Bank OCBC NISP Mengubah Merek dan Logo Perusahaan Jadi ‘OCBC’ Menjadi Bank yang Lebih Kuat dengan One Brand, One Group Unity

14 Nov 2023

Jakarta, 14 November 2023 – Menandai awal dari perjalanan perbankan yang baru, Bank OCBC NISP secara resmi meluncurkan ‘OCBC’ sebagai merek dan logo terbaru Bank, efektif per 14 November 2023. Peluncuran tersebut dilakukan di Jakarta, melalui perhelatan bertajuk 'OCBC Experience: Supporting Indonesia to the Global Stage', yang dihadiri oleh thought leaders dan para pakar, yang akan membagikan wawasan dan pengetahuan relevan dengan industri saat ini. Perubahan nama merek dan logo ini tidak memengaruhi nama legal Bank yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk. Sebelumnya, perubahan serupa telah diumumkan di Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Macau pada 3 Juli 2023 lalu.

Dengan menggunakan nama merek dan logo yang sama di seluruh negara, OCBC Indonesia akan memberikan layanan keuangan yang lebih komprehensif bagi nasabah. Hal tersebut diimplementasikan dengan memaksimalkan sinergi antar negara melalui kapabilitas OCBC Group yang dipadukan dengan kekuatan, pengetahuan, dan nilai budaya lokal.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC Indonesia, mengatakan, “Perubahan nama merek dan logo ini adalah bagian dari proses transformasi, yang mendorong kami untuk terus naik level dan tumbuh secara berkelanjutan. Sebagai bagian dari OCBC Group, kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta turut membantu masyarakat untuk mencapai aspirasi keuangan mereka di ASEAN, Greater China, dan sekitarnya.”

Pada kesempatan yang sama, Helen Wong, Group Chief Executive Officer of OCBC, mengatakan, “Hari ini Indonesia mengikuti langkah Singapura, Malaysia, Hong Kong dan Macau yang merupakan pasar utama kami, serta negara-negara ekonomi maju lainnya seperti London, New York, dan Sydney meluncurkan ‘OCBC’ sebagai nama merek dan logo terbaru. Pada Desember nanti, China (Tiongkok) akan menjadi negara terakhir yang melakukan perubahan merek dan logo tersebut.”

"Di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dan kondisi ekonomi yang kian menantang, sektor perdagangan dan investasi di seluruh ASEAN dan Greater China masih memiliki peluang yang besar dan bahkan terus meningkat. Kami optimis dengan pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia, oleh karena itu, kami akan terus berinvestasi di negara ini, demi mendukung kebutuhan dan membantu mewujudkan aspirasi nasabah, untuk terus bersama, melaju jauh.”

Lebih lanjut, perubahan ini juga lebih meningkatkan akses untuk memanfaatkan berbagai kekuatan dan sumber daya dari OCBC Group, yang merupakan salah satu grup perbankan terbesar di Asia Tenggara. Dengan begitu, OCBC dapat menawarkan berbagai pilihan produk dan layanan perbankan maupun nonperbankan yang lebih luas kepada nasabah, dengan akses ke pasar regional dan global.

Perubahan Merek dan Logo OCBC NISP Menjadi OCBC

Logo OCBC Indonesia terakhir kali diperbaharui pada 2008, sejalan dengan OCBC Bank sudah menjadi pemegang saham mayoritas. Sejalan dengan logo baru yang diperbaharui, Bank juga meluncurkan tagline baru: For now, and beyond (Terus Bersama, Melaju Jauh). Tagline baru tersebut mencerminkan DNA OCBC yang selalu memiliki pandangan jangka panjang dalam semua transaksi dan investasi, serta komitmen Bank yang tidak hanya pada saat ini tetapi juga pada masa depan, untuk memberikan dampak yang berkelanjutan bagi dunia yang lebih baik.

Penawaran Spesial Bagi Nasabah
Penguatan sinergi dan konektivitas dengan OCBC Group ini juga memberikan manfaat lebih banyak bagi nasabah individu maupun bisnis. Adapun berbagai fitur dan benefit yang dapat dirasakan para nasabah di antaranya:

  • Nasabah Individu

    • Berbagai penawaran eksklusif di dalam dan luar negeri untuk transaksi berbagai merchant terkemuka.
    • Bebas melakukan tarik tunai tanpa biaya di semua jaringan ATM OCBC Group di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Hongkong.
    • Bagi nasabah pemegang Kartu Global Debit, nasabah bisa melakukan tarik tunai dan pembayaran bebas konversi di ATM luar negeri untuk 11 mata uang asing.
    • Berbagai program cashback, layanan eksklusif penjemputan di Bandara Singapura dan juga akses ke OCBC Premier Center di Singapura dan Malaysia, untuk nasabah Premier Banking dan Private Bank.
    • Berbagai kemudahan akses layanan Premier Banking di Singapura, dan juga kemudahan perencanaan pewarisan kekayaan untuk nasabah Private Bank.
  • Nasabah Bisnis

    • Regional desk: Layanan perbankan bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya di jaringan OCBC Group.
    • Berbagai kemudahan akses produk dan layanan bisnis, penerbitan bank garansi dan Letter of Credit di negara jaringan OCBC Group.
    • Peluang kolaborasi antar pelaku bisnis lintas negara dalam OCBC One Connect Series.
    • Peluang berpartisipasi di ajang penghargaan bertaraf internasional dari OCBC Group bagi UMKM Indonesia

Rincian tentang perubahan merek dan logo Bank dapat ditemukan pada Fact sheet dan di situs web, www.ocbc.id.

Sekilas Tentang OCBC Indonesia
OCBC Indonesia didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal 30 September 2023, OCBC Indonesia melayani nasabah melalui 199 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 494 ATM OCBC Indonesia, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC Indonesia pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC Indonesia merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Sekilas Tentang OCBC
OCBC adalah bank tertua yang didirikan di Singapura, didirikan pada tahun 1932 dari penggabungan tiga bank lokal, yang tertua didirikan pada tahun 1912. Bank ini masuk dalam daftar bank terbaik di dunia, mendapatkan Aa1 oleh Moody's serta AA- oleh Fitch dan S&P. OCBC diakui atas kekuatan dan stabilitas keuangannya dan secara konsisten menduduki peringkat antara 50 Bank Teraman di Dunia oleh Global Finance dan telah dinobatkan sebagai Best Managed Bank di Singapura oleh The Asian Banker.

Saat ini, OCBC adalah grup layanan keuangan terbesar kedua di Asia Tenggara berdasarkan aset. Grup ini menawarkan berbagai layanan perbankan komersial, specialist financial, dan wealth management, mulai dari consumer, corporate, investment, private and transaction banking hingga treasury, insurance, asset management dan stockbroking services. Layanan private banking OCBC disediakan oleh Bank of Singapore, anak perusahaan OCBC, yang beroperasi pada platform produk open-architecture untuk mencari produk terbaik yang sesuai dengan tujuan kliennya. Anak perusahaan asuransi OCBC, Great Eastern Holdings, adalah grup asuransi jiwa tertua dan paling terkenal di Singapura dan Malaysia. Anak perusahaan pengelolaan aset OCBC, Lion Global Investors, adalah salah satu perusahaan pengelola aset swasta terbesar di Asia Tenggara. Pasar utama Grup ini adalah Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Greater China. OCBC Grup memiliki lebih dari 410 cabang dan kantor perwakilan di 19 negara dan wilayah.

Brand & Communication Division, Bank OCBC NISP

Brand & Communication Division
OCBC NISP Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: 021-57944000
brand.communication@ocbc.id
Website : www.ocbcnisp.com

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbc.id,
Mobile: 62-8119860068
Chandra Novita
Publicist
chandra.novita@ocbc.id
Mobile: 62-8111071069
Nadya Maharani
Publicist
nadya.maharani@ocbc.id,
Mobile: 62-8118725945
Novi Henriatika
Publicist
novi.henriatika@ocbc.id
Mobile: 62-8119812329

News for your Inspiration

Read More
OCBC Space Raih Sertifikasi Green Building EDGE Advanced

Pencapaian - 29 Feb 2024

Setara dengan Menanam 24.000 Pohon, OCBC Space Raih Sertifikasi Green Building EDGE Advanced dari IFC dan GBC Indonesia atas Kontribusi Mengurangi Emisi Karbon

Read More
OCBC NISP Tower

Pencapaian - 31 Jul 2023

Bank OCBC NISP Bukukan Kinerja Keuangan Semester I Tahun 2023 dengan Laba Bersih Tumbuh 25% YoY

See All