliar
  • Dokumen pribadi seperti KTP dan NPWP
  • Dokumen keuangan seperti fotokopi rekening tabungan
  • Dokumen lainnya seperti Surat Pesanan Kendaraan dari Dealer

Jika kamu berencana membeli mobil  entah baru atau second, jangan ragu untuk langsung ke Kredit Pemilikan Mobil OCBC. Selain aman karena diawasi oleh OJK, bunga yang dibebankan kepada pembeli pun ringan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan Kredit Pemilikan Mobil OCBC lewat OCBC mobile!


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile