6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

26 Apr 2024

Kredit berasal dari bahasa Italia yaitu Credere yang artinya kepercayaan. Maksudnya, kreditur memberikan kepercayaan kepada debitur dalam bentuk pinjaman beserta bunga sesuai dengan perjanjian yang disepakati dua pihak.

Dalam perjanjian tersebut, debitur diwajibkan untuk mengembalikan dana yang dipinjam beserta bunganya sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati. Pengembalian bisa dilakukan secara cash maupun diangsur.

Sementara dalam UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, kredit adalah  “penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.”

Dalam sistem perbankan, kredit didesain untuk memberi manfaat bagi masyarakat sebagai debitur. Dengan kredit, debitur bisa menggunakan dana untuk keperluan pribadi atau usahanya, seperti membangun rumah, membeli mobil, hingga membiayai operasional usaha.

Baca juga: Kredit UMKM Adalah: Tujuan, Syarat, hingga Caranya

Manfaat Kredit Bagi Masyarakat

Penggunaan kredit dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat. Manfaat ini tidak hanya untuk keperluan pribadi tapi juga untuk kepentingan usaha bagi para pelaku UMKM atau wiraswasta.

Lalu apa saja manfaat kredit bagi masyarakat? Simak ulasan berikut!

1. Buka Akses ke Pembiayaan

Kredit memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh dana tambahan yang diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial.

Pembiayaan itu bisa untuk membiayai keperluan pendidikan anak, membeli rumah atau mobil, hingga mengatasi kebutuhan mendesak seperti biaya medis atau perbaikan rumah.

2. Memudahkan Pembelian Besar

Kredit memungkinkan masyarakat untuk melakukan pembelian besar seperti rumah, mobil, atau peralatan rumah tangga dengan cara yang lebih terjangkau.

Dengan membayar secara berkala atau cicilan, orang dapat memiliki akses ke barang-barang dan layanan yang mereka butuhkan atau inginkan tanpa harus membayar sejumlah besar uang tunai sekaligus.

3. Mengembangkan Usaha

Banyak produk kredit yang didesain khusus untuk pengembangan usaha. Tentu saja, produk kredit ini akan memberikan manfaat bagi para pengusaha, pelaku UMKM, atau wiraswasta.

Bagi kamu yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis mereka, kredit dapat memberikan modal awal yang dibutuhkan untuk membeli inventaris, peralatan, atau modal kerja.

Hal ini akan membantu masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka sendiri, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pendapatan secara keseluruhan.

4. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Penggunaan kredit juga bisa membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mempercepat laju konsumsi dan investasi.

Dengan memberikan akses ke pembiayaan, kredit akan merangsang aktivitas ekonomi dengan mendorong pengeluaran konsumen dan investasi bisnis, yang pada akhirnya bisa menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

5. Peningkatan Daya Beli

Dengan memanfaatkan kredit, masyarakat bisa meningkatkan daya beli mereka tanpa harus menunggu sampai memiliki uang tunai yang cukup untuk membeli barang atau layanan yang dibutuhkan.

Hal ini tentu akan membuat masyarakat bisa segera memanfaatkan pembelian tersebut, sambil memungkinkan mereka untuk membayar secara bertahap.

6. Meningkatkan Kualitas Hidup

Kredit pada akhirnya akan membantu meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat. Dengan memberi akses kepada banyak pembiayaan, kredit memungkinkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dengan skema pembayaran yang memudahkan.

Dari pendidikan dan kesehatan hingga perumahan yang layak dan gaya hidup yang lebih baik, kredit bisa berperan dalam meningkatkan standar hidup dan kebahagiaan masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga: Kredit Profesi: Pengertian, Manfaat, Unsur, dan Ketentuan

Jenis-jenis Kredit

Ada banyak jenis kredit yang ditawarkan bank atau lembaga keuangan kepada masyarakat. Masing-masing jenis didesain sesuai dengan karakteristik dan tujuannya.

Berikut adalah jenis-jenis kredit yang diklasifikasikan berdasarkan karakter masing-masing.

1. Dilihat dari kegunaan:

  • Kredit investasi
  • Kredit modal kerja

2. Dilihat dari tujuan:

  • Kredit produktif
  • Kredit konsumtif

3. Dilihat dari jangka waktu:

  • Kredit jangka panjang
  • Kredit jangka menengah
  • Kredit jangka pendek

4. Dilihat dari jaminan:

  • Kredit dengan Agunan
  • Kredit Tanpa Agunan

Berbicara produk, ada beberapa produk kredit yang banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Berikut beberapa produk kredit yang ditawarkan bank yang mungkin kamu butuhkan:

  • Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
  • Kredit Pemilikan Mobil (KPM)
  • Kredit Multi Guna (KMG)
  • Kredit Tanpa Agunan (KTA)
  • Kredit Agunan

Produk kredit tersebut juga ditawarkan oleh OCBC kepada masyarakat. Kamu yang perlu pembiayaan dengan tujuan tertentu, bisa mengajukan salah satu dari produk kredit dengan cara dan syarat yang mudah.

PT Bank OCBC NISP Tbk telah berizin dan diawasi OJK dan Bank Indonesia, serta peserta penjaminan LPS. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman di sana.

Baca juga: 5 Cara Perhitungan Pelunasan Kredit Dipercepat dan Contohnya


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 6 Mei 2024

Bisakah Membuat IMB setelah Bangunan Jadi?

Baca

Edukasi - 6 Mei 2024

Mudah, Begini Cara Bayar TikTok Shop via Transfer Bank!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile