Beda Paylater vs Kartu Kredit, Pilih Mana?

26 Apr 2024

Kartu kredit dan paylater sama-sama menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk transaksi pembayaran atau pembelian. Dengan keduanya, kamu bisa bertransaksi tanpa harus membayar secara langsung.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah transaksi dengan kartu kredit dan paylater juga menjadi cicilan. Dengan begitu, kamu bisa membayar transaksi dengan angsuran hingga berapa bulan.

Baca juga: Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard, Untung Mana?

Beda Paylater vs Kartu Kredit

Terlepas dari kemudahan yang ditawarkan, kartu kredit dan paylater memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan ini mencakup penyedia layanan, jumlah pinjaman, besaran bunga, hingga tenor yang tersedia.

Berikut adalah beberapa beda paylater dan kartu kredit yang perlu kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan.

1. Penyedia Layanan

Perbedaan pertama antara paylater dan kartu kredit adalah penyedia layanan. Paylater disediakan oleh perusahaan financial technology atau Fintech. Dalam beberapa kondisi, paylater juga hadir berkat kerjasama platform e-commerce dengan fintech.

Sementara itu, kartu kredit disediakan oleh bank. Perbedaan pada penyedia layanan ini berdampak pada bentuk layanan yang diberikan.

Kartu kredit umumnya berbentuk kartu fisik, dengan nomor kartu, nama pemilik, hingga CVV. Sementara paylater berbentuk aplikasi digital atau include dalam e-commerce.

Meski demikian, kartu kredit saat ini juga berkembang dengan sistem digitalisasi atau kartu kredit virtual. Sebaliknya, beberapa platform fintech juga menyediakan kartu untuk layanan paylater mereka.

2. Proses Pengajuan

Proses pengajuan paylater dilakukan secara digital, dengan dokumen yang diperlukan meliputi KTP, foto diri, dan swafoto dengan KTP.

Sementara Pengajuan kartu kredit umumnya dilakukan ke kantor cabang bank dengan beberapa dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan sebagainya.

Meski demikian, beberapa bank juga memberikan kemudahan aplikasi kartu kredit secara digital, seperti OCBC.

Ya, kamu bisa mengajukan aplikasi Kartu Kredit Nyala OCBC secara digital melalui aplikasi OCBC mobile.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat dan Mudah

3. Limit Pinjaman dan Bunga

Perbedaan paylater dan kartu kredit berikutnya ada pada limit pinjaman dan bunga yang harus dibayarkan.

Pada kartu kredit, limit pinjaman yang diberikan bank akan menyesuaikan dengan penghasilan yang dilihat melalui slip gaji. Dengan begitu, limit kartu kredit bisa lebih proporsional berdasarkan kemampuan nasabah.

Sementara, limit pinjaman pada paylater umumnya lebih besar sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Bahkan ada penyedia paylater yang langsung memberikan limit dengan nominal tertentu pada saat pengajuan, dan berpotensi bertambah sesuai dengan kepatuhan nasabah dalam membayar tagihan.

Selain itu, paylater dan kartu kredit juga berbeda dari segi bunga. Suku bunga kartu kredit ditetapkan oleh Bank Indonesia secara tahunan, saat ini bunga kartu kredit maksimal 1,75%.

Sementara bunga paylater tergantung pada kebijakan perusahaan penyedia layanan dan umumnya lebih tinggi, yaitu mencapai 2,25% - 4%.

4. Tenor Pinjaman

Perbedaan berikutnya ada pada tenor atau jangka waktu pinjaman. Kartu kredit memiliki tenor yang lebih panjang, yaitu hingga 24 bulan. Sementara tenor paylater maksimal 12 bulan.

Baca juga: Apa Itu Virtual Account? Ini Arti, Manfaat, & Cara Kerjanya

Tips Gunakan Paylater dan Kartu Kredit

Kartu kredit dan paylater merupakan fasilitas yang memudahkan namun harus digunakan dengan bijak. Jika tidak, kamu bisa saja menjadi kalap dan berujung tidak mampu membayar tagihan.

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan tips bijak dalam menggunakan paylater dan kartu kredit berikut ini.

1. Buat Rencana Anggaran

Membuat rencana anggaran bulanan adalah langkah penting dalam pengelolaan keuangan. Dengan membuat anggaran, kamu bisa mengidentifikasi pendapatan dan pengeluaran secara rinci.

Tentukan berapa banyak yang bisa dialokasikan untuk pembayaran tagihan paylater dan kartu kredit setiap bulan. Selain itu, pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran tambahan, seperti biaya hidup sehari-hari, tagihan rutin, dan tabungan.

2. Prioritaskan Kebutuhan

Ketika menggunakan paylater dan kartu kredit, penting untuk memprioritaskan penggunaan dana untuk kebutuhan yang mendesak dan penting.

Hindari penggunaan dua fasilitas itu hanya untuk memenuhi keinginan padahal tidak terlalu dibutuhkan.

3. Pantau Pengeluaran

Melacak pengeluaran adalah langkah penting dalam mengelola keuangan dengan baik. Gunakan fitur pemantauan pengeluaran yang disediakan oleh penyedia layanan paylater dan kartu kredit untuk melihat dengan jelas bagaimana uang digunakan setiap bulan.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu kunci utama dalam menggunakan paylater dan kartu kredit adalah membayar tagihan tepat waktu. Terlambat membayar tagihan dapat mengakibatkan denda dan biaya bunga yang tinggi, yang akan menambah beban finansial.

Atur pembayaran otomatis atau tetapkan pengingat untuk memastikan kamu tidak melewatkan pembayaran.

Pilih Kartu Kredit atau Paylater?

Paylater dan kartu kredit sama-sama didesain untuk membantu kemudahan transaksi masyarakat. Memang, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi kamu yang tertarik kartu kredit, kamu bisa menggunakan Kartu Kredit Nyala OCBC. Produk kartu kredit ini menawarkan banyak keuntungan serta kemudahan dalam pengajuannya.

Keuntungan yang ditawarkan Kartu Kredit Nyala OCBC antara lain:

  • Cashback 8% untuk semua transaksi online sepanjang tahun.
  • Bisa digunakan transaksi online meski kartu fisik belum diterima.
  • Serba digital di OCBC mobile: Buat PIN Kartu Kredit, Cek Limit & Tanggal Kadaluarsa, Monitor Tagihan, Ubah transaksi jadi Cicilan & Pengajuan Travel Notice.
  • Fitur Contactless untuk kecepatan bertransaksi.
  • Promo merchant Nyala, berupa hemat hingga Rp380 Ribu di berbagai merchant, seperti: Astro, Grab, Halodoc, Re Juve, ruparupa.com, sociolla, dan Tokopedia.
  • Semua bisa dicicil 0% untuk tenor 3 bulan.
  • Bebas iuran tahun pertama, tahun berikutnya mengikuti program yang berlaku.
  • Pembayaran tagihan minimum 5% dari total tagihan.

Kamu bisa langsung mengajukan Nyala Kartu Kredit dengan segudang keuntungan ini jika sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Wajib memiliki rekening tabungan Nyala (Jika belum memiliki rekening OCBC, Kartu Kredit Nyala OCBC bisa diajukan bersamaan dengan pembukaan layanan Nyala di OCBC mobile)
  • Minimal 21 tahun untuk pemegang kartu utama
  • Minimal 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan
  • Minimal penghasilan Rp3 Juta per bulan atau Rp36 Juta per tahun
  • WNI atau WNA

Segera download OCBC mobile untuk menikmati kemudahan dalam menggunakan Nyala Kartu Kredit tersebut!

Baca juga: 10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Diketahui Penggunanya


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 6 Mei 2024

Bisakah Membuat IMB setelah Bangunan Jadi?

Baca

Edukasi - 6 Mei 2024

Mudah, Begini Cara Bayar TikTok Shop via Transfer Bank!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile