Tips Mengajukan Kredit Laptop yang Aman untuk Mahasiswa

24 Apr 2024

Akses program beasiswa untuk mereka yang ingin berkuliah saat ini relatif lebih mudah didapatkan. Tak cuma dari pemerintah, banyak lembaga swasta menyediakan program beasiswa untuk mereka yang kurang mampu.

Untuk biaya kuliah, banyak mahasiswa telah mendapat sokongan fasilitas gratis, namun untuk mendapat peralatan yang menunjang perkuliahan seperti laptop, masih banyak yang mengalami kesulitan.

Untuk mendapatkan laptop dengan kualitas baik dan dengan spesifikasi cukup untuk menunjang perkuliahan, mahasiswa perlu menyiapkan dana sekurang-kurangnya Rp6.000.000. Tentunya ini bukan angka kecil.

Jika kamu kesulitan dana untuk membeli laptop, saat ini banyak jasa pinjaman kredit laptop untuk mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan. Namun, meski membeli laptop dengan cara kredit sudah lebih mudah, namun kamu tetap perlu perhitungan.

Baca Juga: 8 Tips Usaha Kredit Barang Elektronik Agar Sukses, Yuk Coba!

Jangan sampai, kredit laptop yang kamu ambil menjadi bermasalah dan mengganggu kuliah. Jadi, sebelum mengajukan kredit laptop, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan.

Berikut beberapa tips mengajukan kredit laptop untuk mahasiswa:

  1. Pilih Lembaga yang Kredibel
  2. Sekarang sudah ada banyak penyedia kredit yang melayani kredit gadget dan alat elektronik, termasuk laptop. Sebagai pembeli, kamu harus pandai memilih mana penyedia kredit yang kredibel dan terpercaya.

    Pastikan dulu penyedia kreditnya sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau sudah terdaftar, pasti diawasi dengan ketat oleh OJK sehingga lebih aman.

    Kamu bisa cek langsung hal ini di situs OJK. Selain itu, kamu juga bisa cek ulasan dari pengguna layanan kredit sebelumnya, seperti apa prosesnya, apakah layanannya memuaskan atau ada hal-hal yang perlu diwaspadai.

    Baca Juga: 15 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal, Bantu Bayar Kos!

  3. Pahami Ketentuannya
  4. Sudah menemukan beberapa platform penyedia kredit yang kredibel? Sekarang saatnya memahami dulu syarat dan ketentuan yang berlaku. Tiap platform mungkin memberlakukan S&K yang berbeda, karena itu kita perlu mengecek satu-persatu supaya nggak salah pilih.

    Info yang ada di S&K pada umumnya meliputi suku bunga, biaya layanan atau biaya admin, dan kewajiban pembayaran. Kalau ada poin-poin yang kurang jelas atau nggak dimengerti, bisa tanyakan dulu ke customer service penyedia kredit tersebut. Membaca S&K memang cepat bikin kita bosan, tapi penting banget sebelum supaya detail kredit nggak ada yang terlewat.

  5. Pahami Sistem Cicilannya
  6. Namanya juga kredit, pasti ada cicilan setiap bulan yang wajib kamu bayar sesuai jatuh tempo. Selain cicilan pokok, kemungkinan kamu juga akan dikenai bunga cicilan.

    Pastikan kamu tidak gagal bayar setiap bulan. Jika uang untuk membayar berasal dari orang tua, pastikan kamu telah menghitungnya agar cicilan laptop tersebut tidak mengganggu kebutuhan kamu yang lain.

  7. Pilih Laptop sesuai Kebutuhan dan Bujet
  8. Laptop dengan spesifikasi tinggi memang bagus, namun dari sisi harga sudah pasti lebih mahal. Usahakan jangan memaksakan diri, sesuaikan kebutuhan dengan bujet yang kamu miliki.

    Jangan sampai kamu mengalami kesulitan membayar cicilan setiap bulan hanya gara-gara ingin memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi. Pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu sebagai mahasiswa.

  9. Lakukan Perbandingan
  10. Sebelum mengajukan kredit, ada baiknya kamu melakukan riset kecil-kecilan mengenai program kredit laptop untuk mahasiswa. Bandingkan beberapa program yang ada.

    Selain skema kredit, kamu perlu mencari informasi dan membandingkan tentang tingkat suku bunga, tenor pembayaran, dan denda yang harus kamu bayar jika terlambat membayar.

  11. Lakukan Simulasi Kredit Laptop
  12. Minta kepada penyedia layanan untuk memberi kamu simulasi kredit laptop. Dari simulasi ini, kamu bisa melihat apakah cicilan per bulan masih bisa tercover atau tidak.

    Jika jumlahnya terlalu berat bagi keuangan, kamu bisa ajukan kredit dengan tenor yang lebih lama atau meminta keringanan suku bunga kepada penyedia layanan.

  13. Siapkan Dokumen Persyaratan Kredit
  14. Dokumen yang dibutuhkan penyedia layanan mungkin berbeda-beda. Jadi, jika kamu sudah menemukan penyedia layanan yang pas, kamu tinggal menyiapkan seluruh dokumen persyaratan untuk mengajukan kredit laptop.

    Syarat kredit laptop untuk mahasiswa biasanya lebih simpel dengan proses yang tidak memakan waktu lama dibanding pengajuan kredit pada umumnya.

Baca Juga: Tips dan Rekomendasi Tabungan yang Cocok untuk Mahasiswa

Demikian rekomendasi dan penjelasan tentang kredit laptop untuk mahasiswa. Kalau kamu ingin kredit laptop dengan cicilan bunga 0%, kamu bisa menggunakan Kartu Kredit OCBC Nyala.

Memakai kartu ini, kamu bisa menikmati cicilan 0% dengan tenor tiga bulan. Syarat pengajuan Kartu Kredit Nyala OCBC adalah:

  • Wajib memiliki rekening tabungan Nyala (Jika belum memiliki rekening OCBC, Kartu Kredit Nyala OCBC Platinum bisa diajukan bersamaan dengan pembukaan layanan Nyala di OCBC mobile)
  • Minimal 21 tahun untuk pemegang kartu utama
  • Minimal 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan
  • Minimal penghasilan Rp3 Juta per bulan atau Rp36 Juta per tahun
  • WNI atau WNA

Jika usia kamu belum memenuhi, kamu bisa meminta orang tua sebagai pemegang kartu utama dan kamu sebagai pemegang kartu tambahan. Yuk, buruan bikin di Bank OCBC!


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Heboh Tak Lolos Kerja karena BI Checking, Gimana Cara Mengeceknya?

Baca

Edukasi - 3 Mei 2024

Green Building: Definisi, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile