Kredit Mobil untuk Taksi Online, Gimana Caranya?

26 Apr 2024

Menjadi pengemudi taksi online bisa menjadi opsi untuk menambah pemasukan. Pasalnya, kamu bisa menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan tetap atau sampingan.

Namun, untuk menjadi pengemudi taksi online, kamu tentu harus memiliki mobil sendiri. Memang ada jasa sewa mobil untuk taksi online, namun memiliki mobil sendiri jauh lebih menguntungkan.

Lalu apakah ada leasing yang memiliki produk Kredit Pemilikan Mobil (KPM) khusus untuk pengemudi taksi online?

Baca juga: Kredit Mobil Bekas, Bagaimana Cara Menghitung Bunganya?

Cara Kredit Mobil untuk Taksi Online

Pada dasarnya, kredit mobil bisa dilakukan siapa saja asal memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Syarat kredit mobil meliputi usia, penghasilan tetap, hingga persyaratan dokumen yang harus dilengkapi.

Dengan demikian, seorang pengemudi taksi online sangat mungkin mendapat pembiayaan untuk memiliki mobil. Cara yang harus ditempuh kurang lebih sama seperti cara pengajuan kredit mobil pada umumnya.

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah dana untuk Down Payment (DP). Untuk mengajukan kredit mobil, kamu perlu menyiapkan DP sebesar 15-30% dari total harga mobil.

Namun demikian, saat ini sudah banyak leasing yang menawarkan produk kredit mobil khusus bagi pengemudi taksi online. Salah satu leasing misalnya menawarkan paket DP Rp10-Rp12 Juta.

Jika memilih DP Rp12 Juta, maka angsuran bulanan mencapai Rp3,4 Juta dengan tenor 5 tahun. Sementara DP Rp10 Juta maka angsuran bulanan yang harus dibayar sebesar Rp4,5 Juta dengan tenor 5 tahun.

Baca juga: 8 Tips Kredit Mobil Agar Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Simulasi Penghasilan

Pertanyaan berikutnya adalah berapa penghasilan yang harus diperoleh seorang pengemudi untuk bisa membayar angsuran bulanan tersebut.

Mengutip Moladin, seorang pengemudi taksi online mengaku mengangsur mobil sebesar Rp4,5 Juta per bulan. Menurutnya ia harus mendapatkan penghasilan minimal rata-rata sebesar Rp200 Ribu per hari.

Penghasilan Rp200 Ribu per hari itu sifatnya bersih, di luar kebutuhan bensin, servis berkala, dan sebagainya.

Dengan begitu, dalam satu bulan ia bisa menghasilkan uang sebesar Rp6 Juta. Sehingga ketika membayar angsuran sebesar Rp4,5 Juta, ia masih punya sisa uang sebesar Rp1,5 Juta.

Tentu saja simulasi tersebut menggunakan skema penghasilan minimal sebesar Rp200 Ribu per hari. Pada kenyataannya, banyak driver taksi online yang bisa mendapatkan uang lebih dari itu dalam satu hari kerja.

Baca juga: 7 Cara Menabung untuk Beli Mobil Impian bagi Generasi Muda

Tips Memilih Mobil untuk Taksi Online

Memilih mobil untuk taksi online tentu akan berbeda dengan memilih mobil untuk mobilitas harian. Ketika mobil dijadikan taksi online, maka ia akan digunakan lebih sering sehingga perlu mobil yang mempunyai daya tahan tinggi.

Selain itu, faktor konsumsi bahan bakar juga sangat berpengaruh. Pasalnya, mobil untuk taksi online bertujuan untuk mencari penghasilan sehingga penting untuk memilih mobil yang irit konsumsi bahan bakarnya.

Berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan saat memilih mobil untuk taksi online.

1. Konsumsi Bahan Bakar

Pertimbangan pertama dalam memilih mobil untuk taksi online adalah faktor konsumsi bahan bakar. Pilih mobil yang konsumsi bahan bakarnya irit sehingga kamu tidak perlu sering mengisinya.

Mobil yang konsumsi bahan bakarnya irit juga bisa menekan biaya operasional. Pada akhirnya, pemasukan bersih yang diterima bisa lebih tinggi.

2. Kapasitas dan Kenyamanan

Berikutnya, pertimbangkan mobil yang memiliki kabin luas sehingga kapasitas penumpangnya banyak. Faktor ini penting untuk memastikan penumpang nyaman saat naik mobilmu.

Terlebih saat applicator taksi online juga ada menyediakan opsi naik taksi barengan kepada konsumen. Dengan begitu, kapasitas kabin yang luas sangat diperlukan terlebih jika penumpang tidak saling kenal.

3. Suku Cadang dan Perawatan Mudah

Memiliki mobil dengan layanan after sales yang prima juga sangat penting bagi pengemudi taksi online. Jangan sampai ketika terjadi kerusakan, kamu justru kesulitan mencari suku cadang atau jika adapun harganya mahal.

Maka pilih mobil dari pabrikan yang dikenal dengan layanan after sales yang terbaik. Sehingga kamu bisa fokus untuk mengemudi dan mencari uang, lalu ketika terjadi kerusakan, perawatannya mudah dilakukan.

4. Asuransi Mobil

Memiliki asuransi mobil juga bisa menjadi pertimbangan untuk mobil yang digunakan sebagai taksi online.

Dengan adanya asuransi, kamu bisa lebih tenang dalam mencari penghasilan sehari-hari. Pasalnya, ketika terjadi kecelakaan atau kerusakan, biaya perawatan mobil akan ditanggung asuransi sehingga kamu tidak perlu keluar uang banyak.

Nah, untuk kamu yang sudah siap membeli mobil untuk taksi online, yuk manfaatkan KPM OCBC yang menawarkan suku bunga ringan, tenor hingga 5 tahun, dan pengajuan yang mudah.

Sebagai catatan, keuntungan beli mobil dengan KPM OCBC hanya bisa dirasakan bagi kamu yang sudah tergabung dalam layanan Nyala Payroll.

Layanan Nyala Payroll merupakan sebuah layanan untuk Nasabah Payroll OCBC yang ingin mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan, mengembangkan asset, dan menikmati manfaat gaya hidup.

Kamu perlu memiliki rekening tabungan di OCBC untuk menjadi bagian dari layanan Nyala Payroll ini!

Setelah menjadi bagian dari Nyala Payroll, kamu bisa langsung mengajukan KPM OCBC dengan syarat sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 21-55 untuk karyawan dan usia 21-70 tahun untuk pengusaha/profesional
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Minimum plafond Rp100 Juta dan maksimum Rp2 Miliar
  • Dokumen pribadi seperti KTP dan NPWP
  • Dokumen keuangan seperti fotokopi rekening tabungan
  • Dokumen lainnya seperti Surat Pesanan Kendaraan dari Dealer

Ajukan KPM OCBC sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan dalam memiliki mobil impian!

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Beli Mobil Bekas? Ini 4 Momennya


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 6 Mei 2024

Bisakah Membuat IMB setelah Bangunan Jadi?

Baca

Edukasi - 6 Mei 2024

Mudah, Begini Cara Bayar TikTok Shop via Transfer Bank!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile