Berikan Layanan Keuangan Komprehensif, Bank OCBC NISP Bukukan Performa Positif di Tahun 2022

30 Jan 2023

Jakarta, 30 Januari 2023 – Sebagai bank yang sudah lebih dari 81 tahun berdiri di Indonesia, Bank OCBC NISP terus berusaha mewujudkan aspirasi nasabah individu dan bisnis dengan menyediakan solusi layanan keuangan yang komprehensif. Wujud nyata dari komitmen tersebut tercermin dari total aset Bank OCBC NISP yang tumbuh 11% YoY menjadi Rp238,5 triliun sehingga laba bersih Bank turut mencatatkan pertumbuhan 32% YoY pada tahun 2022. Tumbuhnya laba Bank OCBC NISP juga didorong antara lain oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 14% YoY dan penurunan pada beban cadangan kerugian sebesar 25% YoY.

Peningkatan kinerja Bank juga terlihat pada sisi penyaluran kredit, yang naik sebesar 14% YoY. Kenaikan tersebut didukung oleh penyaluran kredit segmen business banking yang tumbuh 13% YoY dan retail banking tumbuh sebesar 16% YoY. Salah satu faktor pendukung kenaikan di retail bankingadalah pertumbuhan kredit consumer sebesar 24% menjadi Rp21,9 triliun pada akhir tahun 2022.

Di sisi lain, penyaluran kredit Bank OCBC NISP senantiasa diiringi kualitas yang terjaga, di mana tingkat NPL Gross (Kredit Bermasalah Bruto) berada di level 2,4%. Penyisihan Kerugian Kredit terhadap Kredit Bermasalah Bruto juga berada di posisi yang baik pada level di atas 200%, mencerminkan bahwa Bank prudensial dalam mengelola kredit yang disalurkan.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP menyampaikan “Pertumbuhan kredit Bank berbanding lurus dengan peningkatan aktivitas ekonomi serta optimisme dari sisi konsumen maupun pelaku usaha yang berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu, kami senantiasa mengapresiasi semua pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan kepada Bank OCBC NISP untuk dapat menjadi mitra perbankan dalam pengelolaan keuangan."

Kinerja Keuangan Utama per posisi 31 Desember 2022, dalam Rp triliun
Keterangan 2022 2021 ∆% YoY
Laba Bersih 3,3 2,5 32%
Jumlah Aset 238,5 214,4 11%
Kredit – bruto 137,6 120,8 14%
Simpanan Nasabah 176,1 168,1 5%

Untuk simpanan nasabah, Bank juga mencatatkan kinerja positif, salah satunya dari tabungan yang meningkat 22% YoY. Artinya, inisiatif-inisiatif Bank OCBC NISP dalam mengajak masyarakat Indonesia lebih #financiallyfit memberikan hasil yang positif.

Pada tahun 2022, transaksi produk wealth management Bank OCBC NISP untuk produk reksadana, bancassurance dan surat berharga secara keseluruhan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 9% YoY. Fee-based income dari wealth management memberikan kontribusi sebesar 30%, yang berasal dari transaksi penjualan reksadana dan bancassurance serta keuntungan dari penjualan surat berharga. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, Bank OCBC NISP terus memberikan nilai tambah kepada nasabah dengan menyediakan Wealth Management Advisory Team berkapabilitas tinggi yang dapat membantu nasabah dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan secara strategis, meski di tengah kondisi pasar yang bergejolak.

Pertumbuhan Transaksi Digital

Bank mencatat peningkatan aktivitas digital nasabah individu melalui aplikasi mobile banking, ONe Mobile – aplikasi untuk bantu menumbuhkan uang, sebesar 37% YoY. Pertumbuhan transaksi valas melalui ONe Mobile juga tumbuh pesat. Hal tersebut memperlihatkan penerimaan yang baik dari nasabah akan fitur-fitur ONe Mobile yang dapat mendukung mereka, baik untuk kebutuhan wealth management hingga transaksi sehari-hari (daily banking). Untuk itu, Bank akan terus mengakselerasi kapabilitas digital sehingga nasabah mendapatkan manfaat terbaik guna mencapai financial goals dan membangun pendapatan pasif melalui berbagai pilihan investasi agar bisa menjadi #financiallyfit.

Pada segmen business banking, Bank OCBC NISP mencatatkan kenaikan pengguna Velocity, aplikasi yang memberikan kemudahan transaksi bisnis sebesar 18%. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku usaha yang melakukan aktivitas perbankan melalui channel digital terintegrasi yang dimiliki oleh Bank OCBC NISP sehingga mereka dapat terus berkembang menjadi lebih kuat dan beroperasi dengan efisien.

Mendukung Pelaku Usaha #Naik Kelas

Komitmen Bank dalam mendukung para pelaku usaha di Indonesia diwujudkan dalam kerja sama Bank dengan berbagai macam organisasi lintas industri, termasuk dengan GE Healthcare Indonesia dalam mendukung layanan kesehatan masyarakat yang terjangkau dan kerja sama dengan eFishery untuk membangun Ekosistem Akuakultur dalam negeri yang dituangkan dalam pemberian dukungan pembiayaan kepada para pembudidaya eFishery melalui program KTA Cashbiz OCBC NISP yang disalurkan oleh layanan Kabayan efishery.

Lebih dari itu, Bank juga berkolaborasi dengan komunitas para pengusaha di Indonesia termasuk Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Pusat dalam program #JakPusONPreneurship, sebuah ekosistem kolaboratif untuk mendukung pelaku UMKM tumbuh berkelanjutan. Baru-baru ini, Bank OCBC NISP juga menggandeng UPRINTIS Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM Perempuan Indonesia melalui program Kelas Akselerasi Perempuan Berdaya Bersama Bank OCBC NISP. Kolaborasi tersebut merupakan bagian dari program #TAYTB Women Warriors.

Per 31 Desember 2022, Bank telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp33,8 triliun dimana di antaranya disalurkan kepada program #TAYTB Women Warriors, sebesar Rp3,0 triliun atau meningkat 26% YoY. Sementara jumlah wirausaha perempuan sebanyak 1.254 pengusaha, dengan kata lain meningkat sebesar 17% YoY.

“Tantangan pasti akan selalu ada, namun kami optimis ekonomi Indonesia akan terus bertumbuh ke arah yang semakin baik lagi. Dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, Bank OCBC NISP akan terus berinovasi, memberikan dukungan melalui berbagai layanan finansial yang komprehensif serta berkolaborasi dengan lebih banyak organisasi lintas industri demi membangun ekonomi yang inklusif,” tutup Parwati.

Komitmen yang dituangkan ke dalam berbagai produk dan layanan keuangan yang komprehensif mengantarkan Bank OCBC NISP untuk menerima berbagai penghargaan internasional, termasuk di antaranya ‘Best Service (Domestic Banks) for Cash Management in Indonesia - 2022 Asiamoney Cash Management Survey’ dari Asiamoney. Sekilas laporan keuangan dan rasio keuangan per 31 Desember 2022 disajikan dalam factsheet terlampir.

Sekilas Tentang Bank OCBC NISP
Bank OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal 31 Desember 2022, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 200 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 496 ATM Bank OCBC NISP, lebih dari 98.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat idAAA (stabil) dari PEFINDO dan AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, Bank OCBC NISP

Brand & Communication Division
OCBC NISP Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: 021-57944000
brand.communication@ocbcnisp.com
Website : www.ocbcnisp.com

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbcnisp.com,
Mobile: 62-8119860068
Chandra Novita
Publicist
chandra.novita@ocbcnisp.com,
Mobile: 62-8111071069
Novi Henriatika
Publicist
novi.henriatika@ocbcnisp.com
Mobile: 62-8119812329

News for your Inspiration

Read More
OCBC Tower

Kinerja OCBC NISP - 30 Jan 2024

OCBC Indonesia Tutup Tahun Finansial 2023 dengan Peningkatan Laba Bersih Sebesar 23%

Read More
OCBC Tower

Kinerja OCBC NISP - 16 Nov 2023

Rencana Akuisisi 99% Saham PT Bank Commonwealth Oleh PT Bank OCBC NISP Tbk

See All