Waspada Phishing Link Pembatalan Transaksi: Tingkatkan Kewaspadaan, Lindungi Akses Perbankan

14 Nov 2025 Written by:Redaksi OCBC

Aktivitas digital yang semakin meningkat di dunia usaha turut mendorong munculnya berbagai modus kejahatan siber yang menargetkan nasabah. Salah satu pola yang kembali marak adalah dengan kedok pembatalan transaksi dengan nada mendesak atau penting, di mana pelaku menyamar sebagai pihak bank untuk memperoleh akses terhadap informasi perbankan Perusahaan Anda.

Guna memitigasi risiko, penting bagi setiap pelaku bisnis untuk memahami alur penipuan yang digunakan dan memastikan setiap informasi yang diterima telah diverifikasi melalui kanal resmi.

Modus Phishing yang umum terjadi

Modus phishing pembatalan transaksi umumnya berlangsung melalui tahapan berikut:

1. Kontak Melalui Email 

Pelaku menghubungi korban dan mengatasnamakan pihak Bank melalui email dengan bernada mendesak. Mereka menawarkan bantuan untuk membatalkan transaksi palsu dan mendorong korban mengikuti instruksi tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

2. Penyebaran Link Palsu untuk Mengambil Data

Pelaku kemudian mengirimkan tautan palsu yang dirancang menyerupai halaman resmi Bank / Kanal Digital Bank. Korban diarahkan untuk memasukkan informasi sensitif, seperti:

  • Informasi login ke OCBC Business seperti ID Organisasi, ID Pengguna, dan Kata Sandi, atau informasi perbankan lainnya.
  • Instruksi untuk mengklik tautan palsu yang akan mengambil seluruh dana perusahaan atau mencuri informasi perbankan perusahaan dengan dalih “pengamanan dana”.

Seluruh data tersebut kemudian disalahgunakan untuk melakukan transaksi tidak sah.

Untuk memastikan keamanan akun dan transaksi perusahaan, pastikan untuk selalu mematuhi prinsip #MustSayNo berikut:

  1. Jangan membuka atau mengklik tautan dari pihak yang tidak resmi. Selalu ketahui kanal resmi perbankan yang Anda miliki.

    Pastikan penulisan tautan yang Anda pilih itu benar!

  2. Jangan pernah membagikan informasi perusahaan maupun kredensial perbankan kepada pihak mana pun, termasuk yang mengaku dari pihak Bank.
  3. Waspadai seluruh bentuk upaya penipuan. Segera blokir nomor telepon atau email yang mengirimkan tautan mencurigakan.

Kejahatan siber kini semakin canggih dan sering kali memanfaatkan kelengahan pengguna. Oleh karena itu, setiap informasi terkait transaksi dan keamanan akun harus diverifikasi melalui kanal resmi OCBC sebelum mengambil tindakan apa pun.

Pastikan seluruh informasi berasal dari akun & nomor resmi OCBC yang terdaftar:

  • Website ocbc.id atau web.ocbc.id
  • TANYA OCBC 1500-999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri)
  • WhatsApp: TANYA OCBC (+62-812-1500999)OCBC Indonesia (+62-811-2250-0999 & +62-811-5850-0999) dan OCBC Info (+62-811-1060-6222)
  • Emailclientservices@ocbc.idtanya@ocbc.id atau email resmi OCBC lainnya dengan domain/akhiran @ocbc.id
  • Media Sosial:
  • Instagram: @ocbc_indonesia
  • Facebook: OCBC Indonesia
  • X: @OCBC_Indonesia & @tanya_OCBC
  • Youtube: OCBC_Indonesia
  • Tiktok: ocbc_indonesia 

Apabila Anda menemukan aktivitas yang mencurigakan atau membutuhkan klarifikasi lebih lanjut, mohon segera menghubungi Relationship Manager Anda atau kanal layanan resmi OCBC. 


Cerita untuk inspirasi

Read

Education - 10 Oct 2025

Antisipasi Aplikasi Palsu & Link Phishing yang Beredar dengan Berbagai Modus Aksi

Read

Education - 10 Sep 2025

Modus Phishing & APK Palsu Mengincar Data Penting Perusahaan

View All

Related Product

Pengumuman

Pengumuman

Informasi dan berita terkini tentang kegiatan korporasi OCBC NISP

Download OCBC mobile