Cara Mendapatkan Kartu ATM ‘Sultan’ di Bank OCBC

24 Apr 2024

Selain dari kartu kredit, ‘kelas’ nasabah Bank juga bisa dilihat dari kartu ATM atau kartu debit yang digunakan. Biasanya, setiap Bank akan memberikan kartu debit khusus untuk nasabah yang menyimpan banyak uang di Bank.

Sebelum membahas tentang kartu ATM yang biasanya dimiliki oleh orang-orang kaya, ada baiknya kita membahas terlebih dulu apa itu kartu ATM. Apakah berbeda dengan Kartu Debit?

Apa Itu Kartu ATM

Kartu debit dan kartu ATM sejatinya adalah sama. Kartu tersebut dapat membantu kamu untuk bertransaksi sehari-hari. Dengan kartu ini, kamu tak perlu terlalu banyak membawa uang cash sehingga lebih aman dari kejahatan.

Baca Juga: Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard, Untung Mana?

Kemudahan kartu ini bisa kamu miliki jika kamu menjadi nasabah sebuah Bank. Biasanya, saat kamu membuka sebuah rekening, otomatis akan mendapatkan kartu debit atau kartu ATM.

Lalu, bagaimana cara bisa memiliki kartu ATM? Apa saja jenis-jenis dari kartu ATM? Apakah saja tips agar aman memakai kartu debit? Yuk simak lebih lanjut artikel berikut ini.

Kartu debit adalah kartu elektronik yang dikeluarkan bank untuk melakukan transaksi secara elektronik. Kartu ini dapat menjadi alternatif dari pembayaran yang menggunakan uang tunai.

Dana yang digunakan untuk melakukan transaksi dengan kartu ATM bersumber dari tabungan kamu. Jadi, tabungan kamu akan berkurang setiap kamu menggunakan kartu ATM untuk bertransaksi.

Kartu ATM memiliki Personal Identification Number atau PIN untuk keamanan. Biasanya, PIN ATM terdiri dari 6 digit angka yang hanya boleh diketahui pemilik kartu dan tidak boleh diketahui siapapun.

Baca Juga: 10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Diketahui Penggunanya

Setiap transaksi yang kamu lakukan dengan kartu ini harus menggunakan PIN, entah itu pembayaran, transfer, maupun pengambilan uang tunai di ATM. Hal itu agar transaksi kamu aman.

PIN berfungsi untuk menghindari pemakaian kartu ATM oleh pihak yang bukan merupakan pemilik kartu. Hal ini untuk menghindari terjadinya pembobolan kartu yang akan merugikan pemilik kartu.

Kartu ATM ‘Sultan’

Ada banyak jenis kartu debit atau kartu ATM yang ada di Indonesia, biasanya dibagi berdasarkan jumlah tabungan nasabah di sebuah bank. Untuk nasabah dengan simpanan tinggi, Bank biasanya memberikan kartu debit khusus.

Di Bank OCBC, nasabah sultan disebut sebagai nasabah Premier Banking. Kartu debit untuk nasabah ini pun disebut Kartu Debit Premier Banking.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan Kartu Debit Premier Banking dari Bank OCBC tersebut?

Baca Juga: Wajib tahu! Ini 5 Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

Kartu debit ini hanya dikhususkan bagi nasabah Premier Banking. Untuk menjadi nasabah Premier Banking, kamu perlu menempatkan jumlah dana minimal Rp 500 Juta di tabungan.

Caranya adalah dengan melakukan pendaftaran Layanan Premier Banking dan menyetujui syarat & ketentuan Layanan Premier Banking yang direkam melalui email konfirmasi atau dengan menandatangani formulir.

Dengan menjadi nasabah Premier Banking, kamu akan mendapatkan banyak manfaat seperti:

1. Jika rata-rata saldo gabungan bulanan (Avg. AUM) kamu melebihi batas saldo minimal (Rp500.000.000,-), maka kamu akan mendapatkan:

  1. Kuota bulanan transaksi sesuai dengan tiering saldo rata-rata gabungan bulanan
  2. Bebas biaya beragam transaksi hingga tanpa batas melalui metode auto-waive
  3. Bebas biaya Telex-Telegraphic Transfer 1x per kuota bulanan untuk transaksi melalui OCBC mobile
  4. Bebas biaya RTGS 10x melalui OCBC mobile dan 5x melalui cabang per kuota bulanan

2. Laporan Konsolidasi elektronik bulanan (e-Statement)

3. Tarif khusus sewa Safe Deposit Box

4. Layanan eksklusif sesuai dengan pilihan kamu (paket Beyond Banking)

5. Layanan transaksi melalui petugas Bank dan telepon (Banking on The Move)

Baca Juga: Apa itu Kartu Debit? Hal-Hal Seputar & Cara Memakainya

Selain itu, kamu bisa mendapatkan akses VIP ke lebih dari 1.300 airport lounge di seluruh dunia, plus diskon untuk aneka kuliner via aplikasi seluler, airport pass yang akan semakin memanjakan kamu.

Jadi gimana? Tertarik untuk menjadi nasabah Premier Banking OCBC?


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile